Selasa, 12 Februari 2019

Cara Cepat Menghilangkan Panas Kena Cabe Di Tangan Dengan Bahan Alami

Cara Cepat  Menghilangkan Panas Kena Cabe Di Tangan Dengan Bahan Alami

Panas di tangan memang sering dialami saat mengiris atau mengulek cabe. Cabe tidak hanya memiliki rasa pedas saja, tapi juga bisa memberikan efek panas saat terkena kulit.  Namun masakan tanpa cabe akan terasa terasa hambar di mulut, oleh karena itu cabe menjadi bumbu dapur yang wajib anda ikutkan saat memasak masakan apapun.

Jika anda tidak ingin merasakan panasnya terkena cabe hendaknya anda berusaha isi dalam cabe tidak terkena kulit, anda bisa memblenderniya atau menggunakan sarung tangan. Dan jika terkena kulit segeralah muntuk membasuhkan jangan sampai berlama lama. Dan berusahalah untuk tidak memegang area kulit lainnya sebelum membasuh tangan anda.

Jika efek panas sudah anda rasakan terkadang susah menghilangkannya, walaupun anda membasuhnya berkali-kali dengan air pedas dan panasnya masih juga belum hilang. Rasa panas terkena cabe sama seperti rasa efek panas terkena balsem ataupun karena sabun. Walaupun rasa panas yang ditimbulkan tidak berhaya dan bisa hilang dengan sendirinya, namun bisa membuat anda tidak nyaman beraktifitas.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan memberikan 7 cara mengatasi karena cabean. Berikut sederet bahan alami yang terbukti ampuh dapat menghilangkan panas ditangan. dan semua bahan tersebut bisa anda dapatkan di dapur.

Cara Cepat  Menghilangkan Panas Kena Cabe Di Tangan


1. Susu


Selain enak di minum, susu ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kecabean di tangan. caranya cukup mengoleskan saja ke permukaan tangan yang panas karena cabe. Karena senyawa alami yang terdapat dalam susu dapat menetralkan dan menghilangkan panas ditangan secara instant.

Susu juga bisa meredakan perut panas karena cabe, jika anda habis makan bakso atau makanan lain yang pedas susu bisa menjadi minuman yang bisa meredakan rasa panas yang anda rasakan.

2. Baking Soda


Baking soda tidak hanya dapat membuat kue saja, kini telah terbukti bahwa baking soda menjadi cara cepat menghilangkan rasa panas seperti terbakar di tangan karena terkena cabe. Berikut cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan panas di tangan.:

Terlebih dahulu kita buat baking soda dalam bentuk pasta sebelum diolesin ke tangan. campurkan baking soda dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta kental, baru kemudian dioleskan ke tangan yang panas tersebut. tunggu beberapa menit hingga pasta mengering dan bilas dengan air bersih. maka panas ditangan karena cabe akan hilang seketika.


3. Saus Tomat


Selama ini kita kenal saus tomat sebagai sambal pelengkap gorengan atau bahan untuk memasak. kali ini saya akan beritahu kalian manfaat lain dari saus tomat. tidak nyangka ternyata saus tomat juga menjadi bahan alami mengobati panas cabe pada kulit. 

Jika sehabis mengupas cabe atau habis mengulek sambal tangan anda terasa kecabean, anda bisa mengoleskan sedikit saus tomat ke permukaan tangan anda dan diamkan selama 5 - 10 menit dan bilaslah dengan air bersih. dijamin deh panasnya akan hilang seketika.

4. Minyak Sayur / Minyak kelapa


Minyak kelapa juga terbukti dapat menghilangkan panas ditangan karena cabe. caranya sama dengan cara diatas yaitu cukup dioleskan ke tangan yang panas kemudian gosok gosok hingga panas reda. terakhir cuci dengan air bersih. 

5. Minyak Zaitun


Cara menghilangkan kecabean dengan cepat juga bisa menggunakan Minyak Zaitun juga. Minyak zaitun merupakan minyak serbaguna, ia bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. di samping aromanya yang khas minyak ini juga dapat bisa digunakan untuk memijat bagian tubuh tertentu.

Cukup di oleskan beberapa tetes saja pada telapak tangan kemudian gosok perlahan ke semua permukaan tangan dna rasakan hingga panasnya benar-benar hilang.

6. Garam


Garam tidak hanya menjadi bumbu utama di dapur, tetapi juga bisa menghilangkan bekas cabe ditangan. sebenarnya masih banyak sekali fungsi garam selain untuk menyedapkan masakan tapi disini saya hanya ingin membahas terlebih dahulu manfaat garam untuk tangan yang kecabean. 

Usapkan garam ke tangan anda secara merata kemudian anda dekatkan tangan ke panas kompor sehingga garam ditangan meleleh dan mengeluarkan cairan. eitts tapi jangan panggang juga tangannya ya, bisa bisa kecabenanya malah tambah panas.


7. Air Cucian Beras


Cara ini jarang sekali diketahui oleh orang. air cucian beras selain dipercaya dapat membersihkan kulit wajah juga terbukti dapat menghilangkan rasa panas akibat sengatan cabe. cara yang terakhir ini bisa anda lakukan secara otomatis saat anda hendak memasak nasi. maka dengan sendirinya tangan akan terobati.

Jika tidak dalam keadaan masak nasi, anda cukup merendam beberapa genggam beras saja kedalam air dan celupkan tangan ke dalam selama kurang lebih 3 - 5 menit smabil digosok gosok perlahan.

Nah, berikut 7 cara menghilangkan panas di tangan karena menggiling cabe atau mengiris cabe yang bisa anda lakukan di rumah tanpa mengganggu aktivitas sehari - hari anda karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengobatinya.

Cara menghilangkan rasa panas di tangan karena bawang putih juga bisa anda lakukan 7 cara diatas. jika tidak ingin panas saat bersentuhan dengan cabe maupun bawang putih, anda bisa menggunakan sarung tangan plastik untuk melindungi tangan anda agar tetap aman. 


EmoticonEmoticon