Skip to main content

5 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah

Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan pekerjaan rumah bagi setiap guru, mengingat lesuhnya minat belajar siswa saat ini. Hadirnya gadget membuat siswa lupa akan tugasnya sebagai pelajar, di rumah mereka lebih banyak memegang handphone daripada buku pelajaran mereka.

Kondisi ini tidak hanya terjadi di rumah saja tapi disekolahpun kondisinya sama, hanya beberapa anak saja yang semangat belajar sedangkan kebanyakan diantara mereka hanya menjadikan sekolah sebagai rutinitas harian mereka saja. Namun kita sebagai guru tidak bisa menyalahkan mereka 100% atas kondisi ini, guru juga memegang peranan penting untuk membangkitkan minat belajar siswa.


Guru bertugas bukan hanya mentrasnfer ilmu saja tapi juga bertugas mendorong dan membimbing siswa agar giat belajar. Bahkan menurut para para ahli pendidikan memotivasi mereka untuk giat belajar lebih penting dari pembelajaran itu sendiri. Mengapa demikian ?

Siswa yang tidak memiliki semangat belajar diibaratkan seperti mobil mogok, sedangkan guru diibaratkan orang yang mendorong mobil tersebut walaupun mobil tersebut mampu berjalan karena dorongan tapi jalannya mobil tersebut hanya pelan pelan saja. Berbeda dengan siswa yang memiliki motivasi belajar, mereka diibaratkan mobil yang hidup walaupun tanpa dorongan mereka akan melaju dengan kencang,  Semangat belajar mereka menjadi kunci keberhasilan dalam pendidikan mereka dimasa yang akan datang.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah


1. Antusiasme Dalam Mengajar


Jika menginginkan siswa siswa anda semangat dalam belajar maka pertama yang harus semangat adalah guru itu sendiri. Jika antusiasme  guru tinggi dalam mengajar maka siswapun juga akan antusiasme menerima materi dari anda. Untuk menumbuhkan antusiame anda sebagai guru, maka anda harus mempersiapkan materi yang akan anda ajarkan dengan sebaik baiknya, dari mulai salam hingga salam kembali semua sudah terkonsep dengan matang. Ketika masuk kelas dengan persiapan yang matang maka akan tumbuh kepercayaan diri anda saat berhadapan dengan siswa, dengan tumbuhnya percaya diri anda maka semangat dan antusiasme juga akan tumbuh.

Baca Juga :

2. Buatlah Suasana Belajar Yang Nyaman


Kelas merupakan tempat proses terjadinya transfer ilmu antara guru dengan siswa, sebagian besar proses belajar mengajar terjadi disini. Oleh karenanya penting sekali membuat ruang kelas yang nyaman bagi siswa. Suasana pembelajaran yang kondusif dan nyaman merupakan harapan hampir semua komponen yang ada disekolah dari mulai guru dan siswa.

Tata ruang yang baik, cukup pencahayaan dan memiliki sirkulasi udara yang cukup menjadi syarat mutlak dalam menciptakan suasanya yang nyaman dalam belajar. Suasana pembelajaran yang nyaman juga menjadi pendorong tumbuhnya motivasi belajar yang baik. Bisa anda bandingkan bagaimana suasana belajar siswa di ruang kelas yang baik dengan yang berantakan. Tentunya akan lebih semangat dengan ruang kelas yang baik.

3. Gunakan Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan


Di sekolah bisa kita jumpai berbagai macam model guru, salah satunya ada yang menyampaikan materi dengan cara yang menoton. Bisa dipastikan cara pembelajran model seperti ini akan membuat siswa ngantuk bahkan ramai dan tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Berbeda dengan guru yang menyampaikan materi dengan metode yang menyenangkan. Maka guru yang seperti inilah yang dinanti nanti oleh siswa, antusiasme dan motivasi belajar mereka bisa tumbuh dengan metode pembejaran yang menyenangkan. Jika mereka menerima pembelajaran dengan hati yang senang maka transfer ilmu akan lebih mudah.

4. Tumbuhkan Persaingan Di Kelas


Untuk menumbuhkan semangat belajar siswa anda sebagai guru harus mampu menumbuhkan persaingan diantara siswa siswa anda. Tentunya persaingan ini adalah persaingan dalam prestasi. Ada banyak cara untuk menumbuhkan persaingan ini. Salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada mereka yang memiliki prestasi dengan begitu siswa lapinnya juga akan berusaha mendapatkannya sehingga siswa akan belajar dengan giat untuk bersaing dengan siswa yang lainnya.

5. Hargai Prestasi Prestasi Mereka


Sekecil apapun prestasi yang mereka raih anda harus memberikan penghargaan terhadapnya contoh misal mereka mampu membuat karya ilmiah maka anda harus memberikan penghargaan terhadapnya, minimal anda bisa memberikan ucapan penghargaan dihadapan siswa siswa yang lainnya. Nah dengan begitu siswa tersebut akan berusaha menciptakan prestasi prestasi yang lainnya. Dan siswa yang lainnyapun akan termotivasi untuk berprestasi juga.

Nah itulah 5 cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, cara ini bisa anda terapkan disemua jenjang pendidikan baik itu SD, SMP maupun SMA. Jika anda memiliki pengalaman dalam menggali motivasi belajar siswa bisa anda sharing pada kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dalam mencerdaskan generasi genarasi penerus bangsa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar