Skip to main content

10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

Beritabawean.com - Flu adalah penyakit pernafasan yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut akan mudah menular pada orang disekelilingnya lewat bersin dan batuk dari orang yang terinfeksinya. Seseorang yang mengalami flu biasanya disertai pilek dan batuk. Selain itu, flu juga dapat menyebabkan seseorang menjadi lemah, kepala pusing, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot dan mata berair.

10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

Sekalipun penyakit ini tidak tergolong pada penyakit serius, dan akan sembuh dengan sendirinya, namun gejala yang disebabkan akan sangat mengganggu aktivitas kita. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar virus tidak gampang masuk ke dalam tubuh.

Cara menyembuhkan flu secara alami memang kerap kali dilakukan oleh sebagian orang, karena menurut mereka cara tersebut merupakan cara menyembuhkan flu dan pilek dengan cepat tanpa obat. Melakukan pengobatan secara alami dapat anda lakukan dengan menggunakan bahan - bahan yang telah tersedia di rumah seperti garam dan jahe. Dan berikut beberapa cara trasdisional yang sangat ampuh untuk menyembuhan pilek dan hidung tersumbat.

Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat


1. Mengkonsumsi Minuman Hangat


Ketika kita mengalami flu, maka akan terjadi peningkatan produksi lendir dan sinus di saluran hidung, hal tersebut yang menyebabkan kita kesulitan untuk bernafas karena mengalami peyumbatan pada saluran hidung. Untuk mengencerkan lendir tersebut, kita dapat mengkonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe, air jeruk hangat dan air teh hangat. Disamping dapat mengencerkan lendir, minuman hangat juga dapat melegakan tenggorokan serta mencegah dehidrasi. mengkonsumsi air hangat merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan flu sekalipun flu yang berkepanjangan.

Baca Juga : 8 Resep Herbal yang Terbukti Ampuh Mengobati Penyakit Sering Pingsan

2. Mengkonsumsi Sup Ayam


Selain minuman hangat, supa ayam juga menjadi solusi untuk menghilangkan flu. Sup ayam hangat akan membantu melancarkan saluran pernafasan dan kaldunya akan memberikan kita lebih banyak energi, sehingga tubuh akan menjadi fit kembali karena kaldu ayam banyak mengandung asam amino antiinflamasi yang bisa menambah kekebalan tubuh dari berbagai virus.

3. Berkumur Denga Air Garam


Berkumur dengan mencampurkan air dan garam dapat membantu menyinkirkan lendir tebal dan virus penyebab flu yang berada di belakang tenggorokan. Lakukan pengobatan ini ketika tenggorokan anda sudah mulai merasa sakit. Cara ini juga dapat membantu memudahkan telinga yang tersumbat. Terapi ini merupakan obat tradisional bagi orang dewasa. Takarannya adalah 1/4 atau 1/2 sendok garam di campur dengan 1 gelas air hangat dan lakukan pengobatan alami 2x sehari.

4. Mengkonsumsi Madu


Madu merupakan bahan alami untuk mengatasi flu. Disamping itu, madu juga merupakan sirup alami untuk anak yang mengalami flu atau pilek. Karena rasanya yang manis, madu sangat disukai oleh anak. Jika anda bingung untuk mengatasi pilek pada anak yang baru berusia 1 tahun atau lebih, sebaiknya rutinlah memberikan madu, terutama pada saat menjelang tidur karena akan membuat anak lebih nyenyak tidur dan kekebalan anak juga akan meningkaty.

5. Menghirup Uap Panas


Menghirup uap panas juga merupakan cara jitu untuk mengatasi flu. Bernapas dalam uapan air panas akan dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. caranya, tuangkan air mendidih ke dalam wadah, setelah itu hirup secara perlahan uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut. Dengan demikian lendir yang menyumbat di saluran hidung akan cepat mencair.

6. Mandi Air Hangat


Ketika flu melanda, usahakan tubuh anda selalu dalam kondisi hangat. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi hangat, mandilah dengan menggunakan air hangat dan jangan sekali - kali mengkonsumsi minuman dingin, karena hal tersebut hanya akan memperparah flu.

7. Banyak Minum Air Putih


Selain untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi, air putih juga berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dari kuman dan bakteri yang akan menjadi penyebab flu. kita dianjurkan mengkonsumsi air putih 8 gelas atau setara 2 liter dalam setiap harinya.

8. Istirahat


Istirahat sangat penting dilakukan terutama bagi mereka yang mempunyai seguudang aktivitas dalam setiap harinya. Istirahat berfungsi untuk mengumpulkan energi untuk melawan virus yang akan masuk ke dalam tibuh. Dengan kita mengatur jam istirahat maka kekebalan tubuh juga akan meningkat dan virus tidak gampang masuk ke dalam tubuh.

9. Minum Jahe Hangat


Jahe merupakan bahan alami yang mengandung inflamasi dan anti bakteri, oleh karenya banyak syrup obat batuk dan flu yang berbahan dasar jahe. Bahan alami ini juga biasa digunakan sebagai pelega tenggorokan dan memperlancar saluran pencernaan.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Pusing dan Sakit Kepala Saat Kehujanan

10. Mengkonsumsi Bawang Putih


Bawang putih juga termasuk bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbgai penyakit dalam tubuh. Bawang putih mengandung antioksidan kuat dengan sifat antimikroba, antivirus dan antibiotik. Kandungan yang ada pada bawang putih dipercaya bisa mengatasi masuk angin dan flu. Cara pengobatannya yaitu dengan merebus bawang putih dan minumlah dalam keadaan masih hangat.

Flu dan pilek memang tidak dapat disembukan dalam semalam maupun dalam sehari, namun cara alami tersebut akan sangat membantu anda untuk menyembuhkan flu dengan cepat. Jika anda atau anak mengalami flu jangan terburu - buru mengkonsumsi obat, atasi dulu dengan cara yang alami. Dan jika flu tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang lama dan sudah melakukan berbagai upaya untuk penyembuhannya, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar