Skip to main content

Mengenal Kanker Nasofaring Kanker Yang Diderita Ustadz Arifin Ilham

Mengenal Kanker Nasofaring Kanker Yang Diderita Ustadz Arifin Ilham

Mungkin banyak yang tertanya Ust Arifin Ilham sakit apa? Akhir - akhir ini memang terdengar santer kalau Ustadz kondang ini terkena penyakit kanker. Namun sahabatnya Ust Yusuf menjelaskan ke publik kalau Ust Arifin Ilham terkena penyakit Kanker Nasofaring .

Lalu apa itu kanker Nasofaring ? Kanker nasofaring adalah jenis penyakit dimana sel - sel ganas terbentuk dijarigan nasofaring ( bagian atas dari hidung ). Orang yang mengalami penyakit ini akan merasa sakit pada tenggorokannya, sering mimisan, sakit kepala, kesulitan bernafas dan berbicara, serta nyeri pada bagian telinga.

Sekilas memang nama kanker ini tidak terlalu femiliar dikalangan masyarakat luas seperti jenis kanker lainnya. namun kanker ini tidak boleh dianggap enteng karena menurut data statistik, di indonesia kanker nasofarig berada di urutan keempat setelah kanker paru - paru dan kanker payudara.

Ada banyak hal yang menjadi pemicu timbulnya jenis kanker ini, diantaranya faktor keturunan, Banyak mengkonsomsi makanan yang di awetkan, sering terkena paparan serbuk kayu dan kimia serta kebiasan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Nah untuk mengenal lebih luas tentang penyebab kanker ini, berikut kami akan menjelaskannya.


Penyebab Kanker Nasofaring


1. Sering terkena paparan serbuk kayu yang mengandung kimia

Jika anda bekerja di pabrik kayu atau sejenisnya, sebaiknya gunakan masker yang tidak bisa ditembus oleh serbuk kayu tersebut. karena kayu yang dilumuri bahan kimia akan menghasilkan serbuk yang cukup berbahaya dan akan mengakibatkan kanker nasofaring.

2. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang diawetkan

mengawetkan makanan sering dilakukan agar makanan tersebut lebih lama untuk dikonsumsi. makanan yang sering diawetkan adalah daging, ikan asin dan jenis makanan lainnya. namun tahukah anda jika makanan yang diawetkan kadar nitrates dan nitrites yang cukup tinggi, dan kedua bahan tersebut akan membentuk senyawa nitrosamines. senyawa tersebut yang akan mengakibatkan kanker nasofaring.

3. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol

ada segudang alasan mengapa seseorang tidak diperbolehkan merokok dan mengkonsumsi alkohol, salah satunya karena menjadi faktor timbulnya kanker nasofaring. jauhi dua hal tersebut jika anda menginginkan kehidupan yang sehat.

4. Keturunan

Selain beberapa penyebab diatas. kanker nasofaring juga dapat disebabkan keturunan. orang yang memiliki riwayat penyakit ini akan beresiko dua kali lebih besar akan timbulnya penyakit jenis kanker ini.

Baca Juga : 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami Paling Ampuh

Gejala Kanker Nasofaring


Ada beberapa gejala yang akan timbul jika seseorang tersebut menderita kanker nasofaring. gejalanya akan berupa:


  • Sakit kepala
  • Mimisan
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Terdapat  benjolan pada tenggorokan
  • Telinga akan terasa berdengung
  • Penglihatan kabur
  • Infeksi telinga
  • Kesulitan membuka mulut
  • wajah terasa nyeri bahkan mati rasa


Pengobatan Kanker Nasofaring


Untuk pengobatan kanker nasofaring akan tergantung dengan kondisi pasien atau stadium kanker yang diderita oleh pasien. berikut beberapa cara pengobatan kanker nasofaring.

  1. Radioterapi, cara dilakukan pada penyakit kanker nasofaring yang terbilang masih ringan atau masih awal. radioterapi dilakukan guna untuk memancarkan sinar berenergi tinggi yang bertujuan untuk menghentikan pertum buhan sel kanker
  2. Kemoterapi, cara ini dilakukan untuk membunuh sel kanker dan dengan mengkonsumsi obat - obat tertentu.
  3. Imunoterapi, cara ini dengan cara pemberian obat sesuai resep khusus dari dokter yang bertujuan untuk memengaruhi sistem imun tubuh yang akan melawan sel kanker.
  4. Pembedahan, pembedahan akan dilakukan jika lokasi kanker berdekatan dengan pembuluh darah dan saraf. Cara ini akan dilakukan jika sel kanker sudah menyebar.

Cara Mencegah Kanker Nasofaring Dengan Yang Alami


Ada beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit kanker nasofaring. berikut beberapa bahan alami yang dapat anda konsumsi untuk mencegah kanker nasofaring

  1. Konsumsi teh hijau
  2. Teh hijau kaya akan kandungan palifenol. sehingga sangat cocok untuk pencegahan terhadap timbulnya penyakit jenis ini.
  3. Mengkonsumsi sayuran orange
  4. Sayuran orange seperti wortel, tomat dan jenis sayuran orange lainnya akan sangat membantu anda untuk mencegah terhadap timbulnya penyakit ini.
  5. Mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih ternyata tidak hanya berfungsi untuk bahan masakan saja, melainkan juga bermanfaat untuk mencegah kanker nasofaring
  6. Mengkonsumsi buah - buahan
  7. Buah - buahan juga tidak kala pentingnya untuk mencegah kanker jenis ini. apel, delima dan jeruk merupakan jenis buah - buahan yang sangat baik untuk mencegah kanker nasofaring.
  8. Minum air putih
  9. Terakhir adalah cukupi cairan dalam tubuh anda. untuk selalu menjaga kesehatan, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya.

Kanker nasofaring memang dapat menyerang siapa saja tanpa melihat status, namun hal tersebut dapat anda cegah dengan mengkonsumsi makanan seperti yang telah kami tulis diatas. dan juga mengurangi makanan yang diawetkan serta menghindari rokok dan alkohol.

dan semoga artikel ini bermanfat dan semoga Ust. Arifin Ilham segera diberi kesembuhan oleh Allah dan kembali memberikan tausiyah yang mencerahkan kepada Umat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar