Sabtu, 23 Februari 2019

Bahaya Makan Nasi Dan Mie Instan Bersamaan Terus Menerus

Mie Instan mempunyai rasa yang enak dan cukup mudah untuk membuatnya. ya namanya mie instant tentulah membuatnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak atau bahkan stok sayur di lemari es sudah habis maka jalan satu satunya untuk melengkapi hidangan makan nasi adalah mie instan. Bahaya makan nasi dan mie bersamaan sangat tidak baik dikonsumsi khususnya bagi perempuan, karena dapat meningkatkan resiko kanker. .

Tidak heran jika banyak orang yang menyetok mie intan dirumahnya sebagai persediaan jika sewaktu waktu membutuhkan mie instan atau serasa ingin makan mie instan. kKarena memang rasanya yang begitu enak. Bahaya makan mie instan terus menerus baru akan terasa beberapa tahun kemudian. Bahkan tidak sedikit saudara kita yang meninggal dunia akibat terlalu banyaknya makan mie instant.

Bayaha Makan Nasi Dan Mie Instan Bersamaan Terus Menerus

Meskipun dikenal dengan makanan yang kurang sehat, mie instan tetap saja disukai baik itu kalangan anak-anak maupun dewasa bahkan orang tua sekalipun. Bahaya mie instan mentah kerap kali kita lihat di pemberitaan televisi yang menayangkan dampak negatif dari mengkonsumsi mie intan. Begitu juga dengan bahaya makan mie sedap.

Perpaduan mie instan dengan nasi memang sangat sempurna, apalagi jika ditambahi sedikit sayuran hijau dan telur maka terasa nikmat sekali hidangan yang disajikan. Ditambah lagi aromanya yang begitu lezat. Bahaya makan mie instan indomie sama saja dengan mie sedap karena sama sama mengandung karbohidrat yang tinggi.

Sejenak kita lupakan lezatnya mie instan, kita coba memikirkan dampak dan bahaya akibat makan mie instan sebelum tidur. Menjelang tidur seringkali perut terasa lapar. Yang ada dalam benak kita adalah mie instan. Ya hanya mie instan yang dapat mengisi kekosongan perut sementara hari sudah malam dan malas untuk masak lauk lainnya. Akhirnya mie instan dan nasi lah yang menjadi menu makan malam sebelum tidur.

Kenapa Makan Mie Campur Nasi Berbahaya ? 


Menurut Dr. OZ Indonesia, Makan mie dengan nasi secara bersamaan sangat tidak baik bagi tubuh. berikut Alasannya :

1. Resiko Obesitas


Mengkonsumsi mie dengan taraf yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebab dalam mie instan tersebut mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga mampu meningkatkan resiko obesitas. Jika ingin makan mie instant sewaktu waktu saja maka imbangilah dengan makanan yang mengandung protein dan vitamin lainnya seperti sayuran, dan itu juga tidak boleh terlalu sering, minimal 2 kali dalam sebulan.

2. Resiko Kanker


Kanker merupakan penyakit yang sangat di takuti dan banyak sekali korban jiwa meninggal dunia akibat serangan kanker tersebut. alangkah baiknya jika kita semua sadar terhadap apa yang menjadi penyebab terkenanya penyakit kanker.

Salah satu penyebab kanker adalah karena ketidakteraturan pola hidup, terutama hal pola makan yang tidak sehat. Makan mie instan menjadi salah satu penyebab meningkatnya resiko terkena kanker. Maka dari itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kurangi mengkonsumsi mie instan apalagi yang dimakan bersama nasi.

Baca Juga :


3. Resiko Tekanan Darah Tinggi


Didalam mie instan terdapat zat sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh menjadi tidak stabil. Saat tekanan darah tinggi maka banyak kemungkinan yang akan terjadi seperti serangan jantung, Stroke dll

4. Meningkatkan Kerusakan Organ Hati


Mie instan memiliki kandungan zat karbohidrat yang tinggi, jadi jika kita konsumsi dan masuk kedalam tubuh maka tubuh akan menampung zat karbohidrat yang berlebih dan mengakibatkan zat tersebut pecah menjadi zat lain. Karbohidrat tersebut juga akan pecah menjadi lemak. Sedangkan lemak tersebut akan sampai ke organ hati sebagai pembantu sistem metabolisme dlaam tubuh.

Tahukah anda kalau lemak yang ada dalam tubuh kita itu ada dua jenis lemak. Yaitu lemak baik dna lemak jahat. Bagaimana jika lemak jahat yang menumpuk di organ hati kita ?

5. Resiko Diabetes Mellitus


Kalori yang terkandung dalam nasi serta efek samping mie instan sangat banyak. Jika semuanya diolah secara bersamaan maka hasilnya akan berupa gula, gula yang akan memenuhi tubuh kita. Pankreas dalam tubuh menjadi lebih keras sehingga dapat memisahkan antara gula dan darah. Saat kedua zat tersebut menyatu maka resiko diabetes mellitus akan semakin besar.

6. Merusak Pankreas


Organ tubuh yang paling banyak berperan dalam kelangsungan hidup seseorang adalah pankreas. Tidak baik jika terlalu banyak gula yang masuk dalam tubuh, dan akan mengakibatkan pankreas bekerja lebih lebih keras dari biasanya. Mengkonsumsi karbohidrat juga nantinya dapat merusak pankreas sebab hasil produksi dari gula tersebut nanti akan diolah menjadi hormon insulin. Jika terlalu lama dibiarkan lama kelamaan pankreas akan mengalami kerusakan.

7. Mengganggu Sistem Pencernaan


Terlalu banyak konsumsi mie instan dapat memicu banyak sekali dampak negatif yang akan mengganggu kesehatan anda. Diantara salah satunya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini biasanya ditandai dengan diare dan mules mules bahkan ada juga yang keracunan makanan akibat makan mie instan.

Waktu pemrosesan mie instan itu sendiri membutuhkan waktu 2 hari untuk dapat dicerna. Makanya sangat berbahaya jika terus menerus mengkonsumsi mie instan sebagai makanan pokoknya.

8. Kandungan Mie Instan Tidak Baik


Menurut istilah kedokteran, Mie instan merupakan makanan yang tidak bergizi dan tidak baik juga terlalu sering mengkonsomsinya atau dengan istilah lain adalah junk food atau makanan sampah. ya namanya makanan sampah tentunya tidak ada gizi dan vitaminnya justru yang ada adalah penyakit yang akan di dapatkannya. Kandungan dalam mie instan hanya ada serat dan karbohidrat saja tanpa adanya protein dan vitamin.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Mie Instan Dengan Nasi Yang Sehat ?


Setelah kita tahu bahayanya makan mie instan dengan nasi bukan berarti kita tidak boleh sama sekali makan mie, tapi ada cara-cara yang benar untuk makan mie instan agar dapat kenyang dan juga sehatnya. Karena kandungan dalam mie instan tidak terdapat gizi dan vitamin maka anda bisa menambahkan sendiri vitamin dan protein tersebut. Misalnya dengan menambahkan sayuran, daging, kornet atau bisa juga telur. Selain rasanya yang semakin lengkap dan enak, juga sebagai penyeimbang nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

Dengan cara mencampurkan bahan yang mengandung nutrisi diatas, akan membuat mie tidak terlalu merusak tubuh. Menggunakan bumbu racik sendiri juga merupakan cara yang lebih baik daripada menggunakan bumbu mie instan yang tersedia didalamnya. Bumbu dapur racikan sendiri lebih bergizi dan aman dari bahan kimia yang mengandung zat aditif makanan.


EmoticonEmoticon