Selasa, 30 April 2019

7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Beritabawean.com - Makanan pedas tidak bisa dipisahkan dari kuliner indonesia, bukan orang indonesia namanya jika tidak menyukai makanan pedas. Sekalipun makanan pedas memang menusuk lidah dan memberikan sensasi panas, namun nyatanya rasa pedas banyak disukai orang, bahkan ada sebagian orang yang merasa ada yang kurang ketika mengkonsumsi makanan tanpa rasa pedas.

7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak yang berpendapat jika makanan pedas hanya sebatas kegemaran saja, tanpa mengandung manfaat bagi kesehatan. pada kenyataanya, Kegemaran mengkonsumsi makanan pedas tak hanya dapat menambah selera makan saja, melainkan banyak manfaat lainnya seperti menyehatkan jantung, melancarkan sirkulasi, anti kanker dan menurunkan berat badan.

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan memang masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Karenanya kita tidak boleh ragu untuk memilih makanan pedas. Dan untuk informasi yang lebih lanjut berikut kami akan menjelaskan manfaat makanan pedas bagi kesehatan.

7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menurunkan berat badan


Manfaat lain dari cabe adalah dapat membantu membakar kalori dengan cepat. Hal tersebut disebabkan karena cabe mengandung capsaicin, yang mana kandungan tersebut dapat  meningkatkan temperatur dalam tubuh dan berperan dalam meningkatkan detak jantung. Nah, bagi anda yang sedang menjalankan diet, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

Baca Juga : Bahaya Makan Nasi Dan Mie Instan Bersamaan Terus Menerus

2. Mengurangi tekanan darah


Selain mengandung capsaicin, cabai juga merupakan sumber riboflavin dan niasin yang sangat baik. Niasin berfungsi untuk meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL), dan juga dapat mengurangi resiko penyakit krdiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

3. Memperkuat koneksi antara sel otak


Makanan pedas juga dapat memperkuat hubungan antara sel - sel otak. Lebih dari itu, makanan pedas memberikan perlindungan terhadap gangguan penyakit seperti alzheimer, parkinson dan beberapa penyakit gangguan mental.

4. Melawan penuaan kulit


Manfaat lain dari makanan pedas adalah dapat menambah kecantikan, salah satunya melawan penuaan kulit. Kandungan capcain pada cabe ternyata tidak dapat meningkatkan detak jantung, namun juga dapat melawan penuaan kulit, sehingga tampak lebih kencang dan terasa awet muda. Manfaat lain dari makanan pedas untuk kecantikan adalah dapat mengobati jerawat, bibir lebih berisi dan rambut lebih bercahaya.

5. Menjaga mood


Sensasi pedas cabai juga berfungsi memberikan rasa nyaman dan menghilangkan nyeri. Selain itu, rasa pedas juga dapat melawan depresi dan stres dan mood akan kembali normal.


6. Kadar gula darah lebih stabil


Cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan. Dengan keadaan yang demikian, makan kadar gula darah akan tetap stabil dan dapat terhindar dari dibetes.

7. Mencegah anemia


Seperti yang telah kita ketahui bersama jika anemia atau kurang darah dapat menyebabkan wajah pucat dan lemas, hal tersebut disebabkan karena tubuh kita kekurangan zat besi. Cabai kaya akan kandungan asam folat, yang berfungsi untuk menunjang produksi sel darah merah. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan pedas tubuh kita akan terhindar dari resiko anemia.

Baca Juga : 10 Khasiat Minum Rendaman Air Pare Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Namun sekalipun kita telah mengetahui banyak manfaat dari makanan pedas, kita juga harus berhati - hati dalam mengkonsumsinya, karena ada kondisi tubuh tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan pedas dan memberikan efek samping yang cukup membahayakan. Untuk itu, bagi para pecinta makan sambal pastikan tubuh anda bebas dari penyakit lambung dan masalah lain dalam pencernaan.


EmoticonEmoticon