Kamis, 21 Februari 2019

Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Keracunan Dengan Mengkonsumsi 7 Jenis Makanan Ini

Akhir - akhir ini keracunan makanan memang kerap tejadi, terutama bagi anak yang masih duduk di bangku SD yang sering jajan sembarangan. Keracunan makanan memang menjadi momok yang menakutkan, karena siapa saja dapat mengalami hal tersebut baik itu orang dewasa, anak - anak, maupun bayi.

Hal tersebut tentu sangat mengerikan dan membahayakan bagi siapa saja yang mengalaminya. karenanya masalah ini sangat mebutuhkan perhatian khusus bagi orang tua agar si anak lebih berhati - hati dalam memilih makanan, dan menjaga kebersihan makanan untuk si bayi agar tidak tercampur dengan zat kimia yang mungkin dapat membahayakan bayi.

Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Keracunan Dengan Mengkonsumsi 7 Jenis Makanan Ini


Adapun akibat dari keracunan makanan diantaranya perut terasa mual, muntah - muntah, diare, tubuh kekurangan cairan hingga lemas tak benergi. Jika keracunan tersebut berada tingkat yang sangat serius dapat mengaibatkan kematian. Air kelapa merupakan penawar keracunan makanan yang sangat efektif,  karena air kelapa mempunyai beberapa kandungan yang akan membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh dengan cepat.

Nah, setelah racun berhasil dikeluarkan dari tubuh, tentu kondisi tubuh tidak akan kembali normal dengan cepat, untuk itu anda harus mengetahui daftar makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar keadaan  tubuh menjadi normal kembali. berikut beberapa makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kembalikan kesehatan tubuh pasca keracunan.

Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Keracunan Dengan Mengkonsumsi 7 Jenis Makanan Ini


1. Madu


Madu memilki kandungan gula alami yang muda dicerna oleh tubuh dan memilki kandungan vitamin dan mineral yang berfungsi untuk menggantikan kebutuhan elektrolit yang hilang dalam tubuh karena keracunan. tidak hanya itu saja, madu juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu memulihkan kesehatan tubuh dengan cepat pasca keracunan.

Baca Juga :

2. Minum air dalam jumlah banyak


umumnya orang keracunan akan mengalami dehidrasi, sehingga tubuh kekurangan cairan dan wajah menjadi lemas dan pucat. oleh sebab itu, disarankan untuk meminum air putih dalam jumlah banyak guna untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang dan keadaan tubuh akan menjadi normal kembali.

3. Pisang


pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung zat mineral dan sangat gampang untuk dicerna. karena kandunagan zat mineral tersebut pisang merupakan buah yang sangay baik jika dikonsumsi pasca keracunan, karena akan cepat mengembalikan tubuh pada kondisi normal


4. Minum larutan gula dan gara


Mencampurkan gula dan garam juga merupakn solusi yang sangat jitu untuk menngganti cairan dalam tubuh. caranya, siapkan air dalam gelas lalu campurkan gula dan garam secukupnya. konsumsilah agar kesehatan tubuh kembali seperti semula

5. Air jahe


Jahe memilki kadungan zat fitonutrien dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah keracunan. selain itu, jahe juga memiliki sensasi hangat yang tentunya sangat nyaman jika dikonsumsi pada saat tubuh dalam keadaan tidak normal.

6. Susu


Susu merupakan minuman yang rendah lemak yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi susu pasca keracunan akan sangat membantu mengembalikan sehatan tubuh untuk normal kembali.

Selain mengetahui beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah keracunan, kita juga harus mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh kita konsumsi agar proses menormlkan kondisi tubuh tidak sia - sia.

Berikut Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsmsi Pasca Keracunan.


1. Hindari makanan pedas


Setelah keracunan hidari dulu makanan pedas, karena hal tersebut hanya akan memperparah keadaan.

2. Kerang


Kerang mengandung kuman seperti bakteri, jadi jika tidak melalui prosese pemasakan yang baik akan rentan terjadinya keracunan. dan sebaiknya jangan dikonsumsi dulu pada saat pemulihan pasca keracunan.

3. Makanan tinggi lemak 


Mengkonsumsi makanan tinggi lemak pasca keracunan akan menyebabkan pengosongan pada perut, tentu hal tersebut hanya akan meperburuk keadaan tersebut.

Nah, bagaimana jika keracunan tersebut dialami oleh bayi? tentu hal tersebut merupakan hal yang sangat berat bagi orang tua. karena mengingat bayi belum bisa berbicara dan hanya mengekspresikannya dengan tangisan. Oleh sebab itu, dikesempatan kali ini kami akan membahas ciri - ciri serta obat bagi bayi yang keracunan.

Ciri - ciri bayi keracunan


Bayi yang keracunan biasanya akan lebih rewel dari biasanya, batuk, menangis tanpa sebab, bahkaan sampai diare dan mual - mual. dalam kondisi tersebut orang tua harus lebih peka dan segera memeriksakan anak pada dokter.

Selain menggunakan bahan alami untuk keracunan makanan anda juga dapat membeli obat yang tersedia di apotik seperti oralit (keracunan makanan), ultilox forte suspensi (keracunan kerang), norit ( keracunan makanan kadaluarsa). 

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang makanan yang harus dikonsumsi setelah keracunan, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon