Sabtu, 23 Februari 2019

11 Cara Mudah Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Tradisional

Mengusir tikus dengan cara tradisional memang merupakan cara yang paling efektif dibandingkan dengan menggunakan racun dan pembasmi tikus. Mengusir tikus dengan cara memberikan racun atau menggunakan pembasmi tikus hanya akan menyisakan bangkai tikus yang mati karena efek memakan racun yang kita jadikan sebagai umpan. Bangkai - bangkai tikus akan mengeluarkan aroma yang sangat menyengat yang tentunya akan membuat kita sangat tidak nyaman akan kondisi tersebut.

Tikus merupakan binatang yang banyak memberikan dampak buruk terhadap kehidupan manusia sehingga binatang tersebut harus diusir terutama dari rumah. Tikus biasanya akan tinggal di area rumah yang terdapat banyak makanan seperti dapur dan diatap rumah.

11 Cara Mudah Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Tradisional


Dilansir dari Wikipedia tikus memiliki banyak jenis namun yang sering berkeliaran di rumah yaitu jenis tikus rumah (Rattus Rattus) dan tikus curut atau celurut (Sherew). Kedua jenis tikus ini memiliki reproduksi yang tinggi jadi jika anda tidak cepat mengusirnya dari rumah maka akan beranak pinak dan bertambah banyak dan bisa saja semakin susah mengusirnya.

Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh tikus seperti hantavarius, penyakit pes, salmonellosis dll. beberapa penyakit tersebut dapat ditimbulkan oleh tikus melalui gigitannya, urine, kotoran dan sisa makanan tikus. Salah satunya bukti bahaya dari tikus adalah kejadian yang terjadi pada Sukantono warga Surabaya, dimana Sukanto meninggal dan anggota keluarga lainnya istri dan kedua anaknya terjangkit penyakit virus Leptospirosis yang disebabkan karena oleh urin dan kotoran tikus. Nah dari kejadian ini kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan pengerat ini. Segeralan mencari cara bagaimana mengusir dari rumah anda. ( Dikutip Dari IDN Times )



Cara Mudah Mengusir  Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Alami


1. Cuka


Cuka merupakan cairan yang berwarna putih bening yang biasa kita campurkan pada makanan. namun manfaat cuka tidak hanya untuk menyempurkan cita rasa pada makanan saja, namun cuka juga dapt kita gunakan untuk mengusir tikus.

Caranya : bentuklah bola kapas dan lumuri dengan cuka, kemudian letakkan bola kapas tersebut pada pada sarang tikus. dengan demikian tikus akan menyingkir dengan sendirinya.

2. Kantung Teh


Selain untuk perawatan wajah ternyata bekas kantung teh juga dapat kita gunakan untuk mengusir tikus. penciuman tikus akan sangat terganggu akan kandungan peppermint yang terkandung dalam kantung teh.

Caranya : taruhlah bekas kantung teh yang bagian sudut rumah atau di plafon rumah yang sering dilewati tikus.

3. Lada Bubuk


Lada bubuk merupakan salah satu dari bumbu dapur yang sangat ampuh mengusir tikus bahkan yang sangat membandel. lada hitam mempunyai aroma pedas yang sangat tidak disukai tikus. Cara mengusir tikus dengan menngunakan bahan ini yaitu dengan menaruh sedikit lada bubuk pada tempat persembunyiannya atau tempat yang sering dilewati.

Baca Juga : 

4. Bubuk Kopi


Selain bekas kantong teh, ternyata bubuk kopi juga dapat kita gunakan sebagai alat untuk mengusir tikus. kopi memilki aroma yang sangat tajam, sehingga akan membuat orang yang menghirupnya merasa segar dan ingin menikmatinya. Namun lain halnya dengan tikus, mereka akan sangat terganggu akan aroma kopi dan menghindari area tersebut. caranya cukup gampang yaitu dengan hanya menaburkan bubuk kopi pada tempat yang menjadi sarang tikus.

5. Campuran Saus Cabai dan Deterjen


Cara mengusir tikus selanjutnya adalah menggunakan campuran saus cabai dan deterjen. caranya cukup anda campurkan kedua bahan tersebut pada botol yang berisi air, lalu semprotkan pada tikus. Jika semprotan tersebut tepat pada sasaran maka tikus akan lari terbirit - birit karena merasakan panas. Namun didalam melakukan cara ini anda harus berhati - hati jangan sampai cairan tersebut mengenai mata, karena akan terasa perih bahkan terjadi kebutaan.

6. Daun Sirsak


Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. jika anda memiliki tanaman sirsak disekitar rumah manfaatkan daunnya untuk mengusir tikus dari rumah anda. caranya cukup dengan menyobek  daun sirsak hingga menjadi potongan - potongan kecil, lalu taruhlah potongan - potongan tersebut pada tempat yang selalu dilewati tikus. Daun sirsak mengandung zat perangsang, yang mana zat tersebut akan mengeluarkan bau yang tidak disekai oleh tikus.

7. Daun Mint


Daun mint merupakan jenis daun yang mempunyai aroma yang sangat tajam yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. namun sekalipun aroma daun mint sangat menyegarkan, nyatanya tikus tidak menyukai terhadap aroma daun ini, sehingga ketika menciumnya tikus akan merasakan lemas bahkan pusing.

Caranya : ambil dari daru daun mint, lalu campurkan sari daun min tersebut pada air dan masukkan pada botol, kemudian semprotkan cairan tersebut pada area yang sering dilalui tikus.

8. Irisan Bawang


Bawang juga merupakan bumbu dapur yang tidak disukai tikus karena aromanya yang sangat tajam. jika anda ingin mengusir tikus dengan menggunakan bawang, cukup letakkan irisan bawang tersebut pada sarang tikus atau area yang sering mereka lewati.


9. Kulit telur


Siapa sangka jika kulit telur yang biasa kita buang ternyata masih dapat dimanfaatkan. kulit telur merupakan bahan alami selanjutnya untuk mengusir tikus. Caranya, keringkan kulit telut terlebih dahulu, lalu haluskan dengan cara ditumbuk, setelah kulit telut menjadi bubuk, taburkan pada setiap sudut rumah yang kiranya menjadi sarang tikus.

10. Kulit Durian


Siapa sih yang tidak kenal dengan aroma tajam dari buah yang berduri ini? ya durian, setelah kita menikmati kelezatan dagingnya jangan lantas kulitnya dibuang begitu saja. Kulit durian dapat kita manfaatkan untuk mengusir tikus, karena tikus sangat tidak menyukai aroma tajam dari kulit durian. caranya, taruhlah kulit durian pada setiap sudut rumah, agar tikus segera menjauh dari rumah anda.

11. Kapur Barus


Aroma menyengat kapur barus juga tidak disukai oleh tikus, Biasanya kapur barus dijual dan bentuk bulat sebesar kelereng dan ada yang sebesar bola pimpong. Anda bisa menumbuk kapur barus ini hingga halus kemudian taburlah kapur barus tadi di wilayah yang dilewati oleh tikus.

10 cara tradisional diatas merupakan cara ampuh untuk mengusir tikus, sekalipun tikus yang membandel. untuk mengusir tikus dari rumah tidak perlu menggunakan bahan yang mematikan, cukup hanya dengan menggunakan bahan alami dan membuat tikus - tikus tersebut tidak betah di dan kembali pada tempat yang seharusnya dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon