Rabu, 20 Maret 2019

7 Penderita Penyakit Ini Dilarang Mengkonsumsi Air Kelapa

Beritabawean.com - Air kelapa merupakan minuman alami yang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara manfaat air kelapa adalah dapat menggantikan cairan dalam tubuh dan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga dikenal sebagai minuman yang kaya akan nutrisi, hal tersebut disebabkan karena air kelapa mengandung kalium, magnesium, protein dan elektrolit.

7 Penderita Penyakit Ini Dilarang Mengkonsumsi Air Kelapa

Waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi air kelapa hijau maupun air kelapa biasa adalah pada waktu pagi hari, karena baik untuk pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Selain waktu pagi, air kelapa juga baik jika dikonsumsi pada malam hari karena dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Jadi, air kelapa muda maupun air kelapa tua sangat baik jika dikonsumsi setiap hari.

Sekalipun air kelapa mengandung banyak manfaat, namun pada nyatanya ada beberapa penyakit yang tidak direkomendasikan untuk minum air kelapa. Oleh sebab itu, kita juga harus lebih berhati - hati dalam mengkonsumsi air kelapa, karena air kelapa juga mempunyai efek samping yang justru dapat membahayakan bagi kesehatan.

Kondisi yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi air kelapa adalah kondisi dimana seseorang tersebut sedang menderita beberapa penyakit yang memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa, karena ada beberapa kandungan air kelapa yang justru bertentangan dengan penyakit tersebut.

7 Penderita Penyakit Ini Dilarang Mengkonsumsi Air Kelapa


1. Diabetes


Salah satu penyebab dari diabetes adalah kelebihana kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes tidak rekomendasikan untuk mengkonsumsi air kelapa, karena air kelapa mempunyai rasa manis dan kaya akan kandungan karbohidrat dan kalori. Jika penderita diabetes mengkonsumsi air kelapa maka hanya akan menigkatkatkan kadar gula dalam tubuh.

2. Gangguan Ginjal


Air kelapa merupakan minuman alami yang mengandung beberapa nutrisi seperti elektrolit dan kalium yang cukup tinggi. Untuk penderita gangguan ginjal tidak disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa karena kandungan kedua zat tersebut. Bagi penderita gangguan ginjal, Kedua zat yang terkandung pada air kelapa tersebut akan mengakibatkan hyperkalemia di dalam darah, dan kemungkinan terburuknaya adalah dapat menyebabkan komplikasi.

Baca Juga : 10 Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Meminum Air Kelapa

3. Iritasi Usus


Bagi penderita iritasi usus sangat tidak disarankan untuk mengkonsusmsi air kelapa, karena air kelapa merupakan pencahar yang dapat menginduksi gerakan usus. Jika anda mengkonsumsi air kelapa pada saat anda menderita iritasi usus maka akan menyebabkan diare dan badan akan menjadi lemas.

4. Hipertensi


Banyak orang yang percaya jika air kelapa merupakan minuman yang dapat menurunkan kadar gula dan dapat membantu orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pada nyatanya air kelapa dapat menyebabkan tekanan darah menjadi sangat rendah, bahkan pada kondisi tidak normal. jadi, air kelapa tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi. Jika anda ingin mengkonsumsi air kelapa pada saat menderita hipertensi sebaiknya jangan mengkonsumsi secara berlebihan.

5. Alergi Kacang - Kacangan


Air kelapa tergolong pada pohon kacang atau biasa dikenal dengan istilah tree nut. Nah bagi anda yag menderita alergi kacang - kacangan hindari mengkonsumsi air kelapa. Karena langkah yang paling efektif untuk menghindari alergi yaitu dengan cara menghindari sumber alerginya. 

6. Tidak Baik Untuk Ibu Hamil


Air kelapa dapat menyebabkan asam lambung. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan bagi ibu hamil terlebih jika usia kandungannya masih terbilang masih muda untuk mengkonsumsi air kelapa, karena hal tersebut akan mengakibatkan rasa mual yang berlebih dan menimbulkan kondisi janin yang tidak baik.

7. Penderita Jantung


Kandungan elektrolit dan kalium pada air kelapa tidak hanya memberikan dampak buruk pada penderita gangguan ginjal saja, namun kondisi tersebut juga sangat berbahaya pada seseorang yang sedang menderita penyakit jantung.

Baca Juga : 10 Makanan Yang Terbukti Ampuh Dapat Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Sejatinya segala yang ada di muka bumi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, tak terkecuali maakanan dan minuman. Jika selama ini kita hanya mengenal air kelapa sebagai minuman yang dapat menghilangkan dahaga dan mengandung banyak nutrisi, namun pada nyatanya ada beberapa kondisi yang justru berbahaya jika mengkonsumsinya. Saran dari kami kenali dulu kondisi tubuhmu dengan baik agar tidak membayakan.


EmoticonEmoticon