Skip to main content

Hati Hati ! 2 Penyakit ini Bisa Picu Ibu Hamil Meninggal Karena Sesak Nafas


Masih ingat sama Film Eiffel I'm In Love  kan? tentunya jika masih ingat film itu, pasti juga mengingat artis yang terlibat dalam film tersebut. ya pemeran Uni dalam film itu yang memiliki nama asli Saphira Indah ini meninggal dunia pada Rabu kemarin (30/01/2019) disaat keadaan tengah hamil 6 bulan.

Selama kurang lebih lima hari dia sempat dirawat di rumah sakit karen akeluhan sesak nafas. Lalu apakah yang menyebabkan saphira sesak nafas hingga membawa usia tersebut ?

Menurut dr. Ivan Sini yang merupakan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. sesak nafas yang kerap dialami oleh ibu hamil lantaran beberap sebab. dan diatara penyebab tersebuta dalah penyumbatan pembuluh darah atau emboli paru yang mendadak serta permasalahan pada jantung.

Menurut Dokter Ivan Sini, ada berbagai macam penyebab sesak napas yang mendadak, bisa karena emboli paru atau karena adanya masalah jantung dan lain lain.

Keluhan keluhan tersebut biasanya terjadi saat kandungan sudah mulai besar yaitu ketika memasuki usia enam bulan keatas. dna hal ini jarang terjadi pada ibu hamil.

" pada usia kandungan enam bulan, memang jarang terjadi komplikasi seperti ini, tetapi bisa saja faktor lain yang menjadi resiko bagi ibu hamil yang dapat menyebabkan kewaspadaan terhadap potensial komplikasi tersebut " Ujar dr.Ivan

Komplikasi darah tinggi, pendarahan maupun infeksi merupakan penyakit yang biasa dialami oleh ibu hamil di indonesia. bahkan tidak sedikit diantara mereka yang mengalami penyakit tersebut menimbulkan kematian terhadap ibu hamil di indonesia.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Yang Bengkak Saat Hamil Tua

Rico Hidros Daeng, yang merupakan suami dari Almh. Saphira mengatakan sudah ikhlaskan kepergian istrinya yang sedang mengandung anaknya itu. kesedihan yang dirasakan tak mampu lagi dia tahan hingga akhirnya dia meneteskan air mata disaat terakhir perjumpaannya dengan sang istri di tempat peristirahatannya karena ini semua adalah takdir yang maha kuasa.

" Saya memang mencintai istri saya, tetapi Allah lebih sayangkan dia. Allah sudah bekehendak lain yang terbaik buat saya dan istri" Ucap Rico di kediamannya

Rico yang merupakan suami dari Saphira Indah, tak tahan menahan kesedihannya saat melantunkan adzan di dalam liang lahat istri tercintanya, saphira. 

Pada saat melantunkan adzan, rico sempat berhenti sejenak di tengah-tengah adzan lantaran sedihnya atas kepergian istrinya. suaranya berubah menjadi bergetar dan terbata bata kemudian tumpah air mata kesedihan yang sangat dalam. 

kejadian tersebut membuat orang orang disekitarnya menjadi ikutan sedih dan simpati terhadap rico yang begitu shock saat harus kehilangan orang yang dicintainya.

Menurut rico, selama proses kehamilan tidak ada gejala serius yang dialami saphira. dia hanya mengalami sesak nafas dan meriang saja. dan tidak ditangani seperti biasanya karena memang dia sedang hamil jadi yang dikhawatirkan adalah bayi dan ibunya. 

Lima hari dirawat dirumah sakit, tidak menyangka sekali kalau sesak ini akan membawa perpisahan selamanya buat kita. karena pada awalnya niat kita membawa kerumah sakit hanya untuk periksa meriang saja.

Setelah tiga hari dirumah sakit baru penyakitnya diketahui oleh dokter, dan tidak mungkin melakukan rontgen karena sedang dalam keadaan hamil.

Bahkan juga dikabarkan selama lima hari dirumah sakit kondisi saphira tempat tidka normal.

Memang Ibu hamil rentan sekali terkena penyakit komplikasi yang berhubungan dengan pernafasan. baik jantung ataupun sesak nafas.

Baca Juga : Berikut Daftar olah Raga Yang Aman Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Dikandungnya

Pada tahun 2002 telah dilakukan penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang sedang hamil lebih rentan resiko terkena infeksi pernafasan seperti pneumonia. dna resiko tersebut bisa bertambah jika wanita hamil tersebut mengalami anemia atau menderita asma.

Nah, untuk mengurangi resiko penyakit tersebut, ibu hamil sebaiknya menghindari  tempat-tempat yang sekiranya menyebabkan ibu hamil terganggu pernafasan. seperti ditempat keramaian yang berdasaka, atau mungkin seringnya menghirup asap rokok dan lainnya.

Selama kehamilan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang membuat ibu dan bayinya sehat serta dapat meningkatkan imun tubuh seperti sayuran hijau.

Disarankan juga bagi ibu hamil untuk banyak bergerak dan berjalan untuk mengurangi resiko emboli paru dna penyakit lainnya yang bisa saja menyerang ibu hamil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar