Skip to main content

5 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Waspadai

Kerokan adalah salah satu pengobatan tradisional yang tujuannya untuk menghilangkan masuk angin. Istilah "kerokan" tidak hanya populer di indonesia saja, namun juga populer di negara - negara asia lainnya seperti vietnam, kamboja dan china.

Pengobatan kerokan dilakukan dengan menggunakan beberapa benda tumpul seperti, koin, potongan jahe, potongan bawang, gundu dan batu giok. Selain menggunakan beberapa benda tersebut pengobatan kerokan juga menggunakan minyak kelapa, minyak telon dan lotion, penggunaan bahan - bahan cair tersebut bertujuan untuk melicinkan bagian anggota tubuh yang akan dikerok. bagian tubuh yang sudah dikerok akan menyisakan bekas merah.

5 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Percaya atau tidak kerokan memang sudah terbukti dimana orang yang telah melakukan pengobatan tradisional ini memang tubuhnya akan terasa segar kembali. Namun siapa sangka pengobatan yang bahkan tidak membutuhkan biaya ini juga memiliki bahaya yang sangat serius bagi kesehatan.

bahaya kerokan bagi kesehatan memang bukanlah perkara yang asing lagi. Namun sayangnya tidak sedikit dari mereka yang menghiraukannya. Meski kerokan sudah menjadi pengobatan turun temurun, nyatanya pengobatan tradisional ini memberikan efek samping bagi kesehatan, terlebih bagi orang haid dan ibu hamil.

Selain itu, kerokan yang dilakukan dengan tengkurap juga mendatangkan bahaya yang tidak boleh diabaikan. Dan berikut di bawah ini adalah bahaya yang diakibatkan oleh kerokan yang wajib anda ketahui.

5 Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan Bagi Tubuh


1. Stroke


Kerokan yang sering dilakukan disekitar leher akan mengakibatkan stroke. Melakukan kerokan pada area leher dikhawatirkan pembuluh darah kecil dan halus akan semakin melebar dan akhirnya pecah. jadi, hindari kerokan pada leher terlebih bagi mereka yang sudah lanjut usia. jika terjadi kerusakan pada saraf leher, maka akan terjadi stroke.


2. Sakit Dada


Bahaya kerokan tidak hanya bahaya jika dilakukan dibagian leher saja, namun juga memberikan efek negatif jika dilakukan dibagian dada. Mengerok di bagian dada akan mengakibatkan rasa sakit pada area tersebut, kondisi ini disebabkan karena tekanan koin yang terlalu keras pada saat mengerik. Selain bagian dada, pengerokan juga tidak boleh dilukukan pada bagian perut, kaena hal tersebut juga dapat membahayakan bagi kesehatan.

3. Melebarnya Pori - Pori


Technik pengobatan kerokan yang menggunakan benda tumpul yang digesekkan secara perlahan terhadap permukaan kulit dapat mengakibatkan melebarnya pori - pori. Jika pori - pori terus terbuka lebar akibat pengobatan ini, maka dikhawatirkan virus dan bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh melalui jaringan kulit.

Baca Juga : 


4. Menyebabkan Kelahiran Prematur


Bagi anda yang sedang hamil, dilarang untuk melakukan kerokan. Hal tersebut disebabkan karena kerokan dapat memicu lahirnya bayi prematur. Melakukan pengobatan kerokan saat hamil dapat memunculkan zat  cytokines, zat tersebut dapat melepas prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi dini. Adanya zat  cytokines disebabkan karena ada efek dari inflamasi setelah melakukan kerokan.

5. Ketagihan


Seseorang yang pernah melakukan kerokan, dan ternyata kerokan tersebut dapat menyegarkan kondisi tubuh, pastinya orang tersebut akan mengulanginya pada saat kondisi tubuhnya sedang tidak fit. Jika hal tersebut sering terjadi maka akan menyebabkan ketagihan. Pada hal ada banyak bahaya yang disebabkan karena pengobatan kerokan.

Itulah beberapa fakta tentang bahaya pengobatan kerokan. Dengan mengetahui hal tersebut tentu kita akan lebih berhati - hati untuk memilih technik pengobatan. Semoga artikel ini bermanfaat !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar