Kamis, 04 April 2019

8 Cara Menghemat Air Dalam Kehidupan Sehari Hari Dengan Bijak

Beritabawean.com - Salah satu yang menjadi kebutuhan pokok seluruh makluk yang ada di bumi adalah air.  Makluk hidup tidak bisa dipisahkan dengan air. Mereka tidak mungkin bisa hidup tanpa adanya air. Oleh karenya kita harus serius ikut menjadi bagian menjaga kelestarian dengan mengelolanya serta menghemat dengan sebaik baiknya.

8 Cara Menghemat Air Dalam Kehidupan Sehari Dengan Bijak


Dalam kehidupan sehari hari kita cendrung membuang air berliter liter dalam setiap harinya tanpa kita sadari. Jika itu yang terus kita lakukan maka bisa saja bersediaan air akan terus berkurang, apalagi melihat berbaga sumber mata air dan sungai yang menjadi tempat mengalirnya air sudah banyak yang tercemar dengan sampah. Jika ini terus menerus terjadi bisa akan menjadi ancaman yang serius bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi.

Menghemat air harus menjadi perhatian kita semua, kita harus menerapkan semuanya dalam semua lini kehidupan kita sehari hari, baik dirumah, disekolah, di kantor dan sebagainya dengan bijaksana. Menghemat bukan berarti mengurangi kebutuhan kita akan air namun menghemat adalah menggunakan air dengan secara maksimal dan efesien. Berikut ini kami paparkan beberapa prilaku cara menghemat air yang bisa anda coba dalam kehidupan anda sehari hari.


Cara Menghemat Air Dalam Kehidupan Sehari Dengan Bijak


1. Matikan Keran Jika Tidak Digunakan


Jika anda melihat air di kamar mandi anda penuh segera matikan krannya, jangan biarkan airnya terus hidup dan terbuang percuma.   Jika anda hidup di kota prilaku yang demikian bisa membuat tagihan air anda akan membengkak. Namun di pedesaan terkadang hal demikian sering kita lihat karena air yang begitu melimpah. Namun kebiasaan itu juga harus tetap di hentikan agar bisa menghemat air dan terbuang percuma untuk tetap menjadi keberlangsungan air yang ada di pedesaan. Menghemat air juga dilakukan dengan mamatikan kran saat menggosok gigi dan menggunakannya saat membersihkan mulut anda.

Baca Juga : 11 Cara Mudah Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Bahan Tradisional

2. Gunakan Air Untuk Memasak Seperlunya


Jika anda melakukan ini, anda tidak hanya menghemat air saja, tapi juga menghemat uang, dan energi. Jika anda ingin membuat segelas teh hangat maka rebuslah air segelas saja agar tidak menyisakan air yang nantinya dibuang percuma. Demikian juga dengan memasak yang lainnya gunakan air seperlunya saja.

3. Gunakan Alat Mandi Yang Lebih Menghemat


Tahukah anda bahwa penggunaan shower ternyata bisa membuat banyak air terbuang percuma, dengan tekanan tinggi setiap menitnya akan ada 17 liter air yang dikeluarkan. Dibandingkan jika anda menggunakan alat mandi seperti gayung mungkin air yang dihabiskan akan lebih sedikit dibanding dengan menggunakan shower.

4. Simpanlah Dulu Pakaian Kotor Anda


Untuk menghemat penggunaan air anda disarankan untuk mencuci dengan pakaian yang banyak sekaligus. Jika anda mencuci dengan pakaian kotor yang banyak tentunya air yang digunakan juga lebih sedikit dibandingkan anda mencuci dengan sedikit pakaian. Selain itu anda juga bisa menghemat listrik.

5. Bantulah Dengan Tisu


Mungkin selama ini anda membasuh tangan anda setelah makan dengan air hingga bersih, padahal anda bisa menghemat air dengan bantuan tisu, tekstur tisu yang kesat bisa menghilangkan kotoran bahkan bekas minyak yang melekat pada tangan anda. Anda juga bisa menggunakan tisu terlebih dahulu baru dibersihkan dengan air.

6. Gunakan Bekas Air Untuk Menyiram Tanaman


Jika anda merawat tanamanan di lingkungan rumah anda silahkan gunakan bekas mengukus sayur atau bekas cucian tangan untuk menyiram tanaman. Jadi anda sudah tidak perlu menggunakan air baru untuk menyiram tamanan anda. Bahkan bekas kukusan sayuran atau mencuci ikan lebih banyak mengandung nutrisi.

7. Tampung Air Hujan


Saat hujan tiba anda bisa mendapatkan air secara gratis dengan cara menampung air hujan. Anda bisa membuatnya diatas rumah atau teras dan mengalirkan ke sebuah wadah husus kemudian air tersebut bisa anda gunakan untuk mencuci berbagai keperluan. Jika ini yang anda lakukan anda bisa menghemat ribuan liter air selama musim musim hujan lumayan bukan? Namun yang perlu diperhatikan penampung tersebut bebas dari kotoran atau tempat bersemayam jentik nyamuk.

8. Gunakan Bak Dalam Mencuci Piring


Biasanya dalam mencuci perabot dapur yang kotor langsung mencuci melalui kran wastafel dengan dihidupkan terus menerus, padahal yang demikian itu bisa membuat boros dalam penggunan air. Cucilah perabot yang kotor tersebut dalam bak yang penuh air. Jika sudah mencucinya baru anda bisa membilasnya dengan air yang mengalir melalui kran.

Baca Juga : 10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Nah itulah 8 cara untuk menghemat air dalam kehidupan sehari hari. Jika ini anda lakukan maka tagihan air anda bisa sedikit hemat daripada sebelumnya. Air merupkan sumber kehidupan jika anda ikut dalam melakuakan penghematan terhadap air, tidak mencemarinya berarti anda juga ikut menyelamatkan kehidupan yang ada di bumi. Karena seluruh makhluk yang ada dibumi ini memerlukan air.


EmoticonEmoticon