Selasa, 16 April 2019

9 Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Beritabawean.com - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti - nantikan kedatangannya oleh seluruh ummat islam di dunia ini. Bulan Ramadhan menjadi sangat spesial karena di bulan ini Allah melipat gandakan semua kebaikan yang kita lakukan pada bulan suci ini. Selain itu, Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan kenikmatan, ampunan, rahmat serta keberkahan.

9 Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan harus dilakukan sebelum datangnya bulan suci itu. Baik itu dari segi materi, mental dan persiapan keimanan. Kutamaan bulan romadhan juga telah dijelaskan dalam hadits nabi muhammad SAW.

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah. Bulan yang Allah jadikan puasa di dalamnya fardhu (kewajiban). Pada bulan itu, pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dibelenggu pemimpin setan, dan di dalamnya Allah memiliki 1 malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang diharamkan dari kebaikannya maka sungguh dia telah-benar-benar diharamkan kebaikan.” (HR. Al-Nasai dan al-Baihaqi, Shahih al-Targhib, no. 985)

Berdasarkan hadits tersebut, wajib kiranya bagi kita sebagai orang muslim menyambut dengan gembira terhadap datangnya bulan yang penuh rahmat tersebut serta melakukan amalan yang yang diwajibkan dan disunnahkan agar Ramadhan yang kita jalani benar - benar mempunyai nilai yang tinggi dan dapat menghantarkan diri kita menjadi orang yang bertaqwa. Lantas persiapan apa saja yang harus kita lakukan untuk menyiapkan diri terhadap datangnya bulan ramadhan. 

9 Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan


1. Berdo'a agar umur kita disampaikan pada bulan Ramadhan


Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum datangnya bulan Ramadhan adalah berdo'a kepada Allah SWT agar umur kita disampaikan pada bulan Ramadhan. Dan dalam keadaan sehat sehingga kita dapat melakukan ibada dengan mekasimal.

Baca Juga : Amalan Amalan Utama Yang Harus Diperbanyak Selama Bulan Ramadhan Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

2. Mempelajari fadhilah - fadhilah bulan Ramadhan


Dengan kita mempelajari fadhilah - fadhilah apa saja yang ada pada bulan romadhan, otomatis kita akan lebih bersemangat dalam melakukan ibadah. Selain itu, kita tidak akan menyia - nyiakan setiap waktu pada bulan suci ini  tanpa melakukan suatu kebaikan.

3. Menjaga kesehatan fisik


Kesehatan fisik menjadi hal yang paling utama kita perhatikan untuk menyambut bulan romadhan, tanpa kesehatan mungkin kita tidak akan maksimal untuk melakukan ibadah. Karena bulan romadhan di tahun 2019 ini sudah ada di depan mata, maka persiapkan diri kita dan keluarga untuk menyambutnya, dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah, sayur dan air putih.

4. Mempelajari fiqih tentang puasa ramadhan


Menghadapi bulan romadhan memang harus dengan persiapan yang matang. Dan alangkah baiknya jika sebelum datangnya bulan suci tersebut kita lebih dahulu mempelajari fiqih atau melakukan beberapa kajian tentang keutamaan puasa bulan romadhan maupun amalan - amalan lainnya. Seperi adab, syarat rukun serta hal - hal apa saja yang dapat membatalkan puasa. Dengan demikian kita akan lebih mantap lagi dalam melakukan ibadah pada bulan tersebut.

5. Menjaga persaudaraan


Persiapan untuk meyambut bulan romadhan juga dapat kita lakukan dengan cara menjaga persaudaraan diantara kaum muslimin. Bulan romadhan akan terasa lebih nimat jika kita melakukannya dengan rasa persaudaraan tanpa adanya perbedaan dan kebencian.

6. Mempersiapkan materi


Bulan roadhan adalah momen yang sangat tepat untuk kita melakukan ibadah seperti infaq, sedekah dan ifthar. Bagi anda yang kebetulan mempunyai rizki lebih sebaiknya manfaatkan untuk bersedekah dan memberikan santuan bagi anak yatim pada bulan puasa. 

7. Menyelesaikan hutang puasa ramadhan sebelumnya


Sebelum ramadhan tiba, kita harus mengingat serta membayar hutang puasa kita pada  bulan romadhan sebelumnya. Puasa romadhan bisa saja kita lewatkan karena adanya beberapa hal, seperti haidh (bagi perempuan), sakit parah dan di dalam perjalanan jauh.

8. Memantapkan niat


Niat yang tulus karena mencari ridho Allah SWT semata harus kita tanamkan dari  diri kita sebelum datangnya bulan romadhan. Namun niat yang tulus tidak hanya kita lakukan dalam menyambut bulan romadhan saja, namun dalam setiap hari, setiap waktu harus juga kita terapkan.

Baca Juga : 9 Hal Membatalkan Puasa Lengkap Dengan Penjelasannya


9. Memohon kemudahan kepada Allah


Selain kita memohon untuk menyampaikan umur kita pada bulan romadhan, kita juga berdo'a agar kita diberikan kemudahan dan kesehatan untuk melakukan ibadah pada bulan suci tersebut.
Setelah kita melakukan beberapa persiapan sebelum menyambut datangnya bulan romadhan, tentu itu menjadi nilai plus bagi ibadah kita. Dan marilah kita sambut bulan romadhan yang sebentar lagi akan tiba degan penuh rasa gembira.


EmoticonEmoticon