Sabtu, 09 Maret 2019

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah (Migrain) Secara Alami

Sakit kepala sebelah (migrain) sangat umum terjadi dan dapat terjadi secara tiba - tiba. Rasa sakit biasanya akan berkurang setelah berlangsung  satu jam atau bahkan sampai beberapa hari. Migrain dapat menyebabkan tubuh seeorang menjadi lemah dan tubuh terasa seperti bergoyang -  goyang. Selain itu, migrain juga dapat meyebabkan seseorang mengalami mual - muntah dan sensasi kepala berputar dan berkunang - kunang.

Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan biasanya diatasi dengan mengkonsumsi obat yang telah tersedia di apotek atau dengan menggunakan resep dari dokter. Namun kebiasaan tersebut akan membuat kita menjadi ketergantungan terhadap obat dan hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan.

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah (Migrain) Secara Alami


Cara lain mengobati migrain yaitu dengan menggunakan bahan alami. Dengan anda memanfaatkan beberapa tanaman obat dan membiasakan untuk beristirahat yang cukup maka dapat menyembuhkan sakit kepala secara terus menerus.

Bahan alami yang digunakan untuk menyembuhkan migrain sebenarnya sudah tersedi di rumah, karena kebanyakan dari obat tesebut adalah bahan masakan. Berikut beberapa ramuan tradisional yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah kanan yang berkepanjangan.

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah (Migrain) Secara Alami


1. Jahe


Jahe merupakan bahan rempa yang apabila mengkonsumsinya dapat menyebabkan sensasi hangat pada tubuh. Oleh sebab itu, jahe sangat efektif jika kita gunakan untuk mengurangi migrain. Minum wedang jahe hangat merupakan obat ampuh untuk merdahkan migrain secara alami.

2. Es batu


Ketika kita menderita sakit kepala sebelah kanan, biasanya akan menyerang juga pada bagian belakang. Nah, obat untuk meredahkan sakit kepala sebelah kanan belakang adalah dengan menggunkan es batu. Mengompres es batu juga menjadi salah satu alternatif  untuk menghilangkan sakit kepala. Caranya bungkus es batu dengan kain atau handuk bersih, lalu tempelkan es batu tersebut pada dahi dan bagian leher belakang secara perlahan. Dengan demikian sakit kepala akan hilang dengan sedikit demi sedikit.

Baca Juga : Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Bahan Alami

3. Peppermint


Selain jahe, pepermint juga merupakan rempah yang dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala sebelah kanan. Menghirup aroma peppermint terbukti dapat menyegarkan kepala sekaligus meredahkan migrain. Menghirup aroma peppermint merupakan obat alami ampuh untuk menghilangkan sakit kepala bagian kanan.

4.Menghirup aroma lavender


Efek sakit kepala sebelah kanan tidak hanya dirasakan pada bagian kepala belakang saja, namun juga sampai mata. Pada saat kondisi tersebut terjadi tentu anda akan sangat merasakan ketidak nyamanan. Menghirup aroma lavender dapat membantu merilekskan otot - otot yang tegang dan migrain akan redah secara perlahan.


5. Istirahat yang cukup


Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena otot - otot pada area tersebut menjadi tegang, hal tersebut biasanya disebakan karena kurangnya istirahat. Untuk menghindari migrain sebaiknya atur jam istirahat anda. Waktu yang dianjurkan untuk tidur cukup adalah 7 - 8 jam dalam semalam.

6. Makan lemak sehat


Selain otot yang tegang, migrain juga dapat disebabakan oleh peradangan. Cara untuk mengatasi peradangan adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat omega 3. Makanan yang mengandung lemak sehat omega 3 adalah telur, salmon, alpukat, sarden, tuna, bayam, minyak zaitun dan almond.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Pusing dan Sakit Kepala Saat Kehujanan

7. Minum air putih


Dehidrasi juga memicu terjadinya sakit kepala sebelah. Oleh sebab itu, cukupi cairan dalam tubuh agar kita tidak gampang migrain. kita dianjurkan minum air putih  sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam sehari.

8. Makan dengan teratur


Makan dengan teratur merupakan cara untuk menerapkan hidup sehat. Sarapan pagi merupakan bagian yang paling penting, karena tubuh memerlukan energi untuk menjalankan segala aktivitas. karenanya sesibuk apa pun anda, tetap selalu menjaga jam makan.

9. Akupresur


Akupresur merupakan praktek pengobatan alternatif yang mana cara ini dilakukan dengan menekan titik - titik bagian tubuh tertntu dengan jari. Hal tersebut bertujuan untuk meghilangkan rasa sakit. Dalam sebuah penelitian cara ini cukup efektif untk meredahkan sakit kepala, jadi bisa anda coba ketika anda merasakan migrain.

Umumnya sakit kepala sebelah dapat dihilangkan dengan menggunakan ramuan tradisional atau dengan mengkonsumsi obat peredah nyeri. Namun jika sakit tersebut tak kunjung sembuh setelah kita melakukan berbagai usaha, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter, guna untuk mengantisipasi adanya penyakit yang bersarang dalam tubuh khususnya bagian kepala.


EmoticonEmoticon