Minggu, 14 April 2019

Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Puasa Secara Alami

Beritabawean.com - Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, dimana pada bulan ini umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan semua umat Islam yang mengharuskan manahan diri dari mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari dari hal hal yang membatalkan puasa termasuk tidak makan dan tidak minum. Ketika kita tidak mengunyah makanan apapun selama sehari penuh akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.


Bau mulut bisa menyebabkan seseorang bisa minder, apalagi jika memiliki ,aktifitas padat dan selalu berhubungan dengan orang lain. Tentunya kita menginginkan walaupun dalam keadaan berpuasa namun bau mulut tetap segar. Apakah itu bisa ? bisa saja asalkan anda bisa mengikuti berbagai cara yang akan kami paparkan disini. Dalam menghilangkan bau mulut ini kami akan menggunakan cara alami karena lebih aman dan memiliki efek samping yang berbahaya dan yang paling penting tidak menyebabkan puasa kita batal.

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa


Namun sebelum pembahasan ini kami akan memaparkan terlebih dahulu apa yang bisa menjadi penyebab mulut bau saat berpuasa. Ini penting diketahui agar kita bisa mencegah, jadi tidak hanya mengobati saja tapi juga bagaimana menghindari hal hal yang bisa menimbulkan munculnya bau yang tidak sedap.

1. Sisa makanan yang membusuk


Menurut dokter Falah Kartikawati, bahwa yang menjadi penyebab mulut bau saat puasa adalah karena sisa sisa makanan yang membusuk di dalam mulut apalagi jika gigi anda berlubang sampai gusi bengkak. Jika kita tidak menggosok gigi dengan bersih maka sisa makanan ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Produksi Air Liur Atau Saliva Yang Sedikit


Pada saat kita puasa, air liur atau saliva yang dihasilkan mulut lebih sedikit karena minimnya aktifitas mengunyah makanan yang ada dalam mulut. Penyebabnya lagi karena berkurangnya kadar air yang ada dalam tubuh orang yang berpuasa sehingga memaksa tubuh untuk membagi air yang ada dalam tubuh merata ke  Semua bagian tubuh. Air liur inilah yang bisa mengurangi bau mulut karena dapat membersihkan dan melembabkan rongga mulut. Jika ini berkurang tentunya juga bisa menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa.

3. Masalah Kesehatan


Bau mulut tidak hanya disebabkan karena kondisi area mulut saja, namun beberapa penyakit juga bisa menjadi pemicu mulut kita bau. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa juga menyebabkan bau mulut yaitu asam lambung, radang paru paru, radang tenggorokan, batu amandel, diabetes dan masih banyak yang lainnya. Jika anda merasa mulut anda baik baik saja namun nafas anda terasa bau busuk segeralah periksa diri anda ke dokter.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Memiliki Bau Yang Menyengat


Menkomsumsi makanan yang memiliki bau menyengat terlalu sering juga bisa menyebabkan mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak enak, seperti merokok, mengkonsumsi bawang, jengkol dan sebagainya. Namun penyebab bau karena disebabkan makanan biasanya akan selesai jika anda tidak mengkonsumsinya dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Masalah Kulit Yang Sering Terjadi Pada Remaja Dan Cara Mengatasinya Dengan menggunakan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Puasa Secara Alami 


1. Perbanyak Minum Air Putih Pada Waktu Sahur


Kita ketahui bahwa hampir 70% tubuh manusia terdiri dari air, jika kadar ini berkurang bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Pada saat puasa anda dilarang mengkomsumsi air sejak terbit fajar hingga tenggelem matahari. Untuk mensiasati kebutuhan ini anda harus banyak mengkonsumsi air pada malam hari utamanya saat subuh. Memperbanyak minum air putih di pagi hari banyak memiliki manfaat, seperti bisa menghilangkan kuman dalam mulut. Ketika anda bangun tidur banyak kuman yang bersarang di mulut anda. Jika anda banyak meminum air pada saat itu maka kuman yang berada di mulut anda akan ikut terbuang melewati saluran pencernaan. Jika air dalam tubuh juga tetap terpenuhi maka produksi saliva atau air liur dalam mulut juga akan normal.

2. Rajin Sikat Gigi


Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa bakteri atau kuman dan sisa makanan dalam mulut merupakan sumber utama penyebab bau mulut. Dengan rajin sikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa maka penyebab bau mulut akan hilang dari mulut anda. Jika anda merasa kawatir dengan pasta gigi akan menyebabkan puasa anda batal bisa anda gunakan sikat saja dengan membasahinya dengan air saja.

3. Berkumur Dengan Mouthwash/Air Garam Saat Sahur


Selain menyikat gigi, Anda bisa menghilangkannya dengan berkumur dengan mouthwash atau menggunakan air garam hangat. Apalagi bisa melakukan kedua duanya maka bisa membersihkan dua kali lipat plak plak yang dalam mulut. Namun pastikan mouthwash yang anda gunakan tidak mengandung alkohol dan bisa meminimalisir bakteri yang ada di mulut. Air garam hangat juga dapat mencegah penumpukan bakteri yang ada dimulut dan tenggorokan serta dapat menekan perkembangan bakteri tersebut.

4. Hindari Makanan  Yang Memiliki Bau Yang Tidak Sedap


Jika bau mulut pada saat berpuasa tidak semakin parah hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat sebagaimana yang sudah saya paparkan pada penyebab bau mulut diatas.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri Di Rumah

Nah itulah tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut selama melaksanakan puasa secara alami. Jika ini anda cara cara ini anda lakukan dengan rutin bisa saja bau mulut anda akan hilang secara permanen, sehingga bisa membuat anda lebih percaya diri saat berbicara dengan orang lain walaupun dalam keadaan berpuasa.


EmoticonEmoticon