Kamis, 07 Februari 2019

8 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan ( Dengan Berbagai Alasan )

10 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan ( Dengan Berbagai Alasan )

Tujuan surat pengunduran diri adalah untuk menyampaikan niat berhenti bekerja terhadap atasan secara resmi dengan alasan tertentu, atau dalam bahasa kerennya disebuat dengan Resign. Di dalam isi surat tersebut harus tertulis atau penyampaian yang baik dan sopan dengan alasan yang logis dan masuk akal.

Jika alasan pengunduran diri anda masuk akal dan dilakukan dengan baik maka atasan anda tidak akan keberatan untuk menerima pengunduran diri anda. Namun sebelum berhenti bekerja sebaiknya anda fikirkan dengan matang matang, jangan sampai menyesal dikemudian hari.

Ada banyak faktor mengapa seseorang harus mengundurkan diri dari perusahaan yang sudah menjadi tempat mata pencahariannya. Faktor tersebut bisa berupa faktor internal dan eksternal. Dan terlepas dari semua faktor tersebut, tentu alasan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya sudah merupakan pilihan yang sangat mereka pertimbangkan.

Karena surat pengunduran diri dibuat secara formal dan resmi, sudah tentu harus menggunakan kata - kata yang sangat bijak dan sopan. sebagai pengetahuan, kami disini akan membagikan beberapa tips cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

  1. Dalam menulis surat pengunduran diri harus menggunakan bahasa yang sopan dan juga formal
  2. Memberikan alasan untuk berhenti harus dengan bahasa yang singkat namun jelas, tidak perlu menceritakan alasan anda berhenti dengan panjang lebar.
  3. Dalam penulisan waktu serta tanggal dalam surat pengunduran diri tidak boleh terlalu mendadak, hal tersebut bertujuan agar perusahaan mendapat pengganti pada posisi anda.
  4. Dalam penyerahan atau membicarakan surat pengunduran diri anda carilah waktu pas, setidaknya mood atasan anda sedang bagus. agar anda keluar dari perusahaan dengan hati yang tenang.
  5. Sebelum anda telah resmi keluar dari perusahaan tersebut, jangan sampai ada sisa kewajiban pekerjaan anda yang tersisa. tunjukkan pada mereka jika anda orang bekerja dengan profesional dan tidak meninggalkan image yang buruk
  6. Terakhir jangan lupa ucapkan terima kasih kepada atasan atas kesempatan yang telah ia percayakan terhadap anda dan semua pengalaman yang anda dapatkan selama bekerja di perusahaan tersebut yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat lain.

Untuk lebih memudahkan anda kami telah menyediakan beberapa contoh surat pengunduran diri dalam format PDF dan Word, anda tinggal mendownloadnya kemudian anda tinggal mengedit atau mencontoh yang disesuaikan dengan nama perusahan tempat anda bekerja.


Tapi biasanya surat pengunduran diri ditulis tangan tidak diketik sama halnya dengan surat lamaran kerja, tapi tergantung kebiasaan dari dimana tempat bekerja karena banyak juga yang sudah menghilangkan budaya tulis tangan.

Surat pengunduran ini kami buat sederhana dan tidak bertele tele yang tentunya sudah disesuaikan dengan aturan baku pembuatan surat resmi yang umum dibuat untuk tujuan ini. Namun anda bisa menambahkan beberapa hal kalau itu memang penting untuk disampaikan.


10 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan ( Dengan Berbagai Alasan )


1. Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Sakit

2. Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Melanjutkan Kuliah



3. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

4 Pengunduran Diri Karena Alasan Keluarga,


4.  Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Pabrik



5.  Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris


6. Surat Pengunduran Diri Dari Bank



7. Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain misalkan anda mengundurkan diri dari sebuah klinik, karena anda sudah diterima di sebuah rumah sakit.


8. Surat Pengunduran Diri Jadi Operator Sekolah

Baca Juga : Daftar Sekolah Kedinasan Indonesia Terbaik Dan Gratis Serta Langsung Kerja


Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan dengan berbagai alasan, semoga contoh contoh diatas bisa membantu anda membuat surat yang benar. Jika ada alasan yang belum tercantum diatas bisa anda sesuaikan dengan menganti alasan yang ada. Untuk file Word dan PDFnya bisa anda download di link di bawah ini

File Word | File PDF.


EmoticonEmoticon