Minggu, 06 Januari 2019

Cara Screenshoot Di Semua Merek Laptop Dan Versi Windows

Cara Screenshoot Di Semua Merk Laptop Dan Versi Windows

Screenshot memang tidak bisa dilepaskan dari aktifitas kita saat menggunakan laptop,  Banyak aktifas yang membutuhkan untuk mengambil gambar aktifitas yang ada dimonitor terutama bagi anda yang berkecimpung dalam dunia pembuatan tutorial.

Pengertian screenshot sendiri adalah mengambil gambar yang tampak dilayar monitor. Dari pentingnya fungsi ini semua jenis merk laptop telah memberikan fasiltas screenshoot. Pengambilan gambar ini biasanya digunakan sebagai bukti, mendemonstrasikan sebuah cara dan sebagainya.

Nama lain dari screenshot adalah prints sreen maupun screen capture. Sebenarnya banyak sekali cara untuk melakukan pengambilan layar ini baik dengan menggunakan fitur bawaan perangkat, bawaan windows mapun dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara creenshoot disemua merek laptop dan versi windows serta beberapa software screenshoot yang ringan yang memiliki fitur komplit untuk melakukannya.

Cara Screenshot Disemua Merek Laptop Dan Versi Windows


1. Menggunakan Perangkat Bawaan


Semua merek laptop memiliki fasilitas bawaan untuk melakukan pengkapan pada layar. Cara yang digunakan desemua merek hampir sama semuanya. Mungkin hanya beberapa saja yang beda nantinya akan kami jelaskan disini. Beriku beberapa cara umum melakukan capturing terhadap layar di laptop

1. Dengan menggunakan tombol printscreen di keyboard

Caranya :

1. Silahkan anda tekan tombol printscreen dikeybord  pada tampilan yang ingin anda screenshoot maka secara otomatis gambar yang anda screenshoot sudah tercopy.
2. Kemudian anda pastekan gambar yang sudah anda screenshoot tadi di aplikasi bawaan windows seperti paint atau bisa menggunakan aplikasi pengelola gambar seperti photoshop maupun yang lainnya.


3. Lalu anda tinggal melakukan editing dengan memberikan beberapa tambahan seperti penandaan, text dan sebagainya.
Dibeberapa merek latop ada yang menggunakan kombinasi tombol windows  + Print Screen contohnya seperti Laptop Asus, anda bisa menggunakan tombol widows ditekan bersamaan dengan Printscreen maka secara langsung hasilnya akan tersimpan di Picture pada windows explorer.

Untuk Laptop acer juga sama menggunakan kombinasi tombol windows + Print Screen. Hanya saja Acer memiliki aplikasi sendiri untuk melakukan Screen shoot Acer Screenshoot Aplication. Namun aplikasi ini berbayar, entah apakah di laptop Acer sudah menyediakan aplikasi secara gratis atau berbayar kami belum mencobanya. Caranya menggunakan yaitu silahkan jalankan aplikasinya kemudian tekan Cntrl + Q



Sedangkan untuk di laptop lenovo selain menggunakan perpaduan antara logo windows+Print Screen anda juga mengambil Screenshot dengan menggunakan perpaduan Alt+Print Screen. Namun setelah melakukan itu hasil capturing tidak langsung otomatis anda harus mempastekan ke beberapa aplikasi editing gambar.

Untuk merek merek yang lain seperti Dell, Toshiba, Compaq dan sebagainya caranya tidak jauh beda dengan beberapa merek laptop lainnya. Hanya saja mungkin ada beberapa menu tambahan saja.


2. Dengan Snipping Tool

Aplikasi bawaan windows yang sering digunakan lainnya adalah snipping tool. Memang aplikasi ini jarang sekali diketahui para pengguna windows. Rata rata mereka hanya mengenal paint padahal jika tombol keybord Print Screen anda bermasalah salah satunya anda bisa menggunakan tool yang satu ini.

Cara menggunakan aplikasi ini silahkan anda cari terelebih dahulu aplikasi ini bagian Menu Start, anda bisa mempercepat pencarian dengan mengetik di kolom pencarian dengan kata Snipping, kalau sudah muncul logo gunting silahkan anda klik.



Saat anda menjalankannya secara otomatis anda diminta untuk memilih daerah mana yang ingin anda ambil gambarnya. ada 4 menu pilihan yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Windows Snip, dan Full-screen Snip silahkan pilih salah satunya. 

Setelah anda melakukan seleksi maka anda akan dibawa ke software snipping tool dan anda tinggal menyimpannya. Bagaimana caranya mudah bukan ?



Cara cara yang sudah kami paparkan diatas tidak ada perbedaan disemua versi wndows baik itu windos 7, windows 8 maupun windows 10. Namun untuk windows 10 ada beberapa cara untuk melakukan screenshot tanpa harus menggunakan Print Screen yaitu dengan menggunakan kombinasi keybord Windows + Shift + S. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan windows 10 Snip & Sketch


2. Screenshot Dengan Menggunakan Aplikasi


Jika anda merasa tidak puas dengan terbatasnya fitur screenshoot bawaan yang sudah kami paparkan diatas anda bisa menggunakan aplikasi screenshoot untuk laptop. Kami telah membuat daftarnya buat anda. Beberapa aplikasi merupakan aplikasi screnshoot terbaik yang sudah terkenal memiliki fitur yang lengkap dan gratis. 

1. LightShoot 


Aplikasikasi merupakan aplikasi yang ringan dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bisa berjalan di semua versi windows dan mac. Cara menggunakannya cukup mudah anda tinggal tekan tombol Print Screen maka akan muncul layar Lightshoot untuk memilih darah yang akan anda tangkap. Setelah itu anda bisa melakukan editing dengen memberikan tanda, dan tulisan, setelah selesai anda langsung bisa menyimpannya dengan mengklik Save.

2. Greenshot


Merupakan aplikasi Capturing yang sangat ringan dan gratis, secara fitur aplikasi ini sangat langkap dan sebuah situs review aplikasi aplikasi ini mendatapatkan rating nyaris sempurna yaitu 4.7. Ini menunjukkan aplikasi ini tidak bisa dianggap enteng. Anda penasaran dengan berbagai fitur menariknya silahkan langsung mencobanya dan download langsung dari situs resminya.

3. Sharex


Aplikasi screenshoot gratis lainnya yaitu sharex. Aplikasi ini bisa juga menjadi pilihan anda. Secara fitur aplikasi ini tidak kalah dengan 2 aplikasi di atas. Aplikasi juga terekenal dikalangan pengguna komputer. Anda bebas mengambil rekaman gambar dengan berbagai ukuran apapun. Jika anda melihat fitur yang melimpah mungkin anda menyangka jika aplikasi adalah aplikasi berbayar.

Nah itulah berbagai cara yang bisa kami sajikan, sebenarnya masih banyak sekali cara untuk screenshoot yang lainnya hanya saja kami memandang sudah menganggap beberapa cara diatas sudah cukup, bamungkin tidak mungkin menggunakan semuanya. silahkan anda pilih mana yang paling anggap mudah untuk dilakukan semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda semuanya.


EmoticonEmoticon