Skip to main content

Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalan Yang Dianjurkan Dilakukan Didalamnya

Beritabawean.com - Bulan rajab memiliki keutamaan yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya, sehingga mereka melewati keistimewaan bulan ini tanpa melakukan amalan sunnah yang telah dianjurkan. Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan rajab adalah puasa sunnah dari awal bulan.

Bulan rajab merupakan bulan mulia selain bulan romadhan dan pada bulan inilah kita dianjurkan untuk memeperbanyak membaca istighfar. Adapun makna harfiyah dari bulan rajab adalah dalam bahasa arab kata rajab terdiri dari 3 huruf yaitu  Ra, Ja, dan Ba. Masing - masing dari huruf tersebut memilki makna tersendiri, seperti "Ra" bermakna Rohmatullah (kasih sayang Allah), "Ja" bermakna Judullah (kemurahan Allah), "Ba" bermakna Birullah (kebaikan dan keramahan Allah).

Keutamaan Bulan Rajab Dan Amalan Yang Dianjurkan Dilakukan Didalamnya

Maka dapat diartikan bahwa bulan rajab adalah bulan untuk kita meningglkan segala kekasaran dan keburukan tabiat kita serta bertaubat kepada Allah. Karena bulan rajab termasuk bulan mulia dan mendekati bulan romadhan, maka pada bulan ini juga baik untuk melaksanakan pernikahan.

Bulan rajab juga merupakan bulan ulang tahun shalat, karena pada bulan tepatnya pada tanggan 27 Rajab pada peristiwa yang sangat Agung yaitu Isra' Wal Mi'raj, Rasulullah mendapatkan perintah melaksanakan shalat 5 waktu. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk memperbaiki shalat kita. Bulan rajab adalah bulan menanam, Sya'ban adalah bulan merawat tanaman dan bulan Ramadhan adalah bulan waktunya menuai hasil. Jika pada bulan Rajab kita tidak menanam maka kita tidak akan memetik hasil apapun di bulan Ramadhan nanti.

Keutamaan Bulan Rajab 


Adapun ayat Al-Qur'an tentang keutamaan bulan Rajab adalah :


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (Qs. At Taubah: 36)

Hadits Rosulullah SAW.


رَاَيْتُ لَيْلَةَ الْمِعْرَاحِ نهْرًا مَاؤُهُ اَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ وَاَبْرَدَ مِنَ الثَلْجِ واطْيَبُ مِنَ الْمِسْكِ فَقُلْتُ لِجِبْرَائِيلُ : ياَ جِبْرِيْلُ لِمَنْ هَذَا ؟ قَال لِمَنْ صَلىَّ عَلَيكَ فِى رَجَبِ


Pada malam Mi’raj saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari pada madu, lebih sejuk dari pada es, lebih harum dari pada minyak miisik, maka saya bertanya kepada Jibril : Hai jibril untuk siapakah sungai ini? Jibril menjawab : untuk orang yang membaca sholawat untuk engkau di bulan rajab".

Amalan Yang Dianjurkan Dilakukan Didalam Bulan Rajab


1. Memperbanyak membaca Istighfar


Pada bulan rajab umat islam dianjurkan untuk banyak memohon ampun atas segala dosa - dosanya baik itu disengaja maupun tidak disengaja. membaca istighfar merupakan amalan untuk memohon ampun atas segala dosa - dosa kita. maka, di bulan rajab perbanyaklah beristighfar, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kita kecuali Allah.

2. Berpuasa


Puasa bulan rajab meruapakn salah satu puasa yang disunnahkan, Puasa pada bulan ini bisa diwali sejak hari pertama bulan rajab. Adapun keutamaan berpuasa dari awal bulan rajab adalah dihapus segala dosanya 1 hingga 3 tahun. Ada banyak hadits yang menerangkan tentang keutaman dari puasa bulan rajab dan mungkin sedikit berbeda, namun inti dari semua isi hadits tesebut menerangkan bahwa puasa pada bulan rajab memiliki keutamaan yang luar biasa.

Tatacara pelaksanaan puasa sunnah bulan Rajab sama saja dengan pelaksanaan puasa puasa sunnah maupun wajib yaitu tidak melakukan hal hal yang bisa membatalkan puasa sejak mulai terbitnya fajar hingga tenggelemnya matahari. Hanya saja yang membedakannya adalah niatnya saja.

Niatnya :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Niat saya puasa sunnah bulan Rajab karena Allah Ta'ala

Nah bagi anda yang tidak bisa melakukan puasa sunnah di bulan rajab karena halangan tertentu untuk tetap mendapatkan keutamaan berpuasa bulan rajab hendaknya ia membaca tasbih sebanyak 100 kali  berikut bacaannya :

“Subhanal Ilâhil Jalîl, Subhâna Man Lâ Yanbaghit Tasbîhu Illâ Lahu, Subhânal A’azzil Akram, Subhâna Man Labisal ‘Izzi Wa Huwa Lahu Ahlun”. 

Artinya; “Mahasuci Tuhan Yang Maha Agung, Mahasuci yang tak layak bertasbih kecuali kepada-Nya, Mahasuci Yang Maha Agung dan Maha Mulia, Mahasuci Yang Menyandang keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya”.


3. Memperbanyak Do'a


Selain berpuasa dan beristighfar, pada bulan rajab kita juga dianjurkan untuk memperbanyak Do'a kepada Allah atas dosa yang telah kita lakukan. Dengan kita memperbanyak Do'a pada bulan ini, semoga kita termasuk orang - orang yang diampuni dosanya dan dikabulkan segala apa yang menjadi hajat kita.

pada dasarnya semua bulan itu baik, karena Allah menciptakan hari dan bulan dengan semua kebaikan yang ada di dalamnya. Namun bulan rajab termasuk bulan qomariyah yang dilkategorikan sebagai bulan haram (bulan mulia) selain bulan romadhan.

Setelah kita mengetahui tentang keutamaan yang akan kita peroleh pada bulan rajab, tentu kita tidak akan menyia - menyiakan bulan ini terlewat begitu saja, tanpa harus melakukan beberapa amalan sunnah. Dan semoga kita termasuk orang - orang yang berhasil dalam melakukan semua amalan yang telah dianjurkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar