Selasa, 05 Februari 2019

Cara Menggunakan Printer Yang Baik Dan Benar Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Menggunakan Printer Yang Baik Dan Benar Agar Awet Dan Tahan Lama

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen baik itu gambar maupun teks yang  memakai media kertas naupun media yang lain. Saat ini printer tidak hanya digunakan oleh instansi perusahaan saja, melainkan printer juga digunakan pada supermarket maupun usaha percetakan dan personal. Seiring berkembangnya technologi banyak bermunculan terobosan printer baru yang lebih berkualitas dan tentunya semakin canggih.

Selain banyak bermunculan printer yang kualitasnya lebih tinggi, seiring itu juga banyak merk printer yang ditawarkan seperti canon, Hewlett packard (hp), Epson dll. tentu hal tersebut akan memudahkan para pembelih untuk memilihnya.

Namun penggunaan printer yang awet dan tahan lama tidak hanya berdasarkan dengan harga serta kualitas dari printer itu sendiri, melainkan cara kita merawatnya juga sagat berpengaruh terhadap keawetan printer tersebut.

Merawat printer memiliki SOP ( Standar Operational Prosedur) penggunaan yang sama dengan barang elektronik lainnya. Biasanya SOP penggunaan printer disertakan dalam kardus saat pembelian.

Sebenarnya aturan penggunaannya tidaklah sulit, hanya saja intruksi penggunaanya harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan sedikit ketelatenan. Nah berikut beberapa tips untuk anda bagaimana merawat printer yang baik dan benar agar tetap awet dan kwalitas cetak yang dihasilkan tetap bagus.

Cara Menggunakan Printer Yang Baik Dan Benar Agar Awet Dan Tahan Lama


1. Selalu Menjaga kebersihan printer secara rutin


Langkah awal untuk menjaga keawetan printer adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. menjaga kebersihan printer dapat dilakukan dengan cara menutup printer jika printer tidak diggunakan, membersihkan printer setiap kali ingin menggunakan printer. perlu anda ketahui jika aliran head pada cardtridge sangat rentan dengan adanya debu.

Baca Juga : 5 Printer Paling Awet Dan Bagus Untuk Usaha Terbukti Tahan Banting !

2. Menggunakan Printer Dengan Rutin


Menggunakan printer secara rutin akan membuat printer tersebut menjadi lebih awet  dan tahan lama, hal tesebut disebabkan karena aliran tinta yang ada di head tetap baik sehingga mampu membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. sebaliknya jika printer jarang digunakan akan mudah rusak.

3. Hindari Menggunakan Kertas Yang Berdebu


Menggunakan kertas yang berdebu akan mengakibatkan roll penarik kertas menjadi kotor. kerusakan pada roll penarik kertas tidak langsung dirasakan, namun jika kebiasaan menggunakan kertas kotor terus dilakukan maka lama kelamaan debu akan mengendap pada roll dan akibatnya printer tidak lagi berfungsi disebabkan roll yang rusak.

Debu tidak hanya merusak bagian itu saja, tapi pada bagian catridge juga bisa rusak, jika bagian permukaan head rusak biasanya hasil printernya akan bergaris, jika memungkinkan taruhlah printer di tempat yang tidak terlalu banyak terimbas debu.

4. Menghindari Cetak Over


Printer juga mempunyai kemampuan untuk bekerja, jadi jangan terlalu memforsirnya, misalkan mencetak dokumen dengan jumlah banyak bahkan ratusan dalam sekali print. untuk merawat printer agar tahan lama hindari pencetakan terlalu banyak.

Jika anda ingin mencetak dokumen dengan jumlah banyak, cetaklah doumen tersebut dengan cara bertahap, dengan misalkan dengan cara mencetak dokumen 10 lembar,  baru dialanjutkan kembali atau anda dapat memberikan beberapa menit bagi printer untuk beristirahat. terlalu memforsir kerja printer akan mengakibatkan head printer menjadi jebol.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Epson L360 service required atau Lampu Tinta dan Kertas Berkedip


5. Mengganti Tinta Sebelum Habis


Mengecek tinta dan mengganti tinta sebelum habis sangat penting dilakukan. Karena tinta yang dibiarkan mengering baru diisi kembali akan membuat printer mudah eror dan akhirnya tidak dapat difungsikan lagi. Selain itu head akan cepat rusak, mencetak tanpa ada tinta akan membuat head cepat panas dan cepat jebol.

6. Mematikan Printer Saat Tidak Dipakai


Jangan lupa untuk mematikan printer ketika sudah tidak digunakan. Cara mematikan printer jagan langsung mencabut kabel powernya sesuaikan dengan text prosedur cara penggunaan printer yang tertera, yaitu dengan menekan terlebih dahulu tombol power 0n/off, karena cara tersebut printer akan mati secara otomatis.

7. Print Kertas Yang Tepat


Sebelum menggunakan printer sebaiknya anda pelajari dulu cara penggunaan masing masing printer, bagaimana penggunaan printer canon yang baik, bagaimana penggunaan printer epson dan sebagainya.

Selanjutnya menggunakan kertas untuk mencetak dokumen pada printer harus sesuai dengan kapasitas atau ukuran dari printer tersebut. jika terlalu memaksakan printer maka akan mengakibatkan kerusakan. selain itu, hindari juga penggunaan kertas yang kusut, karena akan menyebabkan printer menjadi macet.

Jika printer rusak anda harus rela mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya, jika anda tidak dapat melakukannya  sendiri. Nah, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, rawatlah printer dengan beberapa tips diatas. dengan demikian printer dapat digunakan dalam jangka waktu lama tanpa harus repot - repot mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. dan semoga artikel yang kami tulis bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon