Rabu, 06 Februari 2019

7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bagi Tubuh

7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bagi Tubuh

Gula memang sudah menjadi kebutuhan kita dalam setiap harinya, kita akan mengkonsumsi gula  lewat makanan maupun minuman. Gula yang masuk ke dalam tubuh kita akan menjadi zat glukosa, yang mana zat tersebut akan disimpan dalam tubuh dan menjadi energi cadangan.

Namun, sekalipun gula dapat memberikan energi cadangan terhadap tubuh bukan berarti kita bebas mengkonsumsi dan tidak ada batasan jumlah dalam mengkonsumsinya.

Umumnya batas asupan gula bagi orang dewasa hanya 12 sendok teh gula dalam setiap harinya, sedangkan bagi anak yang usianya 2 - 18 tahun diasarankan untuk mengkonsumsi gula 6 sendok teh  dalam setiap harinya.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula justru akan memicu timbulnya efek negatif  dan akan membahayakan kesehatan terhadap tubuh. oleh sebab itu, konsumsilah gula dalam jumlah yang wajar. berikut beberapa dampak buruk yang terjadi terhadap tubuh yang diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi gula.

7 Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bagi Tubuh


1. Diabetes


Mengkonsumsi gula tidak hanya dihitung dengan kita mengkonsumsi gula murni saja, namun juga dihitung dengan jumlah makanan serta minuman manis yang kita konsumsi dalam setiap harinya. terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis akan memicu timbulnya diabetas yang tinggi gula.

Baca Juga : 5 Resep Minuman Alami Penghilang Racun Dalam Tubuh, Bisa Membersihkan Ginjal Juga

2. Tekanan Darah Tinggi


Biasanya kita selalu mendengar jika makanan asin yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi. namun tahukah anda jika terlalu banyak mengkonsumsi gula juga menjadi penyebab tingginya tekanan darah tiggi. mengkonsumsi gula hanya disarankan 50 gram dalam setiap harinya, jadi jangan sampai melebihi jumlah yang telah ditetukan.

3. Asam Urat


Tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi, ternyata mengkonsumsi gula berlebih juga akan memicu timbulnya asam urat. selain terlalu banyak makanan asin, asam urat juga dapat ditimbulkan dari metabolisme gula.

4. Obesitas


obesitas merupakan jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang terlebih bagi kaum hawa. dampak buruk dari mengkonsumsi gula berlebih selanjutnya adalah obesitas atau kegemukan. hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak lemak jahat yang menumpuk di badan.

Memang banyak makanan manis seperti permen, cokelat, kue dll. serta minuman manis yang sering banyak kita temui setiap harinya dan menggoda kita untuk selalu mengkonsumsinya, namun demi alasan kesehatan sebisa mungkin kita harus membatasinya.

Baca Juga : 10 Barang Yang Tidak Kalah Kotor Dari Toilet Yang Ada Di Rumah

5. Membuat Gigi Kropos


Kelebihan dalam mengkonsumsi gula ternyata tidak hanya membahayakan berbagai penyakit seperti asam urat dan diabetes saja, namun juga berdampak buruk terhadap kesehatan gigi. Terlalu banyak gula yang masuk ke alam mulut perlahan akan membuat gigi menjadi kropos, terlebih jika sebelum tidur kita tidak menyikatinya terlebih dahulu.

6. Penyakit Jantung


Mengkonsumsi gula berlebih dapat membuat terganggunya kerja organ jantung untuk memompa darah dan merangsang hati untuk membuang lemak ke aliran darah. kedua hal tersebut yang menjadi alasan mengapa mengkonsumsi gula berlebih akan berdampak buruk terhadap kesehatan jantung.

7. Resistensi Hormon Insulin


Fungsi hormon insulin adalah membantu makanan untuk menjadi energi dalam tubuh. Hormon insulin akan berfungsi dengan semestinya ketika kita mengkonsumsi gula dengan jumlah yang wajar atau yang telah disarankan oleh ahli kesehatan.

Namun jika kadar gula kita berlebih akan menimbulkan sensivitas produksi hormon berkurang dan berakibat pada glukosa yang menumpuk dalam darah. dan jika keadaan tersebut terjadi maka akan menimbulan cepat lelah, kelaparan dan tekanan darah tinggi.

Setelah kita membahas tentang bahaya yang akan timbul karena kelebihan kadar gula dalam tubuh, lalu bagaiman jika kita justru kekurangan kadar gula? kekurangan gula juga sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Kekurangan gula akan membuat sesorang menjadi lemas, pucat, sulit untuk berkonsentrasi, berkeringat, jantung berdebar, kejang, hingga meninggal. untuk itu, salah satu solusi yang paling tepat adalah kita harus lebih rajin dalam melakukan tes gula darah, tes ini dilakukan dengan tujuan untuk memonitor kadar gula dalam tubuh agar tidak keluar dari batas normal.

Demikianlah mengenai tentang damapak negatif kelebihan serta kekurangan gula pada tubuh. pastikan kadar gula dalam tubuh tidak keluar dari batas normal, agar kita kesehatan tetap terjaga. terima kasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon