Senin, 21 Januari 2019

Doa Ketika Ada Petir Dan Kilat Disertai Hujan Angin Yang Menakutkan

Doa Ketika Ada Petir Dan Kilat Disertai Hujan Angin Yang Menakutkan

Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, sering kali kita melihat kilat dan mendengar gemuruh suara petir yang menakutkan. Persaan takut dan ngeri pada kondisi tersebut merupakan hal yang sangat wajar, karena selain suaranya yang menggelegar juga tidak sedikit bahaya yang diakibat olehnya,  Seperti sambaran listrik yang terbentang dan tebuka, kilat akan menyambar alat elektronik yang dibiarkan hidup pada saat adanya petir dan dapat juga menyambar bangunan serta manusia.

Banyak sekali kasus kasus sambaran petir yang terkena kepada manusia yang berujung kematian. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang lemah kita harus memohon perlindungan dengan berdoa kepada yang menguasai alam jagat raya ini termasuk di dalamnya petir, kilat, hujan dan angin. Selain itu agar doa kita sejalan dengan ikhtiar kita maka kita harus menghindari aktifitas diluar ruangan saat terjadi gemuruh suara petir.

Tapi jika mengharuskan anda untuk beraktifitas diluar ruangan atau sedang terjebak ditengah aktifitas anda berusahalah untuk mencari tempat yang aman matikan semua aktiftas yang anda lakukan yang menggandung signal seperti handphone dan sebagainya. Lebih lengkapnya akan kami berikan tips tipsnya di akhir tulisan ini. Jika anda tidak sedang berada diluar tapi membaca doa doa ini sangat dianjurkan sebagi adab mendengar petir ciptaan Allah SWT.

Sejatinya, petir merupakan proses alam karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi  atau dengan awan lainnya. Namun dibalik proses dan rasa ngeri yang diakibatkan oleh suara petir, juga terdapat hikmah yang cukup besar. dan salah satu hikmah yang dapat kita petik adalah suara petir merupakan tanda - tanda dari kekuasaan dan kebesaran Allah. Sebagai manusia yang beriman kita dianjurkan untuk membaca doa ketika terdengar suara petir.

Doa Ketika Ada Petir Dan Kilat Disertai Hujan Angin Yang Menakutkan


Berikut adalah doa ketika melihat kilat
  سُبْحَانَ مَنْ يُرِيْكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَعَمًا
Subhaana mayyuriikumul barqo khoufan wa tho'amaan

Artinya:

"Maha suci Allah yang telah melihatkan pada kita semua pada petir dengan perasaan takut dan berharap."

Doa yang kami tilis diatas adalah doa ketika melihat kilat yang biasanya menjadi pertanda akan munculnya petir. sedangkan doa ketika mendengar petir adalah.

 سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ
Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya:

"Maha suci Allah, yang halilintar itu bertasbih dengan memuji kepadaNya demikian juga para malaikat karena takut kepadaNya".

Baca Juga : Subhanallah, Besarnya Keutamaan Sayyidul Istighfar Bagi Yang Membacanya

Penyebab Terjadinya Petir Yang Perlu Anda Ketahui


Perlu kita ketahui bahwa fenomena alam (petir) yang suaranya  sangat mengerikan juga melalui beberapa proses sebelum menghasilkan suara yang begitu menggelegar. berikut beberapa proses terjadinya petir.

  1. Proses terjadinya muatan pada awan ini karena awan terus bergerak secara teratur dan terus menerus. Selama pergerakan ini awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan yang negatif akan berkumpul pada satu sisi saja dan sisi sebaliknya akan berkumpul sisi positif.
  2. Terjadi pembuangan muatan negatif, hal ini terjadi apabila perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif dari awan ke bumi untuk mencapai keseimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron (muata negatif) adalah udara 
  3. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara yang kita dengar sebagai suara yang menggelegar.

Setelah semuanya berproses dan menghasilkan suara yang sagat keras.  maka disaat itu juga ada banyak bahaya yang ditimbulkan olehnya. dalam hal ini kita dianjurkan untuk lebih berhati - hati. Dan berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh energi panas yang amat dahsyat karena sambaran petir. 

1. Efek panas, 
Efek panas yang disebabkan oleh petir akan menyababkan terjadinya kebakaran.

2. Efek induksi

Selain menyebabkan panas, sambaran petir juga dapat mengakibatkan efek induksi. efek tersebut akan menyebabkan tidak berfungsinya peralatan ataupun akan terjadinya kesalahan data.

3. Efek akustrik

Selanjutnya akan terjadi efek akustrik. efek akustrik akan menimbulkan gangguan pada gelombang radio.

4. Efek pada manusia dan hewan

Terakhir adalah bahaya terhadap manusia dan hewan. dampak ini bisa dibilang efek yang sangat luar biasa bahkan sangat mengerikan. manusi atau hewan yang tersambar dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh bahkan kematian.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Setiap Hari Rasulullah Yang Harus Di Contoh Umatnya

Tips Tips Menghindari Sambaran Petir


Selain berdoa kepada Allah meminta perlindungan tentunya kita juga harus mengetahui cara menghindari terkena sambaran petir agar doa kita sejalan dengan ikhtiar yang kita lakukan. Nah, berikut beberapa tips untuk anda, bagaimana cara menghindari sambaran petir agar tidak membahayakan.

  1. Jika sudah mulai terdengar suara petir segeralah anda mencari tempat perlindungan dengan cara masuk ke dalam gedung atau rumah. tutuplah semua jendela serta pintu. 
  2. Jauhkan diri anda dengan air seperti kolam renang atau membiarkan diri anda diguyur hujan.
  3. Hindari tempat terbuka seperti lapangan, sawah, di dekat pepohonan yang tinggi. karena ketiga tempat tersebut rentan tejadinya sambaran petir. 
  4. Segeralah mematikan alat elektronik yang berda di dekat anda, seperti handphone, laptop, televisi dan komputer.
  5. Memberikan alat penangal petir di sekitar rumah 

Demikianlah sekilas penyajian kami tentang petir, dan semoga dengan kita membaca doa setiap terdengar suara petir dan melakukan beberapa tips untuk menghindarinya, kita termasuk orang yang selamat dan dijauhkan dari sambaran petir.


EmoticonEmoticon