Senin, 11 Februari 2019

5 Cara Mudah Merebus Daging Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

5 Cara Mudah Merebus Daging Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Salah satu alasan mengapa ibu-ibu lebih suka masak daging ayam daripada daging sapi, karena daging sapi lebih susah empuknya daripada ayam. Mengolah daging sapi susah susah gampang ya bun, soalnya jika salah tehnik sedikit saja dagingnya bisa jadi keras, berbau atau rasanya terasa hambar karena bumbunya tidak meresap maksimal.

Sebenarnya berapa lama merebus daging agar empuk itu tidak berapa penting, yang terpenting adalah cara mengolah daging dan bahan yang diperlukan supaya daging cepat empuk.

Jika ada yang bertanya berapa menit merebus daging sapi agar empuk saya akan menjawab hanya butuh waktu 10-20 menit saja daging sudah  bisa diolah. Karena daging empuk bukan karena lamanya di rebus, tetapi ada beberap cara dan tehnik merebus dan mengolah daging supaya cepat empuk tanpa menunggu berjam-jam lamanya.

Cara Mudah Merebus Daging Agar Empuk dan Tidak Bau Amis


1. Masak Daging Dengan Temperatur Yang Tepat


Memasak daging bukan dengan asal asalan rebus saja tanpa mengetahui tehnik memasaknya karena itu akan membuat masakan daging anda gagal. Masak daging harus dengan temperatur yang tepat. karena jika daging terlalu matang dan lama rebusnya justru akan membuat daging keras. Begitu juga daging yang kurang matang.

Salah satu cara masak daging sapi yang empuk adalah dengan mengatur temperatur yang tepat dalam memasak. Jadi jika selama ini anda selalu gagal dalam masak daging lantaran daging keras maka sekarang waktunya anda berlatih memasak dengan temperatur yang tepat.

Ada juga sebagian ibu yang merebus daging dengan cara menggunakan panci presto. dengan begitu daging juga akan cepat empuk dan lunak.

Baca Juga : Cara Bikin Ayam Geprek Istimewa Yang Maknyus

2. Masak Daging dengan Mencampurkan Nanas, Jahe dan Jeruk Nipis


Diatas kita sudah membahas tentang tehnik memasak daging empuk tetapi belum kami jelaskan secara detail caranya. sekarang siap siap yuk bunda mempelajari cara memasak daging dengan benar.

Pertama, kita buat terlebih dahulu campuran rendaman daging dari nanas, jahe dan jeruk nipis. kita kombinasikan ketiganya menjadi bahan untuk merendam daging sapi. Selain dapat mengempukkan daging dengan cepat juga dapat menghilangkan bau amis pada daging serta memberikan aroma seger.

Hindari merendam daging terlalu lama, maksimal rendam daging dalam 3-4 jam saja jangan lebih dari waktu itu. Karena jika tidak maka enzim yang ada pada nanas dan jeruk nipis dapat memecah serat otot dan kolagen pada daging sehingga membuat daging hancur dan terlalu lembek dan rasanya juga pasti tidak enak.

Hilangkan Bau Amis Daging Dengan Bahan Berikut :


Salah satu masalah yang sering dihadapi ibu dalam mengolah daging selain membuatnya empuk juga cara menghilangkan bau pada daging. apalagi daging sapi yang masih seger, bau amis darahnya masih terasa sekali di hidung.

Cara Merebus daging agar empuk dan tidak bau mudah sekali dilakukan di rumah. Diatas telah kita bagi resep dan cara merebus daging dengan empuk, sekarang kita ke topik menghilangkan bau daging.

Mudah sekali menghilangkan bau daging, yaitu hanya dengan cara menaburkan tepung gandum yang sudah dilarutkan bersama air saja. kemudian percikkan sedikit demi seidkit ke permukaan daging hingga merata dna diamkan selama 1 - 2 jam saja dan bilas menggunakan air bersih.

3. Masak Daging dengan Slow Cooker


Seperti kata pepatah inggris " Slow But Sure " yang maksudnya adalah pelan tapi pasti. ya pepatah ini juga berlaku bagi bunda yang hendak memasak daging pelan pelan aja apinya, tapi pasti dan jangan sampai dimatiin sebelum berhasil empuk.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam memasak daging, ada baiknya bunda membeli slow cooker untuk memasak daging supaya cepat empuk dan bumbunya bisa meresap ke daging dengan maksimal. Selain itu bunda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya selama daging dalam slow cooker.

Alat ini lebih ramah dibandungkan dengan pressure cooker atau presto. slow cooker juga bisa lebih mudah digunakan, hanya cukup masukkan daging dan bumbu saja bersama dengan air secukupnya kemudian tekan tombol on dan tunggu beberapa jam. Taraaa ! masakan siap dihidangkan.

Sekalipun memasaknya lama, bunda tidak perlu khawatir hilang nutrisinya, karena gas yang keluar tidak terlalu banyak.

Baca Juga : Cara Bikin Telur Gulung Spesial Yang Enak Dan Gurih

4. Mengempukkan Daging dengan Soda Kue


Selain Cara tersebut diatas, bunda juga bisa mengempukkan daging menggunakan soda kue atau baking soda saja insya allah daging bisa empuk.

Berikut Cara mengempukkan daging dengan Soda Kue / Baking Soda :


Jika bunda tidak mempunyai banyak waktu untuk selalu belanja ikan atau daging ke pasar, ada baikknya bunda menggunakan cara ini untuk membuat daging sapi empuk dan mudah diamsak. daging yang baru saja dibeli sebaiknya jangan langsung dimasukkan ke dalam kulkas jika tidak mau langsung dimasak,  lumuri soda kue terlebih dahulu kemudian baru simpan kedalam kulkas. Fungsi soda kue adalah dapat mempertahankan kandungan protein dalam daging.

Jika bunda ingin langsung memasak daging, maka cukup langsung lumuri soda kue setelah daging sebersihkan dan diamkan selama satu jam. Hal ini berfungsi dapat memecah kolagen sehingga membuat tekstur daging menjadi lebih lunak. dan kemudian lanjutkan dengan merendam daging kedalam air dingin selama 15 menit saja.

5. Membuat Daging Empuk Dengan Kopi


Sebenarnya banyak sekali cara mengempukkan daging dengan mudah menggunakan bahan-bahan dapur yang sering terlihat oleh mata. Hanya saja kadangkala kita yang enggan belajar dan membaca resep resep dna cara mengolahnya.

Selain enak dibuat minuman, ternyata kopi juga bisa membuat daging empuk lho bunda. cara membuat daging empuk dengan kopi bisa dilakukan dengan langkah berikut :

1. Butlah terlebih dahulu larutan kopi tanpa gula. Nah setelah kopi larut dengan menggunakan air panas, biarkan ia dingin kemudian rendam daging kedalamya selama beberapa saat.

2. Taburkan bubuk kopi keatas daging secara merata dan diamkan selama beberapa menit agar bisa meresap dan terakhir bilas dengan air bersih maka daging sudah siap diolah

Nah itulah tips dari saya, Selamat Mencoba !


EmoticonEmoticon