Minggu, 24 Maret 2019

Doa Qunut Nazilah Lengkap Arab Latin Serta Artinya

Beritabawean.com - Doa Qunut biasa dilakukan oleh umat Islam setelah i'tidal rakaat kedua sebelum sujud. Namun ada juga yang tidak melakukannya, memang tentang Doa Qunut hingga saat ini masih terdapat perbedaan di kalangan ulama'. Terlepas dari perselisihan tersebut, Doa Qunut dalam Islam itu ada 3, yaitu Qunut Shalat Subuh, Nazilah dan Qunut pada shalat witir 15 akhir dari bulan Ramadhan. Yang bisa kita lakukan selama ini adalah Qunut Shalat Subuh dan Witir saja sedangkan untuk Qunut Nazilah sangat jarang kita lakukan. 

Doa Qunut Nazilah Lengkap Arab Latin Serta Artinya

Hal ini disebabkan karena Qunut Nazilah hanya dianjurkan pada saat saat tertentu yaitu pada saat terjadi bencana, peperangan, anacaman yang genting dan sebagainya. Contohnya seperti peperangan yang terjadi di palestina, umat Islam di seluruh dunia membantu mereka dengan doa dengan membacakan doa Qunut Nazilah dengan tujuan agar mendapatkan pertolongan Allah SWT. 

Pada postingan kali ini kami akan menyajikan kepada anda bacaan doa Qunut Nazilah, agar suatu saat jika anda ingin membacanya anda bisa membuka artikel ini, atau anda bisa anda download dari video video yang ada di youtube, karena sudah banyak ust seperti Muzammil Hasballah, Ust Hanan Attaki dan ustadz lainnya, mereka telah yang merekam bacaan ini dalam bentuk video dengan suaranya yang merdu. 


Doa Qunut Nazilah 

Bahasa Arab :


اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

اللَّهُمَّ عَذِّبْ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِينَ أَعْدَاءَ الدِّينِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِك وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَك وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَك اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إنَّك قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ اللَّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَاجْعَلْ فِي قُلُوبِهِمْ الْإِيمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ نَبِيِّك وَرَسُولِك وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يُوفُوا بِعَهْدِك الَّذِي عَاهَدْتهمْ عَلَيْهِ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ وَعَدُوِّك إلَهَ الْحَقِّ وَاجْعَلْنَا مِنْهُمْ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Dalam Latin :

wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Allâhumma adzzibil kafarata wal musyrikîn, a‘dâ’ad dînilladzîna yashuddûna ‘an sabîlik, wa yukadzzibûna rusulaka wa yuqâtilûna auliyâ’ak. Allâhummaghfir lil mu’minîna wal mu’minât, wal muslimîna wal muslimât, al-ahyâ’i minhum wal amwât, innaka qarîbun mujîbud da‘awât.
Allâhumma ashlih dzâta bainihim, wa allif baina qulûbihim, waj‘al fî qulûbihimul îmâna wal hikmah, wa tsabbithum alâ dînika wa rasûlik, wa auzi‘hum an yûfû bi‘ahdikalladzî ‘âhadtahum alaih, wanshurhum ala ‘aduwwihim wa ‘aduwwika ilâhal haq, waj‘alnâ minhum, wa shallallâhu alâ sayyidinâ muhammadin wa alâ âlihi wa shahbihî wa sallam.

Artinya :

“Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

“Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat.

Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat. Tuhanku, damaikan pertikaian di antara kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Lafadz Qunut Nazilah diatas biasanya di baca oleh imam sedangkan ma'mum mengamini, lafadz diatas juga bisa ditambahi dengan doa doa yang khusus misalkan doa untuk membantu saudara saudara muslim lainnya sedang mengalami ujian dan cobaan dari Allah SWT pada saat itu untuk penghususan.


Tata Cara Qunut Nazilah


Untuk pelaksanaan Qunut Nazilah sendiri sedikit berbeda dengan shalat qunut subuh, namun yang membedakan adalah waktu melaksanakannya, kalau qunut subuh dilaksanakan pada waktu shalat subuh saja sedangkan Qunut Nazilah bisa dilaksanakan pada semua shalat 5 waktu, sedangkan untuk pelaksanaanya sama persis dengan qunut subuh hanya bacaannya saja yang berbeda.

Kami juga menyediakan Doa Qunut ini dalam bentuk dokumen microsoft word. Silahkan jika anda ingin doa ini dalam format ini silahkan anda download di link di bawah ini :


EmoticonEmoticon