Rabu, 23 Januari 2019

Cara Mengatasi Laptop Asus Langsung Masuk Bios Terus

Cara Mengatasi Laptop Asus Langsung Masuk Bios Terus

Dalam 1 minggu ini saya memperbaiki 2 laptop  merk Asus dengan dua tipe yang berbeda yaitu tipe X441S dan satunya X205TA tapi kasusnya sama, yaitu saat dihidupkan pertama kali bukan langsung masuk ke Windows tapi langsung masuk ke Bios terus menerus.

Awalanya saya menyangka yang rusak adalah hardisk, karena biasanya laptop yang terkena masalah hardisk tidak akan booting ke windows tapi langsung masuk ke bios. Tapi jika hardisknya rusak biasanya loading menuju biosnya agak lama kecuali kondisi hardisk memang sudah mati.

Tapi keruasakan hardisk bisa saja terjadi jika indikator masalahnya seperti ini. Masalah ini tidak hanya terjadi pada laptop merk Asus saja tapi juga bisa terjadi pada laptop Toshiba, Acer dan beberapa merek lainnya. Ada beberapa cara untuk melakukan pengecekan apakah ini masalah hardisk atau bukan. Bisa melakukan secara intenal menggunakan bios dan external menggunakan laptop atau PC.

Pertama masuk ke Bios dengan menekan F2 lalu cek bagian Main atau di bagian Boot, biasanya ada nama merk hardisk yang digunakan. Jika belum yakin bisa anda buka hardisknya dan cek menggunakan USB kabel hardisk External. Jika ternyata terdeteksi berarti hardisk anda masih normal dan kita bisa melanjutkan pengecekan selanjutnya.

Cara Mengatasi Laptop Asus Yang Masuk Bios Terus.


Dari 2 laptop Asus yang saya perbaiki ternyata solusinya berbeda beda, ini bisa juga menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah yang sama.

1. Masalah pertama selesai setelah saya melakukan setting biosnya. Caranya dengan masuk pada Bios kemudian pilih Lounch PXE opROM Policy kemudian rubah dari Disable menjadi Enable.



Selanjutnya cek bagian menu Security cara Secure Boot paling bawah pada bagian Secure Bootnya pilih Disable. Setelah setting selesai cara keluarnya dari biosnya adalah dengan menekan tombol F10 dan pilih Yes untuk menyimpan settingan yang barun anda rubah.



2. Masalah laptop yang kedua ini sebenarnya juga bisa selesai dengan masalah pertama hanya saja laptop yang kedua ini ada masalah dengan keybordnya F2-nya tertekan. Setelah saya mencoba cek dengan menekan ESC saat pertama kali menghidupkan teenyata laptopnya normal normal saja dan bisa masuk ke Windows.

Baca Juga : Cara Blokir Nomer Yang Tidak Dikenal di Whatsapp Dan Melindungi Akun Whatsapp Dari Sembarang Orang

Jadi point inti dari permasalahan diatas adalah ada beberapa pengecekan yang harus dilakukan yang berkaitan dengan masalah laptop atau komputer yang langsung masuk BIOS. Pertama cek hardisk, kedua cek setting bios dan yang terahir adalah keybord.

Jika ada kecurigaan keyboard yang bermasalah bisa anda non aktifkan keybordnya terlebih dahulu dan gunakan keybord external, bisa gunakan keybord komputer PC yang USB. Caranya menon aktifkan keybord pada laptop adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke kontrol panel
2. Pilih Device Manger
3. Pilih pada bagian keyboard
4. Pilih Properties
5. Saat menu tampilan propertise tampil pilih menu Driver



6. Pilih update Driver
7. Pilih Browser My Computer For Driver Software



8. Lalu pilih Let Me Pick From A List Of Device Driver On My Computer



9. Hilangkan centang pada show compatible hardware
10. Pada bagian menu Facturer pilih merk laptop yang tidak sesuai dengan merk anda, jika laptop anda merk Asus pilih aja Toshiba, Acer dll lalu Next



11. Kemudian akan muncul warning driver update dan pilih Yes



12. Jika sukses maka keyboard anda sudah tidak aktif lagi.


Untuk permasalahan keybord yang rusak, banyak tombol yang mati saya pribadi menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru karena jika diperbaiki biasanya akan kembali rusak dan ini berdasarkan pengalaman. Harganya keyboard bervariatif tergantung merk laptopnya. Jika anda kawatir  memasangnya sendiri anda bisa membawa ke tukang service dengan membawa keybord yang anda beli jadi harga servicenya bisa lebih murah.


Cara Agar Masalah Ini Tidak Terulang


Jika anda pernah mengalami masalah ini tentunya tidak ingin kembali laptopanda  anda stuck di bios, oleh karenanya kita perlu melakukan langkah langkah prefentif. Hampir semua perangkat elektronik termasuk laptop membutuhkan perawatan agar bisa awet dan tahan lama. Perawatan bukan harus anda sering menyimpanya, justru perangkat elektronik semakin jarang digunakan maka akan semakin cepat rusak karena perangkat pada laptop banyak terdiri dari bahan bahan yang mudah korosi jika sering dalam keadaan dingin dan lembab.

Perawatannya sebanarnya tidak terlalu rumit agar tidak kembali dalam masalah ini, pertama harus selalu menghidupkan laptop anda setiap hari walaupun hanya sebentar. Rajin bersihkan debu yang menempel utamanya pada keybord. Debu debu inilah yang membuat tuts pada keyboard mati. dan yang terahir jangan sering menggunakan laptop dalam kondisi panas yang berlebih. Jika laptop anda cepat panas segeralah untuk mengganti kipas laptop anda, atau anda bisa menggunakan dudukan cooler fan.

Langkah prefentif ini harus sering anda lakukan, karena jika tidak bisa melakukannya maka masalah seperti ini atau masalah masalah yang lainnya bisa muncul. Harga laptop saat ini masih mahal, dari pada harus mengeluarkan untuk membeli yang baru lebih baik untuk gunakan yang lain lebih baik melakukan perawatn sebaik baiknya.

Baca Juga : Cara Stop Download Otomatis Foto, Video dan Audio di Whatsapp

Nah itulah cara saya mengatasi kedua laptop Asus yang bermasalah tersebut dan terbukti keduanya normal kembali. Semoga bermanfaat buat anda yang sedang mencari solusi masalah laptop anda dan terima kasih.

1 comments

Tgl 25 Mei 2019
Mengucapkan beribu ribu terimakasih kepada admin blog ini.
Hari ini ada closing data dikantor saya bekerja.dan tiba2 leptop saya mati sendiri dan selalu masuk ke menu bias, namanya saya gabtek lalu saya coba otak atik sendiri malah semakin parah..
Tapi lalu saya coba serching di google dan ketemu blog ini, serta mengikuti langkah2 yg sudah disarankan, alhamdulliah akhirnya leptop saya bisa digunakan kembali...
Trimakasih sekali...
Ibarat sperti mendapat keajaiban disaat2 yg genting..


EmoticonEmoticon