Skip to main content

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Laptop Paling Mudah

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Laptop Paling Mudah

Jika anda mengambil gambar dengan kamera maupun dengan handphone atau perangkat input komputer atau laptop seperti scanner tentunya gambar yang dihasilkan memiliki kapasitas yang besar. Jika anda membutuhkannya dalam ukuran yang kecil tentunya anda harus mengubah ukurannya.

Contohnya misal anda ingin berbagi gambar tersebut ke media sosial, karena ukuran yang besar tentunya membutuhlkan waktu yang sedikit lama mengirimnya karena saat kambar dikirim melalui pesan atau chat di media sosial akan melalui kompress terlebih dahulu, tidak hanya waktu akan tetapi juga mengurangi kouta internet lumayan besar.

Atau anda terbentur dengan persyaratan administrasi yang mengharuskan gambar dikirim dalam ukuran yang ditentukan misal gambar ijazah harus diperkecil menjadi ukuran 200 kb misalnya. Tentunya anda harus mengikuti intruksi tersebut karena terkadang sistem tidak menerima jika diatas melebihi yang ditentukan.

Nah jika anda memiliki persoalan ini, kami akan memandu anda dalam mengkompress gambar anda sehingga mendapatkan ukuran gambar yang sesuai dengan keinginan anda. Beberapa cara  kami sediakan disini terserah anda mau menggunakan yang mana yang jelas panduan disini kami buat paling mudah karena kami menyertakan gambar yang bisa memandu anda hingga berhasil.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Laptop Paling Mudah


Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Paint


Cara pertama yang kami berikan adalah menggunakan paint, kenapa paint? karena jika anda ingin mengecilkan ukuran gambar aplikasi ini sudah pasti tersedia di laptop anda, karena aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan windows. Aplikasi tersedia di semua versi windows baik itu windos 7, 8 maupun 10.

Aplikasi ini tersembunyi tapi untuk mengaktifkannya silahkan anda cari aplikasinya di tombol start pada pencarian silahkan anda ketik "Paint" maka akan keluar dan silahkan anda klik untuk menjalankannya.



Paint sudah sangat mumpuni kalau hanya untuk memperkecil ukuran gambar. Caranyapun sangat mudah :

1. Silahkan anda pilih gambar yang ingin anda kecilkan ukurannya
2. Setelah gambar anda muncul di paint silahkan anda klik menu home dan pilih Resize
3. Kemudian turunkan persentasinya kemudian lihatlah hasilnya pada bagian properties gambar
4. Gambar diatas ukuran aslinya adalah 504 kb, kemudian setelah persentasenya saya turunkan menjadi 80 maka hasilnya ukuran gambar tersebut menjadi 236 kb.


Baca Juga : Mengatasi Hilangnya Ukuran Kertas Saat Memilih Printer Di Microsoft Office


Cara Memperkecil Ukuran Foto Di Laptop Paling Mudah


Paint tidak hanya menyediakan cara mengurangi ukuran gambar saja tapi beberapa fasilitas lainnya mjuga tersedia seperti memotong (Crop), merotasi gambar, menghapus, memberi tulisan dan masih banyak yang lainnya. Saya kira anda bisa mengandalkan aplikasi ini kalau hanya ingin menurunkan ukuran gambar. Aplikasi ini sangat ringan sekali dan mudaih sekali digunakan.

2. Memperkecil Ukuran Gambar Dengan Menggunakan Aplikasi 


RIOT


Aplikasi ini juga sangat mumpuni dalam menurunkan ukuran gambar hingga 200-300 persen. Aplikasi ini sangat ringan, untuk mengubah ukuran gambarpun sangat simple cukup anda masukkan gambarnya maka secara otomatis gambar akan dikompress menjadi ukuran yang lebih kecil. Habatnya lagi gambar hasil kompresinya kualitasnya tidak berubah sama sekali persis dengan aslinya. Hingga saat ini saya masih menggunakan aplikasi ini untuk memperkecil dimensi gambar.

Cara menggunakan aplikasi Riot untuk kompres atau memperkecil gambar :

1. Donwload terlebih dahulu aplikasinya disini
2. Jalankan aplikasi dan pilih open, dan carilah gambar yang akan dikurangi ukurannya, kemudian anda bisa melihat ukuran setelah di kompresi pada gambar yang sebelah kanan
3. klik Save untuk menyimpan hasil kompressnya.

Baca Juga : Cara Screenshoot Di Semua Merek Laptop Dan Versi Windows


Caeseum


Selain riot caesium juga bisa menjadi pilihan anda untuk mengelola foto anda menjadi kecil. Caesium juga sangat ringan hasil kompresnyapun sama baiknya dengan Riot bahkan kemampuannya mampu mengrangi ukuran foto hingga 90 Persen bahkan lebih.

Berbeda dengan Riot dalam mengurangi ukuran gambar Caesum menggunakan rasio, berapa rasio penurunkan ukuran gambar yang anda inginkan anda bisa mengaturnya dibagian Compression Option.

Untuk memulai menggunakan Caesium silahkan anda download disini. Adapun cara dan langkah langkah menggunakannya sebagai berikut :

1. Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Ceseumnya
2. Masukkan foto dengan mengklik open folder
3. Atur dimana file hasil ingin anda simpan
4. Setelah menggunggahnya silahkan atur rasionya, semakin kecil rasio yang ada pilih maka ukuran gambar akan semakin kecil
5. :Lalu klik Kompress

Mengecilkan Gambar Dengan Caesium


3. Memperkecil Ukuran Foto Secara Online


Internet bukan menjadi hal sulit dijangkau, dimana mana sudah ada semuanya dengan kecepatan yang luar biasa. Ini bisa anda mamfaatkan untuk mengola dokumen secara onlin. Banyak sekali yang bisa kita lakukan secara online salah satunya memperkecil ukuran gambar.

Diinternet banyak sekali aplikasi memperkecil dan memperbesar ukuran gambar, semuanya sama sama bagus dan sama sama memiliki tampilan yang mudah dioprasikan hanya dengan mengklik beberapa menu saja gambarpun sudah berubah ukuran.

Tinypng.com

Website pertama penyedia kompress gambar baik JPG maupun PNG yang paling populer digunakan orang adalah Tinypng yang memiliki alamat website https://tinypng.com/ Untuk memperkecil ukuran gambar menggunakan Tinypic silahkan anda ikuti langkah langkah berikut :

1. Buka alamatnya dan seret/drag foto kepada lokasi yang disediakan lalu
2. Drag klik menu foto yang ingin anda rubah ukurannya dengan klik Drop your .png or .jpg files here!




Maka gambar akan di proses, setelah itu akan keluar link download dan hasil persen kualitas gambar yang dihasilkan.


Nah itulah beberapa cara yang bisa anda pilih untuk memperkecil ukuran gambar. Silahkan anda pilih mana yang paling anda sukai. Artikel ini sudah menjawab beberapa keinginan untuk mengelola gambar menjadi lebih kecil dari ukuran normalnya. Sebenarnya caranya sangat banyak sekali namun pada artikal ini kami pilih yang paling mudah dalam melakukan proses. Semoga cara cara ini bisa memperkaya pengetahuan anda dibidang pengelolaan dokumen.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar