Jumat, 22 Februari 2019

Waspadalah ! Inilah 10 Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Hewan Peliharaan

Waspadalah ! Inilah 10 Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Hewan Peliharaan

Bagi sebagian orang memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang sangat menyenangkan, dan dapat menjadi hiburan, apa lagi jika hewan tersebut telah jinak dan mematuhi apa yang kita perintahkan. Namun dibalik itu, kita harus menjaga hewan tersebut dengan baik, seperti memperhatikan makanannya dan  menjaga kebersihan serta kesehatan hewan. Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena jika hewan yang kita pelihara ternyata dalam keadaan tidak bersih dikhawatirkan akan teinfeksi virus, bakteri, jamur dan bukan tidak mungkin akan menular pada orang disekelilingnya.

Ada banyak jenis penyakit yang disebabkan hewan peliharaan terhadap manusia seperti rabies, flu burung, flu babi, malaria dll. dan beberapa penyakit tersebut akan sangat membahayakan bagi manusia.  penyakit tersebut dapat diakibatkan bagian dari hewan seperti kotoran, air liur, bulu dan kuku.

Selain hewan peliharaan ada juga penyakit yang diakibatkan oleh serangga seperti nyamuk. nyamuk yang dibiarkan berkeliaran di rumah akan menyebabkan penyakit yang cukup serius seperti demam berdarah dan malaria. Nyamuk memanglah binatang yang mempunyai tubuh kecil namun cukup berbahaya. menjaga kebersihan sangatlah penting, agar binatang pembawa penyakit tidak gampang masuk pada lingkungan kita. nah, diartikel kali ini kami akan megulas tentang penyakit yang diakibatkan oleh hewan peliharaan.

10 Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Hewan Peliharaan


1. Demam Kucing


Kucing merupakan binatang sangat lucu dan menggemaskan, jadi tidak heran jika kucing menjadi bianatang yang paling banyak dipelihara. Namun anda harus berhati - hati dengan cakaran dan gigitan kucing. bekas cakaran dan gigitan kucing akan mengakibatkan infeksi, yang akan menyebabkan sakit kepala, demam, nafsu makan berkurang hingga pembengkakan pada kalenjar getah bening.

2. Rabies


Jika anda memiliki binatang peliharaan pastikan binatang tersebut mendapatkan vaksin rabies guna untuk mencegah penularan virus saat menggigit. Rabies adalah penyakit virus yang ditularkan melalui gigitan terinfeksi dari hewan, seperti gigitan anjing, kelelawar, rubah dan rakun. gejala awal yang disebabkan oleh vuris rabies, memang hanya merupakan penyakit ringan seperti demam, sakit kepala, lemah. namun jika kondisi tersebut terus dibiarkan maka akan mengakibatkan kelumpuhan, kejang - kejang hingga kematian.

3. Demam Burung


Memperhatikan kebersihan dalam memelihara binatang merupakan faktor utama yang harus dilakukan, karena jika tidak, akan mengakibatkan penyakit seperti demam burung. demam burung adalah penyakit yang diakibatkan oleh kotoran burung yang menyebar pada orang diselilingnya. demam burung atau yang biasa dikenal dengan infeski psittacosis ini akan mengakibatkan kelelahan, batuk kering, dahak yang berdarah, demam, nyeri otot dan sesak nafas.

4. Penyakit lyme


Penyakit lyme merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan kutu yang hidup pada burung, rusa dan tikus. penyakit ini tergolong pada infeksi yang cukup ganas karena menyerang kekebalan tubuh hingga kelumpuhan.

5. Cacing Gelang


Cacing gelang merupakan penyakit yang dibawah oleh kotoran hewan, yang mana dalam kotoran hewan tersebut terdapat telur atau larva cacing. larva cacing akan masuk pada tubuh manusia melalui kulit dan mengakibatkan batuk, asma, demam, dan jika cacing tersebut masuk pada area mata maka akan menyebabkan kebutaan. oleh sebab itu, lakukan pembersihan terhadap kotoran hewan peliharaan dengan rutin agar kotoran tersebut tidak menumpuk yang pada akhirnya menyebabkan penyakit.

6.   Kurap


Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang berbentuk seperti cincin. selain dapat ditularka dari orang disekeling kita karena penggunaan barang yang sama seperti handuk, baju dan sabun, ternyata kurap juga dapat ditimbulkan oleh hewan peliharaan akibat kontak langsung terhadap hewan tersebut.

Baca Juga : 


7. Leptospirosis


 Leptospirosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh hewan peliharaan karena kontak dan minuman yang terkontaminasi bakteri. gejala awal pada manusia berupa sakit kepala, nyeri, demam, diare, nyeri perut dan demam. jika kondisi terdebut dibiarkan tanpa adanya langkah pengobatan, maka akan megakibatkan kerusakan pada ginjal, gangguan pernafasan hingga kematian.

8. Cacing Pita


Cacing pita merupakan cacing yang hidup pada tubuh manusia yang disebabkan mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang. cacing pita akan berasal dari daging yang terinfeksi seperti daging babi dan sapi. cacing pita akan hidup pada usus manusia dan berkembang, cacing ini mampu hidup dalam tubuh manusia dengan waktu yang cukup lama.

9. Toksoplasmosis


Toksoplasmosis gondi merupakan protozoa yang menginfeksi hewan kucing. manusia dapat tertular bakteri ini melalui kontak langsung dengan kotoran kucing atau dengan mengkonsumsi daging setengah matang. bakteri ini akan menyerang bagian otot dan otak manusia.

10. Cacing Tambang


Cacing tambang terdapat pada kotoran anjing dan kucing. manusia akan terinfeksi oleh cacing tambang jika berjalan diatas tanah yang terkontaminasi oleh kotoran anjing dan kucing tanpa menggunakan alas. infeksi cacing tambang akan mengakibatkan infeksi pada kulit yang disertai dengan rasa gatal dan menyakitkan.

Dengan kita mengetahui beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh hewan peliharaan, tentu hal tersebut akan sangat membantu kita untuk lebih berhati - hati dan lebih memperhatikan hewan yang kita pelihara. Pesan dari kami jangan sampai hewan peliharaan yang  seharusnya menjadi penyemangat untuk hari - hari kita malah berbalik menjadi bencana yang tidak pernah kita duga sebelumnya.


EmoticonEmoticon