Skip to main content

Cara Menggunakan Tespack Yang Benar Dan Terbukti Akurat

Beritabawean.com - Mengetahui kehamilan dengan test pack tidak mesti akan menghasilkan hasil yang benar dan akurat, alasannya adalah karena penggunaan test pack yang tidak benar, oleh karena itu buat anda yang sudah merasakan adanya gejala kehamilan sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara bagaimana yang benar menggunakan alat ini agar supaya hasilnya terbukti benar dan akurat dengan begitu anda bisa mempersiapkan kehamilan anda dengan baik.

Cara Menggunakan Tespack Yang Benar Dan Terbukti Akurat

Kesalahan yang umum terjadi dalam pennggunakan taspek yang tidak menghasilkan informasi kehamilan yang benar biasanya terletak dalam dua hal, pertama karena kesalahan dalam menggunakan alat, dan yang kedua adalah tidak tepat waktu melakukan test. Kedua duanya penting dipelajari agar anda yakin dengan hasil test pack.

Namun sebelum lebih jauh membahas tentang bagaimana cara penggunaan yang benar sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang alat test pack dan bagaimana cara kerjanya serta mengupas berbagai macam merk test pack yang saat ini beredar dipasaran dan yang paling umum  digunakan.

Mengenal Apa Itu Test Pack dan Cara Kerjanya.


Yang dimaksud dengan Testpack adalah alat untuk mengetes kehamilan, yang berfungsi untuk mendeteksi adanya hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG) yang biasanya ada pada urine atau kencing wanita yang sedang hamil. Hormon ini di produksi di plasenta dan mulai berkembang di dinding rahim setelah adanya pembuahan sel telur oleh sperma sejak berada di tuba falopi.

Jumlah hormon ini terus meningkat hingga 2 - 3 hari pada awal awal kehamilan. So, pada waktu inilah waktu yang tepat untuk melakukan test kehamilan anda Jika anda sudah mengalami keterlambatan haid segeralah untuk melakukan test. Jika anda terlalu dini dalam melakukan test bisa saja hasilnya tidak akan akurat karena hormon ini belum terproduksi dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

Jenis Testpack 


Sementara ini ada dua jenis model testpack yang beredar dipasaran dan dijual bebas di berbagai apotik. Berikut ini jenis jenis test pack.

1. Test Pack Strip atau Dip stick

Alat test kehamilan jenis ini berupa strip plastik, cara melakukan testnya adalah dengan merendam ke dalam sample urine/kecing pada bagian yang harus direndam ke dalam urine dalam waktu 5 hingga 10 menit. Jika di dalam sample urine tersebut terdapat hormon HCG maka alat ini akan menunjukkan tanda 2 strip.

2. Testpack dengan alat strip

Untuk menggunakan tespack model ini anda bisa melakukan test dengan menggunakan dengan dua cara yaitu dengan merendam ke dalam sample urine atau dengan meneteskan 5 hingga 6 tetes ke alat test tesebut. Jika di dalam urine tersebut terdapat hormon HCG maka alat test tersebut akan berubah warna yang menunjukkan kehamilan anda.

Merk Testpack Yang Terbukti Akurat + Kisaran Harganya


Setelah anda memplajari tentang alat ini dan cara penggunaannya selanjutnya yang perlu di bahas adalah berbagai merk alat testpack yang direkomendasikan yang sudah terbukti akurat. Berbagai merk testpack ini bisa anda dapatkan diberbagai apotik di dekat rumah anda. Untuk aturan penggunaannya biasanya sudah disertakan pada masing masing merk. Biasanya harganya berkisar antara seribu hingga ratusan ribu namun biasanya testpack dengan harga yang sedikit mahal kualitasnya lebih bagus dibanding dengan harga yang murah.

1. Akurat Rp. 16.000
2. Onemed Rp. 1000
3. OneMed Test Hamil Quick & Sure Rp. 5.000
4. Sensitif Digital Rp. 90.000
5. ClearBlue Pregnancy Test With Weeks Indicator Rp. 120.000
6. HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test Rp. 15.000
7. Woman Choice Pregnancy Test Strip Rp. 22.000
8. Sensitif Strip Rp. 17.000
9. Gea Medical HCG Pregnancy Test Strip Rp. 80.000
10. Akurat Strip Rp. 10.000

Baca Juga : 8 Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran Yang Bisa Anda Coba

Cara Menggunakan Tespack Yang Benar Dan Terbukti Akurat


1. Jangan membeli testpack yang sudah kadaluarsa, lihat tanggal kadaluarsa pada produk testpack yang anda beli.
2. Bacalah petunjuk penggunaan testpack, setiap produk biasanya memiliki cara penggunaan yang berbeda.
3. Gunakan urine pada saat pertama kali anda kencing utamanya di pagi hari karena kadar hormon HCG berbeda beda. hindari meminum banyak air sebelum melakukan testpack untuk mendapatkan hasil yang akurat.
4. Rendam urine sesuai dengan petunjuk yang tertera untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan terlalu terburu buru untuk melihat hasilnya. Jika waktunya sudah sesuai silahkan ambil stik testpack anda lalu letakkan pada tempat yang kering. Setelah 3-5 menit silahkan lihat hasilnya.
5. Maka apapun hasilnya terima dengan lapang dada, jika hasilnya negatif namun anda sudah telat haid silahkan periksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui apa penyebabnya. Jika hasilnya postif perbanyaklah bersyukur kepada sang pemberi karunia.

Jika anda kurang memahami bagaimana cara penggunaannya silahkan anda tonton video berikut ini.



Nah itulah cara bagaimana menggunakan testpack yang benar dan terbukti akurat serta beberapa hal penting yang terkait dengan penggunaan alat ini yang berlu di ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda terkait dengan penggunaan alat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar