Sabtu, 06 April 2019

6 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Beritabawean.com - Merawat tanaman hias bukan merupakan perkara yang mudah, perlu ketelatenan, kesabaran dan cara yang benar agar tanaman tumbuh subur. Bahkan ada beberapa tanaman hias yang perlu perhatian khusus agar bisa berkembang dengan baik. Jika tanaman hias yang ada dirumah anda tumbuh dengan baik maka akan memberikan keindahan dan kesejukan tersendiri bagi rumah anda.

6 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Oleh karenanya ketelatenan dan kesabaran saja tidak cukup namun harus mengetahui secara keilmuan bagaimana cara membuat tanaman anda tumbuh dan tidak mati. Jangan dikira tanaman juga tidak memiliki hama yang bisa merusaknya oleh karenanya penting sekali memperlajarinya terutama bagi anda yang memang terjun dalam dunia bisnis tanaman hias.

Nah pada postingan kali ini kami akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara yang tepat merawat tanaman yang ada pekarangan rumah anda secara lengkap yang kami himpun dari berbagai refrensi. Namun Sebelum melangkah ke pembahasan, kami ingin menyampaikan beberapa hal dasar yang harus di perhatikan dalam merawat tanaman.

Hal pertama kali yang harus anda lakukan adalah memilih tanaman yang akan anda tanam, pilihlah tanaman yang bisa memberikan keindahan pada rumah anda atau yang meiliki manfaat. Ada banyak sekali jenis tanaman hias anda bisa membelinya di beberapa toko tanaman yang memang menyediakan hal itu. Pilihlah bibit yang memang secera pertumbuhannya sudah terlihat baik.

Kemudian yang kedua adalah media tanam. Media tanam sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman anda kelak. Oleh karena anda harus benar benar selektif memilih dengan mencari informasi media tanam mana yang paling baik. Setelah garis besar yang biasa digunakan adalah antara langsung di tanam di tanah  dan  menggunakan pot.

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur


1. Siram Tanaman Anda Secara Teratur


Sama dengan manusia, tanaman hias juga memerlukan air untuk keberlangsungan kedupannya, Oleh karena itu pertama yang harus menjadi perhatian anda adalah menyiramnya dengan teratur dan secukupmnya jangan berlebih. Jika anda berpergian jauh meninggalkan rumah berhari hari pastikan semua tanaman tetap menerima pasokan air dengan baik. Anda bisa membayar seseorang untuk menyiramnya setiap hari.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman ? Dilansir dari Beritagar.id seorang Botanis asal Inggris Alastair Culham, PhD, mengatakan waktu yang paling tepat menyiram tanaman adalah pada waktu keadaan matahari tidak terlalu panas yaitu pagi dan sore agar air tidak menguap dan terserap dengan baik oleh tanaman.

Jika anda menyiramnya pada siang hari pada saat matahari menyengat maka air yang disiramkan akan cepat menguap sebelum terserap dengan baik oleh tanaman. Demikian juga jika disiram pada malam hari akan membuat tanaman lembab dan berair yang berpotensi suburnya pertumbuhan jamur sehingga akan menyebabkan tanaman anda mati karenanya.

Baca Juga : Daftar Tanaman Yang Dapat Anda Tanam Di Dalam Rumah Walau Tanpa Sinar Matahari Dan Memiliki Segudang Manfaat

2. Perhatikan Dalam Pemberian Pupuk


Tanaman hias memiliki keberagaman karasteristik yang membuatnya juga berbeda dalam strategi pemberian pupuk. Jika anda sembarangan dalam pemberian pupuk bisa saja tanaman anda tidak akan berkembang dengan baik bahkan bisa saja mati. Pemberian pupuk harus memperhatikan ukuran dan karakter namanan, diluar sana banyak sekali pupuk baik yang organik maupun yang kimia. Silahkan anda pilih mana yang terbaik, namun kami menyarankan menggunakan pupuk yang organik saja. lakukan pemupukan dengan teratur agar tanaman anda tumbuh subur dan berdaun lebat.

3. Perhatikan Cahaya dan Kehangatan


Matahari merupakan sumber energi bagi semua makhluk hidup utamanya tumbuhan. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakuakan proses fotosentesi, proses paling penting yang ada pada tumbuhan, dimana pada proses ini tumbuhan melalui daun akan mengubah energi cahaya matahari menjadi enegri kimia yang kemudian disimpan dalam bentuk ikatan gula sebagai sumber makanan bagi tumbuhan.

Hal ini penting untuk anda perhatikan mengingat tanaman hias biasanya di tanaman di pekarangan rumah yang memiliki atap. Jika tanaman hias anda ingin tumbuh subur dengan bunga yang indah merekah aturlah pencahayaan yang cukup untuk semua tanaman anda.

4. Jaga Kebersihan Tanaman


Sering kita lihat terkadang seseorang membuang sisa minuman kopi atau teh ke tanaman hiasnya, mereka mengangap itu adalah air. Hal ini salah kaprah karena membuang yang demikian ke tanaman anda hanya akan mengundang hama semisal lalat atau semut ke tanaman yang justru akan merusak tanaman anda. Usahakan tanaman hias anda selalu bersih dari berbagai sampah apapun.

5. Bersihkanlah Ranting Ranting Yang Mati


Selain memperindah tampilan tanaman anda, membuang ranting tanaman yang mati juga akan membuat tanaman anda tumbuh dengan baik karena tanaman akan fokus berkembang pada cabang yang hidup . Selain itu bersihkanlah tanaman tanaman kecil yang tumbuh disekitar tanaman hias anda karena tanaman itu akan mengurangi jatah makanan yang seharusnya diberikan fokus kepada tanaman hias anda.

Baca Juga : 7 Tips Cara Menanam Hingga Merawat Cabe Rawit Yang Baik Dan Benar Di Halaman Rumah

6. Jangan Sering Dipindah


Mungkin ini juga sering dilakuakan, maksudnya disini adalah memindah tanaman anda dengan mencabutinya. Misalkan anda ingin memindahkan dari tempat ke tempat yang lain. Jika memang harus memindahnya pindahkan dengan cara yang benar. Pasalnya jika anda anda memindahkan tidak dengan benar maka tanaman akan membutuhkan waktu lagi untuk beradaptasi.


EmoticonEmoticon