Kamis, 28 Maret 2019

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Lampu Kertas Dan Tinta Berkedip Bergantian Dan Bersamaan

Beritabawean.com - Printer Epson L310 merupakan salah satu printer yang saya rekomendasikan untuk anda yang membuat usaha percetakan, printer ini dikenal printer awet dan bandel. Walaupun terkenal dengan printer yang awet bukan berarti printer Epson L310 tidak pernah mengalami masalah. Yang namanya barang elektronik sewaktu waktu bisa mengalami error. Kita tidak bisa mempredeksi kapan hal itu akan terjadi. Misalkan waktu kita mencetak dokumen printer kita mengalami masalah, tiba tiba lampu kertas dan tinta berkedip baik itu bergantian maupun bersamaan. dengan warning tampilan pada layar monitor " Service Required " .

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Lampu Kertas Dan Tinta Berkedip Bergantian Dan Bersamaan


Jika anda mengalami masalah ini anda tidak perlu bingung karena masalah ini bisa anda pecahkan dengan cara yang akan kami bagikan pada artikel kali ini. Hal ini umum  terjadi pada printer Epson dan rata rata masalahnya bisa diatasi dengan memperaktekkan solusi yang kami berikan. Tinggal anda ikuti langkah demi langkah maka masalah tersebut bisa selesai.

Cara Mengatasi Printer Epson L310 Lampu Kertas Dan Tinta Berkedip


Solusi jika berkedipnya bergantian

Untuk printer epson L310 yang berkedip bergantian dengan warning Service Required bukan masalah yang serius, tidak perlu membawa printer anda ke tempat service atau membongkarnya. Anda hanya perlu meresetnya saja dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan resetter. Hampir semua type printer epson sudah tersedia resetternya anda bisa mencari di internet, banyak website yang menyediakan aplikasi yang bisa anda download secara gratis. Demikian juga dengan resetter epson L310 aplikasinya bisa anda download di sini.

Baca Juga : 5 Printer Paling Awet Dan Bagus Untuk Usaha Terbukti Tahan Banting !

Setelah anda mendownloadnya silahkan jalankan aplikasi tersebut untuk mereset printernya, caranya :
1. Silahkan anda hidupkan printernya terlebih dahulu
2. Hubungkan printernya ke komputer atau laptop
3. Jalankan aplikasinya Epson Ajdusment Program
4. Lalu pilih select untuk memilih printer yang akan anda reset



5. Untuk portnya tidak ada rubah biarkan Auto Selection saja
6. Lalu pilih Particular Adjustment Mode


7. Lalu pilih Waste Ink Pad Counter, pada tampilan ini di bagian Chek & Anitialization pada bagian Pad Ink Counter silahkan centang klik Initializen lalu klik Chek


8. Setelah melakukannya akan ada pesan untuk mematikan printer anda dengan menekan tombol power, silahkan matikan dan hidupkan kembali maka masalahnya sudah selesai.



Solusi jika berkedipnya bersamaan

Untuk mengatasi masalah ini sedikit rumit dan anda perlu sedikit mengetahui cara service alat elektronik atau sudah pernah memperbaiki printer sebelumnya, jika anda tidak mampu untuk itu silahkan bawa printer anda ketempat service karena kode error ini disebabkan karena masalah sensor encoder yang kotor maupun rusak. Untuk memperbaikinya anda perlu membuka casing dari printer L310 anda. Pada printer epson type ini sensor encoder berada pada sebelah kiri bawah.


Yang perlu anda coba terlebih dahulu adalah dengan membersihkan sensor encodernya ini, mungkin debu atau tinta menutupi sensor ini dan membuat error. Bersihkan pada gilingan yang warna putih dengan tisu yag bersih. Setelah itu silahkan test apakah lampu kertas dan tinta sudah tidak berkedip lagi. Jika iya berarti printer anda sudah normal kembali.

Namun jika masalahnya belum teratasi mungkin saja sensor ini telah rusak silahkan anda coba untuk menggantinya dengan yang baru. Namun setelah anda ganti dengan yang baru namun juga masih blinking mungkin masahnya terjadi pada bagian mekanik yang lainnya. Akan tetapi masalah ini biasanya bisa selesai setelah memperbaiki sensor encodernya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Epson L360 service required atau Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Nah itulah cara mengatasi problem yang terjadi pada printer Espson L310 lampu kertas dan tinta berkedip bergantian maupun berkedip bersamaan, semoga postingan ini bisa menjadi solusi masalah anda. Aturlah penggunaan printer anda dengan sebaik baiknya agar printer anda tetap awet dan tahan lama.


EmoticonEmoticon