Senin, 18 Februari 2019

Cara Menghilangkan Nyeri Otot Dengan Cepat Menggunakan Obat Tradisional

Cara Menghilngkan Nyeri Otot Dengan Cepat Menggunakan Obat Tradisional

Sakit dibagian otot merupakan kondisi umum yang bisa terjadi terhadap siapa saja. Nyeri otot biasanya akan dirasakan seseorang ketika melakukan aktivitas maupun setelahnya. Nyeri pada otot memang bukan tergolong pada penyakit yang membahayakan, bahkan nyeri semacam ini terkadang dapat hilang dengan sendirinya. Namun kondisi ini dapat membuat mood kita berubah seketika dan tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab nyeri otot diantaranya melakukan aktivitas secara berlebihan, ketegangan terjadi pada salah satu bagian tubuh, dan adanya trauma yang membuat otot menjadi terkilir. Oleh sebab itu, hindari melakukan aktivitas sekalipun itu olah raga yang terlalu dipaksakan, karena hal tersebut akan membahayakan terhadap diri sendiri.

Nyeri otot juga dikenal dengan njarem. Untuk nyeri otot yang dirasakan setelah olah raga itu adalah hal yang wajar terjadi utamanya jika anda baru pertama kali melakukannnya. anda tidak perlu risau karena biasanya nyeri otot seperti ini akan hilang dengan sendirinya.

Nah, untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot bisa dengan mengkonsumsi obat atau hanya dengan menggunakan cara tradisional saja. Namun jika anda ingin menghilangkan nyeri dan menghindari nyeri otot bisa anda lakukan cara cara berikut.

Cara Menghilangkan Menghindari Nyeri Otot


1. Mengompres Dengan Es Batu


Dengan mengompres dengan menggunakan es batu pada otot - otot yang nyeri setelah melakukan aktivitas, terbukti dapat mengurangi rasa pegal -pegal pada otot tersebut.
Caranya : bungkuslah kantong es pada kain bersih, lalu kompreskan secara perlahan terhadap otot yang dirasakan nyeri, dengan demikian nyeri pada otot akan berkurang.


2. Melakukan Pemijatan


Melakukan pijatan dapat anda lakukan saat anda kelelahan setelah melakukan olah raga dan otot terasa nyeri. Melakukan pijatan dapat meningkatkan jumlah mitokondria dalam otot, yang mana hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan otot dalam menyerap oksigen.

Baca Juga : Sakit Gigi Karena Berlubang Sembuh Setelah Menggunakan Pasta Gigi Ini

3. Melakukan Pemanasan Sebelum Melakukan Olah Raga


Melakukan pemanasan sebelum melakukan olah raga, merupakan cara yang paling tepat untuk menghindari nyeri otot. lakukan pemanasan kira - kira 10 menit sebelum melakukan olah raga. Misalnya jika anda ingin berlari, awalilah dengan berjalan santai sekitar 10 menit. Pemanasan berfungsi untuk meningkatkan suhu inti tubuh, meningkatkan kelenturan serta  melancarkan aliran darah ke otak.


4. Mengkonsumsi buah ceri


Buah ceri memiliki kandungan antosianin yang cukup tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah melakukan olah raga. Mengkonsumsi semangkok buah ceri setelah melakukan olah raga merupakan cara jitu untuk menghindari nyeri pada otot.

5. Mempertimbangkan Obat Yang Akan Dikonsumsi


Terkadang nyeri otot tidak hanya disebabkan oleh aktivitas kita yang terlalu tinggi, namun juga bisa disebabkan efek samping karena kita terlalu banyak mengkonsumsi obat, seperti obat untuk menurukan darah atu obat untuk penyakit lainnya. Oleh sebab itu, konsumsilah obat dengan cara tidak berlebihan dan jika anda mempunyai keluhan segeralah periksakan ke dokter untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Cukupi Cairan Dalam Tubuh


Umumnya rasa nyeri dirasakan setelah kita melakukan aktivitas, seperti olah raga. Didalam kita melakukan ativitas tentu kita akan banyak mengeluarkan keringat. Untuk menghindari nyeri otot sebaiknya minumlah air setelah melakukan aktivitas, agar cairan dalam tubuh tetap stabil.

7. Minum Kopi


Minum kopi setelah melakukan olah raga ternyata tidak hanya dapat mereklasasi pikiran, namun juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan menurunknan resiko nyeri.

8. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D


Kekurangan vitamin D merupakan salah satu penyebab nyeri otot. salah satu vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindari nyeri otot adalah mengkonsumsi ikan dan sinar matahari di waktu pagi.

Cara Menghilngkan Nyeri Otot Dengan Dengan Cepat Menggunakan Obat Tradisional 


Setelah kita membagikan beberapa tips cara mengatasi nyeri otot, disini kami juga akan membagikan beberapa bahan alami yang dapat anda jadikan sebagai obat tradisional yang bisa menjadi obat nyeri sendi yang terbukti ampuh

1. Air Garam


Mengingat garam merupakan bumbu utama dalam masakan, pasti sudah tersedia dong di rumah kita. nyeri otot dapat dihilangkan dengan mencelupkan bagian tubuh yang sakit ke dalam baskom yang berisi air hangat dan dicampuri garam. Jika bagian tubuh tersebut susah untuk dicelupkan cukup anda memakai kain atau handuk untuk dikompreskan.

Berendam dengan air garam juga bisa menghilangkan pegal pegal pada kaki setelah lari. Caranya sama anda tinggal rendamkan anda pada baskom yang berisi air hangat yang dicampur garam. Jika di daerah anda ada pemandian air panas anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan pegal pada kaki anda.


2. Bumbu Kunyit


Dalam sebuah penelitian kunyit merupakan bahan alami yag dapat memperlambat perkembangan nyeri pada sendi bahkan tulang.jika mengalami rasa nyeri pada persendian oleskan ramuan bubuk kulit pada bagian tersebut, dengan demikian nyeri akan hilang secara perlahan.


3. Jahe


Jahe merupakan bumbu dapur yang memiliki kandungan panas dan sifat anti-inflamasi. karenanya jahe juga tergolong bahan alami yang dapat meredakan nyeri otot dan nyeri sendir. caranya,  haluskan jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan lalu tempelkan pada bagian tubuhh yang terasa nyeri.

4. Gel lidah buaya


Gel lidah buaya merupakan obat tradisional untuk nyeri otot selanjutnya. Anda pasti mengenal bahan alami dengan berbagai manfaat yang satu ini. Umumnya lidah buaya dgunakan untuk menyuburkan pertumbuhan rambut serta alis.

Namun tidak disangkan jika tanaman yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri otot. caranya, cukup oleskan gel lidah buaya pada otot yang tersa sakit, lakukan cara ini setiap hari sampai rasa nyeri benar - benar menghilang.

Baca Juga : 8 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Belum Banyak Diketahui

Nyeri otot dapat terjadi pada seluruh badan, karena otot berada hampir pada semua bagian badan.  Jadi, nyeri otot bukan hanya pada bagian lutut saja, namun juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti paha bagian belakang, kaki dll.

Demikianlah beberapa cara serta obat tradsional untuk menghilangkan nyeri otot yang dapat anda coba, namun sekalipun nyeri otot dapat dioabati dengan beberapa gerakan serta obat tradisional, jika nyeri tersebut terjadi lebih dari 3 bulan tanpa ada reaksi dalam penyembuhan dan merasakan lebih nyeri dari pada biasanya, sebaiknya periksakan ke dokter, takutnya terjadi kerusakan pada organ dalam. dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon