Jumat, 18 Januari 2019

Syarat Sah Dan Rukun Shalat Yang Harus Diperhatikan Agar Shalatnya Diterima

Syarat Sah Dan Rukun Shalat Yang Harus Diperhatikan Agar Shalatnya Diterima

Sholat merupakan rukun islam yang kedua setelah dua kalimat syahadat. Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi semua ummat islam. dalam melakukan sholat, tidak  boleh dilakukan asal - asalan, namun di dalam sholat sudah ditentukan aturannya yang  biasa kita kenal dengan syarat sah dan rukun shalat. Sebagian orang menganggap hal ini tidak terlalu penting padahal ini bisa menjadi kunci diterimanya shalat anda.

Oleh sebab itu, kita diwajibkan untuk belajar agama utamanya tuntunan yang berkaitan dengan kewajiban kewajiban keseharian kita seperti shalat, puasa dan sebagainya, agar kita tidak termasuk orang yang merugi, dalam artian kita tidak melakukan ibadah dengan sia - sia kerena telah telah mengetahui tata caranya.

Secara pengertian syarat sah sholat adalah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum melakukan ibadah sholat. Sedangkan rukun sholat adalah sesuatu yang harus dilakukan di dalam melakukan ibadah sholat dan harus dilakukan dengan tertib atau berurutan.

Jadi letak perbedaan antara syarat dan rukun shalat adalah kalau rukun adalah hal yang harus dilaksanakan pada shalat sedangkan syarat sah adalah prasyarat yang harus dipenuhi orang yang akan melaksanakan shalat. Jika ada diantara bagian keduanya yang tidak dilaksanakan maka shalat yang dilaksanakan tidak sah.

Baca Juga : Subhanallah, Besarnya Keutamaan Sayyidul Istighfar Bagi Yang Membacanya

Syarat dan rukun sholat merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan bagi siapa saja yang ingin melaksanakan sholat. Nah, berikut dibawah ini kami akan menjelaskan secara detail tentang syarat sah sholat dan rukun dalam sholat. Untuk lebih lengkapnya tetang fiqih shalat bisa anda baca di berbagai kita fiqih contoh Kitab Safinah dan lain sebagainya.

Syarat Sah Sholat


1. Islam, 


Sholat hanya diwajibkan bagi mereka yang beragama islam saja. jika ada orang kafir yang shalat maka shalatnya tidak sah.


2. Berakal dan tamyiz, 


Sholat diwajibkan bagi oarang islam yang sudah dapat membedakan antara yang baik dan yang buruk.

3. Suci, 


Sebelum melaksanakan sholat pastikan dulu badan, tempat serta pakaian yang kita kenakan dalam keadaan suci. selain itu, pastikan juga keadaan kita dalam keadaan suci dari hadats kecil dan besar.


4. Menutup aurat, 


Bagi perempuan diwajibakan untuk menutup seluruh anggota badannya kecuali muka dan telapak tangan, sedangkan aurat bagi laki - laki yaitu antara pusar dan lutut.


5. Masuknya waktu sholat, 


Sholat merupakan pekerjaan yang sudah ditentukan waktunya dan akan sah jika dilakukan sudah masuk waktunya sholat tersebut.


6. Menghadap kiblat, 


Terakhir adalah dengan menghadap kibalat.

Rukun Sholat


1. Niat, 


Niat harus dilafalkan dalam lisan dan memantapkan dalam hati. Melafadzkan niat hukumnya sunnah.

2. Berdiri bagi yang mampu, 


Jika kita masih mampu untuk berdiri maka diwajibkan untuk berdiri, jika tidak mampu maka duduklah, jika tidak mampu duduk tegak maka tidur miring, jika masih tidak mampu maka terlentang dan terakhir memakai isyarat.

Baca Juga : Tentang Shalat Jenazah Dan Shalat Ghaib Lengkap Dengan Tata Cara Dan Bacaannya

3. Takbiratul ihram, 


Dilakukan sambil mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga dan mengucapkan takbir "Allahu Akbar".

4. Membaca surat Al - Fatihah, 


Membaca Al - Fatihah merupakan rukun setiap rokaat dalam sholat.


5. Ruku', 


Gerakan dalam ruku' dilakukan dengan cara membungkukkan badan dan tangan diletakkan pada lutut.


6. I'tidal, 


Berdiri tegak setelah berdiri.

7. Sujud, 


Sujud dilakukan dengan cara meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut serta ujung kaki ke lantai.


8. Duduk diatara dua sujud, 


Sujud dilakukan dua kali dan duduk diatara dua sujud dilakukan setelah sujud yang pertama

9. Duduk tasyahud akhir, 


Duduk tasyahud akhir ini dengan posisi duduk tawarruk.


10.Membaca do'a tasyahhud akhir.


التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ
الصَّالِحِينَ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه

11. Membaca sholawat atas nabi muhammad SAW setelah membaca do'a tashhud akhir, berikut bacaannya


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِي


12. Mengucapkan salam yang pertama sambil menolehkan kepala ke sebelah kanan

13. Tertib ( melakukan semua rukun sholat dengan cara berurutan).

Demikianlah syarat serta rukun dalam sholat yang wajib anda ketahui. Sholat tidak hanya berhenti sebagai pengetahuan saja, namun harus dilakukan dengan sesuai aturan yang telah ditentukan. Setelah anda mengerti dan bisa melekasanakannya dengan benar anda bisa mempelajari cara lainnya agar shalat anda memeproleh pahala lebih seperti tata cara shalat berjamaah, wirid dan yang lainnya. dan semoga artikel tentang sholat yang kami tulis ini dapat bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon