Jumat, 15 Februari 2019

Contoh CV Pelaut Terbaru Dan Benar Dan Terbukti Diterima


Layaknya melamar pekerjaan lainnya membuat cv pelaut merupakan sebuah keharusan bagi anda yang ingin melamar pekerjaaan di dunia perkapalan. Dari CV inilah perusahaan perkapalan akan mempertimbangkan anda untuk menempati posisi yang dibutuhkan.

Oleh karenanya membuat CV harus dibuat dengan sebenarnya dengan merujuk kepada contoh benar dan terbukti bisa lolos dan diterima bekerja. Di internet contohnya memang banyak sekali namun anda harus selektif karena banyak juga yang hanya copy paste namun tidak tahu apakah contoh tersebut sudah benar sesuai dengan standar.

CV merupakan informasi tentang diri anda dan pengalaman serta kompetensi anda jadi harus diisi dengan sebenar benarnya jangan sampai ada informasi yang salah atau manipulasi karena jika itu diketahui bisa saja anda dipecat dari pekerjaan anda.

Pekerjaan pelaut merupakan salah satu pekerjaan primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia. Gajinya yang besar membuat orang tergiur terjun dipekerjaan ini. Namun untuk bisa bekerja menjadi pelaut anda harus menempuh pendidikan di sekolah yang khusus memberikan pendidikan kelautan. Selain itu pengalaman juga menjadi penentu diterima atau tidaknya lamaran anda.

Dalam postingan ini kami sudah menyediakan contoh CV pelaut terbaru sesuai dengan standar yang ada dalam bentuk file word dan pdf anda bisa mendownloadnya dan silahkan edit dan isi sesuaikan dengan CV anda. Contoh ini sudah banyak digunakan para pelaut dari mulai AB hingga perwira kapal yang berasal dari pulau Bawean dan terbukti mereka diterima.

Mengenai prihal tentang bahasa yang digunakan pada CV Pelaut sampai saat ini semuanya menggunakan bahasa inggris baik untuk lamaran perusahaan lokal Indonesia maupun untuk luar negeri. Contoh ini juga cocok bagi anda cadet yang mengajukan lamaran untuk prala.

Baca Juga : 8 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan ( Dengan Berbagai Alasan )

Beberapa hal penting yang harus diisi dalam pembuatan CV kapal yaitu :


1. Personal Data


Dalam profil ini anda akan menginformasikan tentang data pribadi anda :

1. Name : Diisi dengan nama anda
2. Place anda Date Of Birth : Tempat tanggal lahir
3. Nationality : Kewarganegraan
4. Genre : Jenis Kelamin
5. Marital Status : Status pernikahan
6. Address : Alamat
7. Contact : Nomer Handphone yang bisa di hubungi
8. Email : Diisi sesuai dengan email pribadi, biasanya balasan lamaran anda akan di balas melalui ini, dan juga tiket penerbangan juga akan di kirim melalui email ini.

2. Passport & Seaman Book Detail


Pada bagian ini anda diminta mencantumkan passport dan buku pelaut. Instrumen isian yang harus anda isi adalah sebagai berikut :

1. Document : Diisi dengan passport atau seaman book
2. Number : Nomer Passport atau seaman book
3. Place Of Issued : Tempat dikeluarkannya passport dan semana book
4. Date Of Expired : Tanggal masa berlaku dokumen tersebut.

3. Foto 


Pasanglah foto pada sebelah kanan dari identitas pribadi anda, walaupun tidak ada ketentuan tentang ukuran foto yang dipasang namun ukuran yang terbaik adalah 4 x 6 cm dan pasanglah foto yang terbaru.

4. Sertifikat kompetensi (Sertificate Of Conpetensi) :


Pada bagian ini anda isi dengan sertifikat kompetensi anda. Misal anda masih able atau ant VI, III maupun yang lainnya. Adapun istrumen isian yang dibutuhkan adalah :

1. Name Of Document : Nama dari sertifikat kompetensi anda
2. Certoficate : Diisi dengan nomer sertifikat
3. Place & Date Issued : Tempat dan tanggan dikeluarkannya sertofikat

5. Serifikat Kemampuan keahlian (Certoficate Of Proficiency).


Pada isian ini yang harus anda masukkan adalah serfikat yang menunjukkan kemampuan atau keahlian anda. Instrumen ya diisi pada bagian ini. Misal anda melawar di lowongan perwira mesin maka sertifikat sertifikat keahlian serta pendukungnya harus anda cantumkan pada bagian ini. Sedangkan instrumen yang harus diisi pagian ini adalah :

1. Nama of document : Nama sertifikat kemampuan / keahlian yang anda miliki
2. Certificate : nomer sertifikat
3. Place  & Date Of Issued : Tempat dan tanggal dikeluarkannya sertifikat

Baca Juga : 4 Cara Menemukan Ide Untuk Menulis Artikel Yang Mudah Dilakukan

6. Pengalaman Kerja (Sea Service/Experience).


Pada bagian ini anda isikan pengalaman pengalaman anda bekerja di dunia perkapalan. Misal anda pernah bekerja di kapal tanker, perusahaan A pada posisi Able (AB) dan periode anda bekerja. Semakin banyak pengalaman yang anda miliki maka semakin besar kemungkinan anda diterima. Adapun distrumen yang harus anda isi

1. Vessel : Diisi nama kapal
2. Type : Jenis kapal, misal tugboat, tanker atau type yang lain
3. Rank : Posisi anda saat bekerja dikapal tersebut, seperti AB, Master, Chip Officer atau yang lainnya.
4. Period : Tanggal anda mulai bekerja dan berhenti bekerja
5. Flag : Bendera kapal, kebangsaan asal kapal

Nah itulah penjelasan contoh CV pelaut yang terbaru dan benar. Silahkan anda download dan simpan pada komputer anda, anda tinggal mengisinya sesuai dengan panduan yang ada. Semoga bermanfaat. Link download ada pada bagian bawah artikel ini.


1 comments

terima kasih sudah membantu


EmoticonEmoticon