Minggu, 24 Maret 2019

Cara Memunculkan Keyboard Arab Di Laptop Dengan Mudah

Beritabawean.com - Mengetik dalam bahasa Arab bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa, walaupun anda sudah hafal dan terbiasa mengetik dalam bahasa Indonesia belum tentu anda juga mahir dalam mengetik bahasa Arab, karena adanya perbedaan posisi keybord. Namun bagi yang sudah terbiasa hal ini bukanlah perkara yang sulit bahkan layaknya mengetik menggunakan bahasa Indonesia.



Jika anda termasuk orang yang tidak terbiasa mengetik menggunakan bahasa Arab tentunya anda memerlukan bantuan tampilan keybord di layar monitor laptop anda. Jika tanpa bantuan seperti itu dijamin anda akan lama dalam mengetik, bahkan anda akan berkali kali salah dalam menekan huruf. Lalu bagaimana caranya memunculkan keyboard dalam bentuk bahasa Arab? Nah pada postingan kali ini kami akan mengajarkan anda bagaimana menampilkannya.

Secara default bahasa yang digunakan pada laptop menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Penggunaan dua bahasa ini tidak ada perbedaan pada tampilan keybord. Namun jika anda menggunakan beberapa bahasa yang berbeda dari abjad dan huruf tentunya akan juga berbeda pada keyboard. Jadi untuk bisa menggunakan dalam bahasa Arab anda harus mengubah dulu keybord yang ada ke dalam bahasa Arab. anda tidak perlu untuk mendownload aplikasi keyboard tambahan karena sudah tersedia pada windows tinggal anda rubah settingan bahasanya saja.

Cara Merubah Keybord Dalam Bahasa Arab


Pada tutorial ini kami menggunkan windows 7, namun tutorial ini bisa anda gunakan juga dalam berbagai versi windows yang anda pakai. Berikut langkah langkah dalam merubah keybord ke dalam berbagai bahasa.

1. Buka Control Panel Melalui Start




2. Kemudian pilih Clock, Language dan Region, kemdian pilih di bawahnya Change Keyboard Or Other Input Methods



3. Pada tampilan Region And Language pilih Tab Keybord And Language lalu klik tombol Change Keybord 



4. kemudian pilih Add untuk menambah keybord


5. Pilih Arabic Saudi Arabiyah dan centang Arabic 101 lalu klik OK maka keybord anda sudah bisa menampilkan bisa dirubah dalam bahasa Arab



Untuk pengguna windows 8 dan windows 10 silahkan ikuti langkah berikut :

1. Klik Start dan pilih Control Panel
2. Pada menu Clock, Language dan Region pilih Add a language 
3. Kemudian pada tampilan Change Your Language Reference silahkan anda klik add a language kemudian pilih Arabic selanjutnya pilih Saudi Arabia kemudian klik Add pada bagian bawah.

Baca Juga : Cara Screenshoot Di Semua Merek Laptop Dan Versi Windows

Memunculkan Keyboard Arab Di Laptop


Windows 7


Bagi anda yang menggunakan windows 7 silahkan ikuti panduan ini untuk memunculkan keybord
1. Klik Start lalu pilih All Program
2. Lalu pilih Accesories kemudian pilih Easy Off Acces
3. Kemudian pilih On-Screen Keybord, setelah tampil silahkan and tekan keybord Shift + Alt untuh merubah ke bahasa Arab

Windows 10


Untuk mempercepat menampilkan keybord silahkan anda klik kanan pada taskbar kemudian klik " Show touch keyboard button" maka anda akan melihat icon keybord pada sebelah kanan pada taskbar, untuk menampilkan silahkan klik icon tersebut untuk mengubahnya ke dalam bahasa arab caranya sama dengan menggunakan windows 7.

Baca Juga : Cara Membuat Bootable Flashdisk Semua Versi Windows Paling Mudah

Windows 8

Untuk windows 8 caranya hampir sama dengan cara windows 10 yaitu dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih Toolbar lalu pilih Touch Keyboard, untuk menampilkan silahkan anda klik icon keybord pada sebelah kanan taskbar



Demikian tutorial tentang cara menampilkan keyboard di layar monitor anda, caranya tidak sulit apalagi buat anda yang sudah terbiasa menggunakan komputer atau laptop semoga panduan ini bermanfaat bagi anda, jika ada pertanyaan terkait ini bisa anda tanyakan di komentar.


EmoticonEmoticon