Jumat, 29 Maret 2019

Doa Agar Hujan Berhenti Sesuai Tuntunan Rasulullah

Beritabawean.com - Hujan merupakan anugerah dari Allah yang patut kita syukuri. Turunnya hujan juga merupakan takdir yang telah ditentukan oleh Allah. Dalam ajaran islam sangat dilarang memaki dan menyesali atas turunnya hujan. Tanpa hujan mungkin makhluk hidup di bumi ini tidak akan bertahan hidup.

Doa Agar Hujan Berhenti Sesuai Tuntunan Rasulullah

Namun terkadang turun hujan yang deras, apa lagi jika diiringi dengan sura petir yang begitu menyayat hati, sering kali membuat kita merasa takut terhadap bencana yang mungkin akan terjadi seperti banjir, tanah lonsor amupun terkena sambaran petir.

Dalam kondisi tersebut kita diwajibkan untuk memohon perlindungan kepada Allah, agar hujan tidak menimbulkan bencana dan mara bahaya. Sebagai bentuk permohonan kita kepada Allah, kita dianjurkan untuk memanjatkan do'a, agar hujan tersebut diberhentikan atau dialihkan kepada tempat yang lebih membutuhkan hujan.

Do'a agar hujan berhenti harus dipanjatkan dengan segala kerendahan hati dan betul - betul memohon agar hujan yang turun bukan merupakan adzab. Mungkin sering kali kita mendengar atau melihat cara lain yang beredar luas dikalangan masyarakat untuk memberhentikan hujan, seperti menancapkan beberapa bawang dan cebe rawit ke sapu lidi, dan meletakkan celana dalam wanita ke atas genting atau rumah. Cara - cara tersebut sungguh berseberanngan dengan ajaran agama.

Baca Juga : 5 Doa Dalam Perjalanan Agar Diberi Keselamatan Hingga Sampai Ketujuan


Doa Agar Hujan Berhenti Sesuai Tuntunan Rasulullah


Hujan merupakan takdir dan cara untuk mengubah takdir adalah dengan memanjatkan do'a kepada sang pemilik takdir. berikut merupakan Do'a untuk menghentikan hujan yang sesuai dengan sunnah Rosulullah serta lengkap dengan bahasa arab dan artinya.


اَللّٰهُمَّ حَوَالَيْنَاوَلاَعَلَيْنَا اَللّٰهُمَّ عَلَى الْاَ كَامِ وَالظِّرَابِ وَبُتُوْنِ الْاَ وْدِيَةِ وَمَنَابَتِ الشَّجَرِ

Allaahumma hawa lainaa walaa ‘alainaa Allaahumma ‘alal akaami wadhdhirabi wabutuunil audiyati wamanaabati.

Artinya : “Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Baca Juga : 10 Doa Dalam Islam Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini

Dengan kita memanjatkan do'a kepada Allah, bukan tidak mungkin cuaca akan berubah cerah seketika, hujan reda dan tidak ada lagi suara petir. Karena tidak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendaki hal tersebut terjadi.Turunnya hujan merupakan salah satu tanda dari kekuasaan Allah, dan semoga kita termasuk hamba yang selalu bersyukur terhadap turunnya hujan, sehingga kita akan diajauhkan dari berbagai bencana.


EmoticonEmoticon