Skip to main content

Cara Head Cleaning Printer Epson Hasil Cetak Putus Putus dan Bergaris

Beritabawean.com - Jika anda memiliki printer epson dan hasil cetak putus putus, pudar atau bergaris mungkin masalahnya sedang terjadi penyumbatan head printer anda. Kita tahu bahwa sangat banyak sekali debu yang mungkin masuk pada printer anda yang kemudian mengganggu kerja head printer. Anda tidak perlu panik karena masalah ini biasa terjadi pada semua printer. Yang perlu anda lakukan hanya melakukan pembersihan pada head cartridge printer anda saja dengan melakukan Head Cleaning.

Cara Head Cleaning Printer Epson Hasil Cetak Putus Putus dan Bergaris

Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh bagaimana cara melakukan cleaning pada printer epson anda kami perlu menjelaskan apa saja yang bisa menjadi penyebab tersumbatnya head printer sehingga menyebabkan hal demikian.

Penyebab Printer Hasil Cetak Putus Putus Dan Bergaris


1. Debu


Debu bisa saja menjadi masalah bagi perangkat cetak anda. Memang hal ini tidak bisa anda hindari karena debu akan hinggap di berbagai tempat, yang bisa anda lakukan adalah melakukan pembersihan printer dengan rutin. Jika sudah melakukan pemakaian sebaiknya tutuplah printer dengan kain atau dengan bahan penutup lainnya untuk meminimalisir masuknya debu ke dalam printer.

2. Tinta Kering


Tinta kering umumnya terjadi karena printer jarang di gunakan sehingga tinta yang ada pada ujung head mengental dan menyumbat, untuk itu hidupkan printer setiap hari agar sirkulasi tinta tetap berjalan lancar dan tidak mengental atau jika perlu anda bisa melakukan print walau hanya pada kertas kosong saja.

3. Tinta Habis


Tinta habis juga bisa menjadi penyebab hasil print bergaris atau putus putus, silahkan lakukan pengecekan tinta anda secara berkala. Saat ini sangat mudah melihat kondisi tinta karena hampir semua printer saat ini sudah disertai tabung tinta diluar atau yang lebih dikenal dengan infus.

4. Head Cartridge Rusak


Kalau ini masalahnya anda tidak bisa berbuat banyak selain mengganti cartridge printer anda. Karena sangat jarang sekali orang yang bisa memperbaiki masalah ini. Head Cartridge merupakan alat yang paling utama untuk menuangkan tinta ke lembaran kertas jika ini rusak sama saja printer tidak bisa digunakan. Penyebab rusaknya komponen penting ini bisa karena head terlalu di forsir atau mencetak pada permukaan yang kasar. Untuk menghindari masalah ini cetaklah dokumen anda secara jangan sekaligus misalkan 5 lembar atau 10 lembar setelah itu baru mencetak lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Epson L360 service required atau Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Cara Head Cleaning Printer Epson Hasil Cetak Putus Putus dan Bergaris


Nah jika anda mengalami masalah hasil cetakan yang tidak sesuai dengan gambar sebaiknya anda melakukan perbaikan sendiri terlebih dahulu dengan melakukan head cleaning terlebih dahulu. Fasilitas ini sudah di tersedia dalam properties setiap printer pada semua merk epson seperti L360, L120 dan type type yang lainnya. Tidak hanya printer epson tapi canon juga menyediakan faslitas ini pada propertise printer merek.

Pada tutorial ini kami mempraktekkannya menggunakan printer epson L310 namun type yang lainnya juga bisa melakukan hal yang sama. Tutorial ini juga bisa diterapkan di semua versi windows, 7, 8 maupun windows 10. Berikut langkah langkahnya.

1. Silahkan lakukan mencetak dengan menekan Ctrl + P
2. Kemudian pilih printernya dan klik propertise



3. Lalu klik tab Maintenance dan Pilih Head Cleaning




4. Lalu klik Start dan proses Head Cleaningnya sudah berjalan yang ditandai dengan munculnya gerakan pada printer, jika sudah selesai klik Finish, jika hasilnya belum maksimal anda bisa melakukannya berkali kali.


Baca Juga : 5 Printer Inkjet Terbaik Dan Terbaru 2019 Untuk Usaha Dan Kantor

Head cleaning ini bisa nada terapkan pada masalah yang terjadi diatas nomer 1, 2 dan 3. Untuk msalah nomer 2 tinta kering jika dengan melakukan head cleaning berkali kali namun hasilnya tetap belum maksimalnya atau tintanya tidak keluar silahkan rendam dengan air hangat atau spirtus pada bagian head perinternya untuk mencairkan tinta yang kering. Semoga tutorial kali ini bermanfaat buat anda yang mengalami problem ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar