Minggu, 24 Februari 2019

4 Kunci Penting Strategi Pemasaran Yang Bikin Usaha Anda Sukses

4 Kunci Penting Strategi Pemasaran Yang Bikin Usaha Anda Sukses

Memiliki usaha yang sukses dengan omset yang melimpah merupakan impian semua orang yang memilih jalan berwirausaha, tapi untuk memiliki usaha yang sukses tidak semudah yang dibayangkan, ada harus belajar banyak hal utamanya di pemasaran atau marketing.

Pemasaran merupakan ujung tombak segala bentuk usaha, untuk meriah kesuksesan dalam usaha, anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa mencapai target yang diinginkan. Adapun tujuan startegi pemasaran ini adalah agar produk produk usaha kita bisa dikenali oleh konsumen dan mencapai target yang kita inginkan.

Walaupun anda memiliki produk sebagus apapun tapi tidak memiliki strategi marketing yang jitu maka akan kalah dengan orang lain yang memiliki strategi pemasaran yang baik walaupun kualitas  produknya di bawah anda. Nah berikut ini kami ingin memaparkan  kepada anda tentang kunci utama dalam strategi pemasaran harus anda lakukan agar usaha anda sukses dan mencapai target yang diinginkan.

4 Kunci Penting Strategi Pemasaran Yang Bikin Usaha Anda Sukses


1. Mengenal Jenis Produk Yang Ingin Dipasarkan


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengenali dulu produk anda terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa melakukan promosi dengan lancar kepada orang lain. Anda harus mengenali kelebihan dan kekurangan produk anda terlebih dahulu sebelum memasarkannya. Misalkan anda menjual produk kecantikan, anda harus mengetahui kelebihan produk kecantikan anda, dari mulai bahan yang digunakan hingga bukti dan testimoni penggunaan produk anda.

Mengenali produk anda akan membuat anda terlihat professional dalam memasarkan produk. Orang akan yakin dan akan membeli produk anda jika anda bisa mengatasi keraguan konsumen terhadap produk anda dengan mampu mengatasi dan menjelaskan setiap pertanyaan.

2. Mengenal Segmen Pasar


Ibaratkan anda akan menghadapi pertempuran dengan musuh, anda harus mengenal strategi musuh agar anda bisa menang dalam peperangan. Dalam bisnis juga demikian keadaannya, ditengah persaingan pelaku usaha yang ketat anda harus bisa mengenal benar bagaimana segmen pasar yang anda bidik. Contohnya jika anda berada dikalangan masyarakat pedesaan tentunya masyarakat menginginkan harga yang murah walau dengan produk yang tidak berkualitas. Nah disini anda bisa menjual produk sesuai dengan kepinginan masyarakat dimana produk anda akan dipasarkan.

Baca Juga : 


3. Penetapan Harga


Setelah anda mengenali segmen pasar maka langkah selanjutnya adalah menetapkan harga. Harga merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi permintaan pasar. Rata rata konsumen yang ada di Indonesia lebih memilih harha yang rendah walaupun kualitasnya kurang bagus dibanding dengan kualitas bagus dengan harga yang tinggi. Anda bisa mengatur strategi saat meluncurkan produk anda dengan menjual harga murah jika produk anda sudah laris dipasaran anda bisa menaikkan harga produk anda dengan perlahan.

4. Promosi dan Pengiklanan


Pengiklanan merupakan salah satu langkah pengenalan produk anda ke konsumen secara luas, sebagus apapun produk anda jika anda tidak promosikan produk anda maka produk anda tidak akan dikenal halayak sehingga untuk mencapai goal akan sulit di wujudkan.

Anda harus mengalokasikan dana husus untuk melakukan promosi dan pengiklanan agar produk anda semakin dikenal, sudah pasti jika produk anda sudah dikenal maka produk anda akan laris manis. Ada banyak media yang bisa menjadi jembatan untuk memperkenalkan mempromosikan kepada masyarakat.

Dari media online hingga media offline. Untuk Online anda bisa memanfaatkan slot slot website dan media sosial. Sedangkan untuk offline anda bisa membuat pamflet, spanduk, stiker dan memasangkan di tempat tempat strategis yang bisa dilihat banyak orang. Atau jika anda memiliki dana besar anda bisa beriklan di televisi.

Itulah 4 kunci penting strategi pemasaran yang harus anda pahami agar usaha anda cepat maju dan sukses. Meraih sukses dalam berwirausaha tidak semudah yang dibayangkan jika anda tidak melakukan perhitungan dan strateginyang matang maka bisa saja usaha anda tidak berkembang dan bahkan bisa saja bangkrut dan gulung tikar. Perlu konsistensi tinggi dalam menjalankannya agar usaha yang kita bangun meraih kesuksesan.


EmoticonEmoticon