Skip to main content

7 Cara Mudah Basmi Tungau Di Rumah

Beritabawean.com - Apa itu tungau? Tungau adalah hewan kecil yang hampir mirip dengan kutu. Hewan ini mempunyai ukuran 0,5 mm sehingga tidak mudah dilihat oleh mata telanjang. Tungau biasanya bersarang pada kasur, sofa, karpet bahkan ada juga yang ada pada bagian kemaluan pria. Di tempat - tempat tersebut tungau akan memperoleh makanannya seperti sisa - sisa organik dan sel kulit mati manusia.

7 Cara Mudah Basmi Tungau Di Rumah

Bahaya tungau memang bisa mengintai siapa saja, baik itu anak - anak maupun orang dewasa. Gigitan tungau akan mengakibatkan bentol, gatal dan sesak nafas. Oleh sebab itu, keberadaan tungau di dalam rumah tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus dihilangkan dengan cara yang tepat.

Yang menjadi pertanyaan kenapa bisa ada tungau disekitar kita dan berasal dari manakah? Tungau sangat betah pada tempat yang kotor dan tempat yang lembab seperti keringat manusia. Dan salah satu alasan mengapa tungau sangat betah di kasur dan karpet, karena kedua tempat tersebut merupakan tempat dimana seseorang menumpuk pakaian kotor dan kasur adalah tempat mengendapnya keringat disaat kita tidur.

Cara mudah basmi tungau di rumah tidak harus menggunakan alat - alat modern, namun juga dapat dihilangkan dengan cara yang tradisional. Berikut beberapa cara menghilangkan tungau di dalam rumah dengan cara tepat dan mudah dilakukan.

7 Cara Mudah Basmi Tungau Di Rumah 


1. Biasakan jemur perlengkapan rumah


Tungau sangat menyukai tempat yang lembab, apa lagi tempat lembab tersebut disebabkan oleh keringat manusia. Karenanya biasakan kita menjemur perlengkapan tidur, seperti kasur, bantal, guling, karpet dibawah sinar matahari langsung, agar tidak tempat bagi tungau untuk berkembang biak.

Baca Juga : 10 Merk Rice Cooker Terbaik Yang Awet Dan Bagus Serta Hemat Listrik Plus Harganya

2. Menggunakan daun sirsak


Daun sirsak ternyata sangat ampuh untuk mengusir kutu busuk beserta telurnya. Cara melakukan metode ini sangat mudah, cukup anda sediakan beberapa daun sirsak, lalu simpan daun sirsak pada tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Dengan adanya daun sirsak, tungau tidak akan betah berada pada tempat tersebut.

3. Letakkan kulit durian pada kamar tidur


Seperti halnya daun sirsak, aroma kulit durian juga sangat tidak disukai oleh tungau. Jika anda habis makan durian jangan langsung membuang kulitnya dan taruhlah kulit tersebut pada kamar anda, karena kulit durian dapat dijadikan obat tradisional untuk basmi tungau.

4. Jus bawang


cara menghilangkan tumila atau tungau selanjutnya adalah dengan menggunakan jus bawang. Cara ini tidak hanya mengusir tungau saja, namun dapat mematikan tungau beserta telurnya. Caranya, haluskan bawang putih dan bawang merah, setelah itu ambil sarinya, lalu oleskan sari bawang tersebut pada sarang - sarang tungau, dengan demikian secara perlahan tungau akan keluar dan mati satu persatu.

5. Semprot dengan air garam


Garam memanglah bumbu dapur yang mempunyai sejuta manfaat. Garam tidak hanya dapat kita gunakan untuk memasak dan sebagai obat untuk berbagai penyakit saja, namun garam juga dapat kita gunakan sebagai alat untuk membunuh tungau. Caranya, larutkan garam pada air dan masukkan ke dalam botol, setelah itu semprotkan larutan garam tersebut pada tempat yang menjadi sarang tungau. Dengan demikian tungau akan mati secara perlahan.

6. Bunga pandan


Siapa yang menyangkan jika aroma daun pandan juga tidak disukai oleh tungau. Daun yang juga dikenal dengan sebutan pudak ini dapat anda manfaatkan untuk mengusir tungau yaitu dengan cara menaruhnya disekitar tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Dengan kehadiran aroma daun pandan, tugau akan merasa tidak nyaman dan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga : 10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

7. Bunga lavender


Aroma bunga lavender juga merupakan daftar aroma yang tidak disukai oleh tungau. Namun yang membedakannya adalah jika aroma kulit durian dan sirsak tidak terlalu kita sukai karena aroma yang sangat menyengat, lain halnya dengan aroma bunga lavender. aroma bunga ini sangat bersahabat dengan indra penciuman manusia, sehingga menjadi pilihan yang sangat efektif untuk mengusir tungau.

Demikian beberapa cara mudah untuk membasmi tungau dengan menggunakan bahan alami. Selain cara diatas, pastikan rumah anda dalam keadaan bersih dan bebas dari debu. dan semoga bermanfaat untuk semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar