Kamis, 14 Maret 2019

Cara Menghubungkan Handphone Ke Jaringan Lokal (LAN) Via Wifi

Handphone merupakan teknologi paling praktis saat ini. Terlebih dengan hadirnya handphone pintar (Smarthone) banyak pekerjaan yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer kini semuanya hampir sudah bisa dilakukan dengan menggunakan handphone saja. Semua fitur dan aplikasi yang dulunya hanya terdapat di komputer kini semuanya sudah lengkap ada di dalam genggaman anda salah satunya perangkat koneksi nirkabel untuk menghubungkan ke berbagai perangkat lain.

Ada 2 koneksi nirkabel yang tersedia hampir semua hanphone saat ini yaitu bluethooth dan wifi, dengan 2 koneksi ini anda sudah bisa melakukan banyak hal utamanya yang berkaitan dengan jaringan mengirim berbagai file dan sebagainya. Mungkin dari kedua 2 perangkat ini yang paling banyak digunakan adalah adalah fitur wifi.

Saat ini mungkin anda hanya menggunakannya hanya keperluan untuk mengkoneksikan dengan jaringan wifi untuk mengkses internet namun tahukah anda bahwa hanphone dengan perangkat ini anda sudah bisa mengirim berbagai file ke sesama perangkat maupun ke komputer atau laptop, anda juga bisa mencetak langsung dari hanphone anda ke printer selain itu anda juga bisa dihubungkan dengan jaringan lokal atau LAN.

Biasanya perangkat handphone dikoneksikan ke jaringan lokal karena berbagai hal. Untuk menguji sebuah sistem atau aplikasi atau kekurangan perangkat untuk jaringan anda. Contohnya dalam pelaksanaa berbagai ujian online sebagaimana yang diterapkan pemerintah saat ini ke sekolah sekolah. Ujian online saat ini sudah diterapkan hampir kesemua jenjang pendidikan baik SD, SMP maupun SMA.

Baca Juga : Cara Masuk Safe Mode Paling Mudah Disemua Merk Laptop Dan Semua Versi Windows

Namun sayangnya tidak semua sekolah memiliki perangkat yang memadai mengingat harganya perangkat utama yaitu komputer dan laptop masih mahal. Nah jika itu terjadi mungkin anda bisa menggunakan sebagian perangkat ujian anda menggunakan handphone. Karena kalau perangkat ini sangat mudah didapat hampir semua siswa memiliki handphone. Jika ini menjadi solusi bagi sekolah anda silahkan anda ikutin panduan di bawah untuk menghubungkan perngkat handphone ke jaringan lokal anda.

1. Silahkan anda sediakan wireless routher/modem wifi, kemudian setting modem anda pada bagian WLAN untuk mengganti nama dan memberi password
2. Hubungkan wireless routher ke swich pada jaringan lokal anda menggunakan kabel jaringan


3. Koneksikan handphone anda ke wifi routher tersebut dengan langkah langkah berikut.
Buka settingan hanphone anda

  • Pilih jaringan wifi routher LAN 

  • Masukkan password
  • Centang Show Advance Option
  • Dan pada IP settings dan pilih static

  • Lalu masukkan IP jaringan anda
  • Dan selamat anda sudah bisa konek ke jaringan anda


Setingan hanphone di atas adalah untuk perngkat handphone merk Samasung jika anda menggunakan handphone dengan merk lain mungkin settingannya sedikit berbeda, seperti HP Oppo gathewaynya sama Subnet Masknya harus diisi. Jika anda mengalami kesulitan silahkan komentar di bawah.


EmoticonEmoticon