Senin, 01 April 2019

Cara Menghilangkan Pusing Atau Mabuk Saat Berkendara Paling Ampuh

Beritabawean.com - Mabuk perjalanan merupakan sesuatu yang sangat wajar dan dapat terjadi pada siapa saja.  Pada saat anda bepergian dengan mengendarai pesawat, mobil, bus dan kapal laut, tubuh akan menjadi lemas, pusing, mual dan mengeluarkan keringat dingin.

Cara Menghilangkan Pusing Atau Mabuk Saat Berkendara Paling Ampuh


Mengalami mabuk dalam perjalanan memang merupakan hal yang sangat menjengkelkan, karena kondisi tersebut akan membuat momen dalam perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Dalam momen bepergian kesehatan merupakan faktor yang harus diperhatikan. Nah, untuk membuat perjalanan menjadi menyenangkan tentu kita harus terbebas dari rasa pusing.

Cara menghilangkan pusing saat berkendara tidak membutuhkan metode khusus atau harus mengeluarkan modal besar. Hanya saja pada kondisi ini kita disarankan untuk menjaga keseimbangan tubuh, dan hindari keadaan perut kosong sebelum mengendara. Sebelum kita membahas lebih lanjut tips cara menghilangkan pusing dan mabuk saat berkendara yang paling ampuh, di sini kami akan membahas terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebab mabuk saat mengendara.

Penyebab Mabuk Saat Mengendara


Mabuk saat perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim otak ke mata dan telinga bagian dalam. Dalam perjalanan, anda akan memandang ke sekitar selama perjalanan, sedangkan posisi tubuh tetap duduk dan terdiam. Bagi orang yang tak biasa terhadap kondisi ini, maka proses tersebut akan membuat kepala pusing dan muntah. Selain itu, rasa pusing saat mengendara juga disebabkan oleh aroma tajam dan menyengat, baik itu berasal dari mesin kendaraan, pewangi kendaraan, maupun bau asap rokok.

Rasa pusing dan mual biasanya akan terus dirasakan setelah perjalanan atau setelah bepergian jauh. Dan untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut kami di sini akan memberikan beberapa tips agar dapat mengatasi mabuk perjalanan parah maupun rasa mual yang mungkin akan dirasakan.

Baca Juga : 10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

Cara Menghilangkan Pusing Saat Berkendara 


1. Makan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan


Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan perjalanan adalah mengisi perut agar tidak kosong. terutama konsumsilah atau makanan yang akan anda konsumsi haruslah makanan yang tidak mengandung minyak, pedas dan minuman  bersoda. Perut yang kosong akan meningkatkan asam lambung untu naik ke atas dan akan menyebabkan mual.

Anda juga bisa mengkonsumsi  beberapa buah yang bisa mencegah mabuk dalam perjalanan seperti madu campur lemon, pisang, air kelapa, jahe, dan jeruk. Beberapa buah terbut memiliki kandungan yang bisa menghilangkan rasa mual. Tidak hanya itu beberapa buah buahan tersebut juga bisa meningkatkan stamina anda agar tidak mudah lelah dalam perjalanan.

2. Hindari membaca buku dan melihat gadget dalam perjalanan


Mungkin bagi sebagian orang yang terbiasa dalam mengendara dan tidak merasakan pusing hal tersebut merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, bagi anda yang mempunyai keluhan pusing dalam perjalan hal tersebut tidak boleh dilakukan. Main gadget dan membaca buku saat perjalanan akan membuat telinga, mata dan otak kacau dalam mencerna informasi dan keadaan tersebut akan meningkatkan resiko pusing dan mual.

3. Mengkonsumsi obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan


Mngkonsumsi obat sebelum melakukan perjalanan akan memberikan rasa ngantuk. Dengan demikian anda akan tertidur dengan pulas dan tidak akan merasakan pusing maupun mual sepanjang perjalanan. Namun dalam mengkonsumsi obat anti mabuk anda harus memperhatikan aturan dosis yang sudah ditentukan, jangan sampai melebihi dosis karena bisa berbahaya.

4. Mengkonsumsi makanan anti mabuk


Jika anda merasa lapar dalam perjalanan, sebaiknya makanlah makanan yang dapat mencegah rasa pusing dn mual pada kondisi tersebut. Diantara makanan yang baik untuk anda konsumsi pada saat mengendara adalah pisang, jeruk, jahe dan air kelapa.

Baca Juga : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil Serta Cara Efektif Mengatasinya

Dengan melakukan beberapa tips dari kami, maka anda akan terhindar dari rasa pusing dan mual saat perjalanan maupun setelah melakukan perjalanan. Dan semoga tips yang kami bagikan dapat membantu anda untuk terbebas dari rasa pusing dan perjalanan akan menjadi menyenangkan.


EmoticonEmoticon