Skip to main content

Cara Agar ASI Melimpah Setelah Melahirkan Secara Alami

Cara Agar ASI Melimpah Setelah Melahirkan Secara Alami

ASI tidak hanya makanan pokok bagi bayi, namun juga merupakan sember nutrisi bagi si bayi karena ASI mengandung komposisi zat - zat gizi yang lengkap dan seimbang, yang tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi agar tumbuh sehat.

Selain merupakan sumber nutrisi, memberikan ASI juga dapat menambah naluri keibuan, sehingga kepekaan ibu yang menyusui lebih tinggi dari pada yang tidak menyusui.

Karena beberapa alasan tersebut, mengapa seorang ibu sangat ingin memiliki ASI yang melimpah setelah melahirkan. akan tetapi tidak sedikit dari ibu pasca melahirkan yang bermasalah terhadap produksi ASI nya, sehingga membuat mereka kebingungan hingga stres.

Nah, tujuan kami menulis artikel ini adalah untuk membantu para ibu yang bermasalah terhadap produksi ASI. Ada banyak cara yang dapat ibu lakukan agar ASI keluar banyak dari sebelum melahirkan sampai sesudah melahirkan.

Cara cara ini merupakan cara alami yang tidak memiliki efek samping jadi aman buat buah hati anda. dan berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Cara Agar ASI Melimpah Setelah Melahirkan


1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi


Tentunya banyak yang bertanya makanan apa saja supaya air susu ibu banyak ?jawabannya adalah mengkonsumsi makanan bergizi, ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan ASI yang banyak. untuk mendapatkan hasil yang maksimal cara ini harus dilakukan dalam keadaan hamil.

Megkonsumsi bayam, kacang panjang, buncis, katuk tidak hanya berfungsi memperbanyak produksi ASI saja, namun juga dapat menyehatkan janin yang masih dalam kandungan.


2. Mengompres Payudara Dengan Air Hangat


Cara selanjutnya adalah mengompres payudara dengan menggunakan handuk yang dicelupkan pada air hangat. jika pasca melahirkan ASI hanya keluar dengan jumlah sedikit, sebaiknya lakukan metode ini.

Mengompres payudara dengan air hangat terbukti dapat merangsang keluarnya air susu dengan lebih banyak. Tidak hanya itu jika anda sudah memiliki ASI yang melimpah pastinya pernah mengalami ASI tersumbat sehingga keluarnya sedikit. Mengkompres dengan air hangat bisa memperlancar ASI yang tersumbat tersebut.

3. Mengkonsumsi Minuman Hangat


Selain mengompres dengan air hangat, ibu yang bermasalah terhadap produksi ASI, juga dianjurkan untuk meminum air hangat. Utamanya mengkonsumsi air hagat saat pagi dan setelah menyusui merupakan cara yang paling efektif untuk memperlancar keluarnya ASI.

4. Hindari Penggunaan Bra Yang Ketat


Tidak menggunakan bra yang terlalu ketat harus dilakukan sejak masa kehamilan. karena hal tersebut merupakan salah satu faktor mengapa saat ibu melahirkan ASI tidak terproduksi dengan baik.

Penggunaan bra yang ketat akan mengakibatkan tubuh tidak memiliki ruang untuk memproduksi ASI dengan baik. sehingga ASI tidak terproduksi dengan sempurna.

5. Melakukan Olah Raga Ringan Pada Waktu Hamil


Olah raga yang dilakukan saat hamil tidak hanya menyehatkan tubuh dan memperlancar kelahiran saja, namun juga merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keluarnya ASI yang melimpah pasca melahirkan. dan tetuntunya olah raga tersebut harus disesuaikan dengan kondisi agar tidak membahayakan si ibu dan calon bayi.

6. Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama jika ASI merupakan cairan, jadi memenuhi cairan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan bagi ibu hamil sampai pasca melahirkan.

Seorang ibu yang menyusui akan membutuhkan cairan yang lebih banyak dibanding orang yang tidak menyusui. oleh sebab itu, cukupi cairan dalam tubuh agar ASI terproduksi dengan baik.

Ini juga merupakan cara memperbanyak ASI yang sudah sedikit. Karena biasanya orang yang sudah lama menyusui lama kelamaan produksinya akan menurun bahkan kering. Dengan rajin mengkonsumsi air maka stabilitas produksi tetap terjaga hingga 2 tahun lamanya.

7. Hindari Stres


Stres hanya akan menghambat produksi ASI. oleh sebab itu, hindari stres dan lakukan sesuatu yang membuat anda tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang anda alami. misalkan dengan cara bercanda dengan si buah hati atau belanja untuk keperluan si bayi.

8. Terus Menyusui


Menyusui si buah hati disarankan 8 - 12 kali dalam setiap harinya. hal tersebut bertujuan untuk memperlancar produksi ASI. karena produksi ASI akan sangat tergantung pada kebutuhan si bayi.

Nah, bagaimana jika seorang ibu yang menyusui mempunyai aktivitas di luar rumah (bekerja)?

Hal tersebut sering menjadi dilema buat ibu yang sedang menyusui, di satu sisi pekerjaan merupakan mata pencaharian yang menjadi sumber kehidupannya sedangkan di sisi lain kesehatan dan pertumbuhan anak harus menjadi prioritas utama.

Namun anda tidak perlu hawatir, karena kami akan memberikan solusi yang sangat tepat bagaiman ibu yang bekerja tetap memproduksi ASI dengan baik dan mencukupi asupan ASI bagi si kecil.

berikut beberapa tips untuk anda.

1. Memompa ASI


Karena si ibu tidak selalu berada disamping bayi dalam setiap waktu, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memompa ASI. Dengan memompa ASI anda dapat memberikan pasokan ASI yag cukup untuk si bayi. dan untuk menjaga nutrisi yang terkandung dalam ASI simpanlah ASI ke dalam freezer.

2. Menstabilkan Emosi


Resiko ibu yang bekerja biasanya selalu sibuk memikirkan pekerjaannya bahkan stres. oleh sebab itu, seorang ibu yang menyusui sekaligus bekerja harus selalu menstabilkan emosinya. karena rasa stres hanya akan menghambat lancarnya produksi ASI.

3. Memijat


Untuk menjaga kesehatan payudara dan kelancaran ASI, seorang ibu yang menyusui disarankan untuk memijat mijat bagian area yang memproduksi ASI. Selain dapat memperlancar produksi ASI cara tersebut juga dapat menghindarkan diri anda dari resiko tumor dan kanker

Selain melakukan beberapa cara untuk melancarkan produksi ASI, seorang ibu yang menyusui harus juga mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI dari masa kehamilan sampai menyusui.

Berikut beberapa daftar makanan yang dapat memeprlancar ASI adalah pohon pepaya, bayam, wartel, daun katuk, wijen hitam, kemangi, labu, sayur merah dan kacang almond. Beberapa makanan ini bisa membuat ASI bunda banyak mengandung nutrisi. Rajinlah mengkomsumsi makanan makanan tersebut agar ASI bunda banyak dan kental karena makanan tersebut banyak mengandung nutrisi.

Untuk medukung kelancaran produksi ASI selain melakukan beberapa cara diatas dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi anda juga harus mejauhi rokok dan alkohol dan menjaga pola hidup yang baik gunakan suplemen penambah ASI yang alami saja karena selain baik buat anda juga baik buat perekembangan bayi.

Perbanyaklah istirahat ketika bayi anda sedang istirahat, biasanya bayi yang baru beberapa bulan sering bangun tengah malam tentunya anda juga ikut bangun bersamanya dan waktu istirahat anda berkurang dan hal ini bisa menggangu produksi ASI anda. Demikianlah beberapa tips dari kami dan semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar