Selasa, 19 Maret 2019

7 Permainan Yang Dapat Mengasah Otak Anak

Beritabawean.com - Usia balita (golden period) merupakan masa - masa dimana otak si anak sedang berkembang dengan pesat. dan pada masa tersebut adalah saat yang paling tepat untuk memberikan stimulasi positif terhadap anak, agar otak anak dapat bekerja dan berproses secara positif. Untuk menstimulasi si kecil tentu dengan menggunakan cara yang sesuai dengan dunianya, yaitu bermain.

7 Permainan Yang Dapat Mengasah Otak Anak


Bermain bukan hanya sekedar aktivitas yang menyenangkan yang dapat menghibur si kecil, namun lebih dari itu bermain juga dapat melatih perkembangan fisik dan juga otak. Dalam melakukan permainan anda dapat memafaatkan bermain sebagai media edukasi, seperti memecahkan masalah, mengasah logika serta melatihnya untuk lebih disiplin dan sabar. Namun, sebagai orag tua anda juga harus selektif dalam memilih permainan.

Permainan yang dapat mengasah otak anak merupakan permainan yang dapat melatih otak anak untuk memecahkan suatu masalah dan mempertajam daya ingat, karena tidak semua permainan mempuyai dampak positif terhadap perkembangan otak anak. Nah, jika mom bingung untuk memilih permainan yang dapat merangsang otak anak, berikut dibawah ini merupakan permainan yang dapat mengasah otak kanan dan kiri si kecil.

7 Permainan Yang Dapat Mengasah Otak Anak


1. Rubik




Rubik merupakan permainan yang dapat melatih kecerdasan otak anak, melatih kesabaran dan memperkuat daya ingat. rubik berupa kotak kecil, yang mana pada kotak kecil tersebut mempunyai 27 bagian dan berbeda warna. Untuk menyelesaikan permainan ini, harus dapat menyamakan warna disetiap sisinya. permainan ini juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. rubik sangat cocok dimainkan pada anak yang berusia 2 tahun.

Baca Juga : 6 Mainan Yang Bisa Menambah Kecerdasan Bayi Yang Harus Dimiliki

2. Congklak





Congklak merupakan permainan tradisional yang dapat mengasah otak anak. Dalam permainan congklak dibutuhkan strategi yang cukup jitu serta konsentrasi penuh untuk membuat biji kerang yang berada di ujung papan lebih banyak dibandingkan dengan biji kerang milik lawan. Sekalipun permainan congklak merupakan permainan tradisional, namun manfaatnya tidak boleh diremehkan.

3. Puzzle





Permainan ini dumulai dengan mengatur serta menyusun potongan - potongan puzzle agar dapat menyatu dan membentuk suatu gambar. Permainan ini membutuhkan kreativitas dan nalar untuk menyelesaikannya. Manfaat dari pemainan ini adalah untuk melatih daya ingat agar tetap tajam. Puzzle juga merupakan permainan game yang dapat mengasah otak balita.

4. Teka - Teki Silang




Teka - teki merupakan permainan yang tak lekang oleh zaman. sekalipun pada zaman modern sekarang ini, banyak bermunculan permainan baru, namun nyatanya masih banyak peminat dari permainan ini. Permainan teka - teki cukup banyak mendatangkan manfaat seperti memperluas wawasan dan melatih untuk berpikir lebih cepat. Permainan ini merupakan mainan mengasah otak yang tidak hanya dapat dimainkan oleh anak - anak namun juga untuk orang dewasa.

5. Building block




Permainan building block hampir sama dengna permainan puzzle yaitu sama - sama menyusun potongan agar menghasilkan kreasi yang indah, yang membedakannya adalah jika permainan puzzle bertujuan untuk membentuk gambar, sedangkan building block belajar untuk menghasilkan bangunan. Permainan ini bermanfaat untuk melatih otak kanan dan kiri serta memperluas imajinasi.


6. Game Scribblenauts




Jika anda memainkan game jenis ini, anda akan dihadapkan dengan sederet masalah yang harus diselesaikan. Game scribblenauts merupakan game yang dapat mengasah logika dan imajinasi. Walaupun untuk memainkan game tidak gratis, tapi jika manfaatnya untuk mencerdaskan otak si kecil, tentu uang bukanlah masalah.

Baca Juga : 10 Cara Mengajari Anak Agar Cepat Membaca Dan Menulis

7. Catur




Catur merupakan permainan yang sangat femiliar. Permainan ini sangat membutuhkan konsentrasi, mengembangkan imajinasi, dan melatih dalam mengambil keputusan yang tepat. Pada zaman sekarang ini, catur tidak hanya dapat dimainkan dengan alat yang biasa untuk memainkannya, namun juga dapat dimainkan dengan menggunakan smartphone


EmoticonEmoticon