Jumat, 19 April 2019

7 Tips Mengatasai Sakit Kepala Saat Puasa Tanpa Harus Membatalkannya

Beritabawean.com - Bulan ramadhan sudah di depan mata, pada bulan yang suci ini semua umat islam di segala penjuru dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh. Oleh sebab itu, wajb kiranya bagi kita untuk mempersiapkan segala sesuatunya, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.


Sering pusing pada saat menjalankan puasa adalah sesuatu yang wajar apa lagi pada hari pertama, karena kita akan menjalani hari - hari dengan cara yang tak biasa, seperti menahan lapar, haus dan menahan hawa nafsu. Alhasil tidak sedikit dari mereka yang merasakan sakit kepala, akibat pola makan yang kurang teratur atau perubahan jam tidur.

Tips mengatasi sakit kepala saat puasa dengan tanpa membatalkannya wajib kita mengetahuinya, agar ibadah kita tidak terganggu. Mengatasi sakit kepala saat menjalankan puasa memang sedikit lebih rumit karena tidak dapat langsung mengkonsumsi obat atau mengkonsumsi makanan peredah sakit kepala. Namun anda tidak perlu hawatir, karena di sini kami akan memeberikan beberapa tips cara untuk menghilangkan sakit kepala pada saat puasa tanpa harus minum obat atau pun membatalkannya.

7 Tips Mengatasai Sakit Kepala  Saat Puasa Tanpa Harus Membatalkannya


1. Merendam kaki dengan air hangat


Jika anda merasakan sakit kepala pada saat melaksanakan puasa wajib maupun sunnah, rendamlah kaki dengan air hangat, dan sandarkan bantal pada bagian belakang kepala. pejamkan mata dan biarkan tubuh anda beristirahat sementara waktu sampai anda merasakan jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

Baca Juga : 10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

2. Pijat pada bagian leher dan pelipis


memijat pada bagian leher dan pelipis terbukti dapat meringankan kerja otot di sekitar kepala yang tegang dan meningkatkan aliran darah. sehingga sakit kepala dapat dihilangkan dengan cepat.

3. Menghindari makanan berlebihan


Sakit kepala yang dirasakan pada berpuasa, umumnya disebabkan oleh makan yang berlebihan pada malam hari, terutama pada saat berbuka puasa. pada waktu maghrib tiba memang kita diwajibkan untuk membatalkan puasa dan mengkonsumsi semua makanan yang telah tersaji, namun bukan berarti kita harus balas dendam terhadap rasa lapar dan haus yang kita rasakan selama sehari penuh. Makan yang berlebihan pada saat puasa akan mengakibatkan penarikan sirkulasi darah ke perut, sehingga kepala akan terasa sakit.

4. Makan sahur


Cara lain untuk menghilangkan pusing pada saat menjalankan ibadah puasa adalah tiak boleh melewatkan makan sahur. Selain bernilaikan ibadah, makan sahur merupakan bekal untuk kita dalam berpuasa, dengan demikian kita tidak perlu khawatir dengan kesehatan sekalipun dalam sehari penuh kita tidak makan dan minum.

5. Berbuka dengan kurma


Kurma merupaka buah yang mengandung gula dan dianjurkan untuk mengkonsumsinya saat berbuka puasa sebelum makan makanan lainnya. Dan kurma memiliki Kandungan gula yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan energi.

6. Minum air putih


Minum air putih sangat penting saat menjalankan puasa, agar kita tidak merasa mual dan  pusing saat menjalankan puasa. Selain itu, hindari juga minuman yang berkafein dan bersoda, agar kita tidak merasakan dehidrasi dan sakit kepala pada saat berpuasa.

7. Biasakan tidak begadang


Dalam berpuasa kita energi kita akan sedikit berkurang, hal tersebut diakibatkan karena pada seharipenuh kita tidak makanan dan minum. Oleh sebab itu, pada malam hari kurangi begadang dan gunakan untuk beristirahat dan mempersiapkan untuk bangun makan sahur. Dengan waktu istirahat yang cukup, maka sakit kepala akan terhindari.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah (Migrain) Secara Alami

Demikianlah beberapa tips agar tidak merasakan sakit kepala pada saat menjalankan ibadah puasa tanpa harus membatalkannya, dan semoga tips dari kami dapat bermanfaat untuk semua.


EmoticonEmoticon