Skip to main content

Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri Di Rumah

Beritabawean.com - Kesehatan merupakan anugerah dari tuhan yang tidak ternilai harganya dan patut kita syukuri dan kita jaga, tanpanya mungkin kita tidak akan dapat melakukan sesuatu apa pun, dan semuanya tinggal angan belaka. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh, apakah tubuh kita dalam keadaan sehat atau tidak dan agar tidak salah dalam mengkonsumsi makanan.

Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri Di Rumah


Dengan anda mengetahui keadaan tubuh, anda dapat memilih gaya hidup yang lebih sehat dan tidak sembarangan mengkonsumsi makanan. mengecek kesehatan tidak harus mengunjungi dokter dan mengeluarkan biaya, namun cek kesehatan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan melakukan metode khusus.

Cara mudah cek kesehatan sendiri di rumah dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak harus seseorang tersebut mempunyai keahlian dalam dunia kesehatan. Dengan kita melakukannya sendiri, kita dapat meminimalisir biaya pengobatan. Untuk melakukan pengecekan sendiri di rumah, cukup anda melakukan beberapa tes fisik. Dengan demikian anda dapat mengetahui penyakit yang bersarang di tubuh anda, baik itu penyakit luar maupun penyakit dalam seperti kesehatan hati, jantung dan ginjal.

Untuk itu, kami di sini akan memberikan beberapa cara menggerakkan tubuh untuk mengecek kesehatan sesuai dengan penyakit yang diderita. Dan berikut beberapa tips untuk mengecek kesehatan sendiri tanpa harus mengunjungi dokter.

Cara Mudah Cek Kesehatan Sendiri Di Rumah


1. Tes sistem pernapasan


Untuk mengetes sistem pernapasan, anda membutuhkan stopwatch untuk mengetahui kerja sistem pernapasanmu. Nah untuk metode ini, langkah awal yang harus anda lakukan adalah duduk dan tarik nafas 3 kali berturut - turut dengan tanpa membuangnya dan kemudian tahan nafas selama waktu yang bisa kamu tahan sambil memencet stopwatch. Jika hanya mampu bertahan selama 40 detik, kerja sistem pernapasanmu tidak terlalu bagus dan jika anda mampu bertahan 45 - 50 detik itu artinya sistem pernapasanmu sangat bagus.

2. Tes kesehatan jantung


Dalam metode ini yang harus anda perhatikan detak jantung yang dihasilkan. Detak jantung merupakan indikator langsung dari seberapa keras jantung bekerja untuk memasok tubuh dengan darah yang diperlukan untuk aktivitas. Cara untuk mengecek jantung adalah dengan meletakkan jari telunjuk dan jari tengah pada pergelangan tangan atau anda juga dapat menempatkan kedua jari tesebut pada leher di sisi tenggorokan.

Dalam pengecekan anda disarankan untuk duduk diam selama 5 menit. Hitung denyutan nadi anda selama 1 menit. Untuk orang dewasa denyut nadi permenit 60-85 adalah kondisi yang normal. dan jika anda merasa denyutan nadi anda jauh dari angka normal, sebaiknya cek kesehatan anda pada dokter.

Baca Juga : 10 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami Dan Cepat

3. Tes pembuluh darah


Pembuluh darah akan berubah seiring bertambahnya usia, pembuluh darah akan mengalami penebalan oleh kapur. Jika pada permukaan pembuluh darah terus dilapisi kapur, maka akan menjadi rapuh dan mengakibatkan penyakit stroke dan gagal jantung. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kelenturan pembuluh darah dengan melakukan beberapa gerakan. Gerakan yang harus anda lakukan adalah dengan cara duduk dan kaki diluruskan ke depan, selanjutnya bengkokkan punggungmu dan tangan lurus ke depan dan berusahan meraih jempol kaki.

Jika anda berhasil meraih jempol kaki, itu dapat diartikan  anda dalam kondisi sehat. Namun jika tangan kesulitan untuk meraih jempol kaki dan merasakan sakit dan urat anda seperti di tarik, maka terjadi penggumpalan pada pembuluh darah dan itu berarti segera lakukan pengecekan kesehatan ke dokter.

4. Tes pencernaan


Melakukan tes pencernaan sangat penting untuk dilakukan, karena jika bermasalah maka akan menghadirkan beberapa penyakit, seperti infeksi usus, perut kembung dan sering merasa lapar. Cara mengecek kesehatan pencernaan dapat anda lakukan dengan melihat warna lidah anda, warna lida yang sehat adalah berwarna merah muda, namun jika lidah anda berwarna ungu, merah tua, dan putih pucat, maka kemungkinan ada masalah pada sistem pencernaan anda. Dalam kondisi tersebut anda disarankan untuk mengkonsumsi sup hangat dan air hangat.

Selain  melihat warna lidah, pengecekan pencernaan juga dapat dilakukan dengan mengukur rasa lapar. Caranya, cukup anda makan dengan porsi normal, stelah itu lihat pada dua jam setelah anda makan, jika anda merasakan lapar pada waktu tersebut maka anda mengalami masalah pada pencernaan. Dalam kondisi tersebut anda kekurangan kadar gula dalam darah, oleh sebab itu konsumsilah makanan yang kaya akan serat seperti, gandum dan oats.

5. Tes kesehatan mata


Mata merupakan anggota tubuh yang mempunyai banyak fungsi, oleh karenanya sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya. Cara untuk mengetahui kesehatan mata adalah dengan berjalan mundur di belakang kendaraan, setelaj jarak anda dengan kendaraan berjarak 20 meter, coba untuk melihat plat kendaraan. Jika kamu tidak bisa melihat plat kendaraan tersebut dengan jelas, itu mengartikan bahwa tidak ada maslah pada mata anda.

Tes kesehatan mata lainnya dapat juga dilakukan dengan melihat bingkai jendela setidaknya selama 30 menit, setelah itu tutup matamu, lalu buka mata yang sebelah kiri dan tutup kemabli lalu buka mata sebelah kanan. Jika gambar yang kau lihat menjadi buram dan garis tidak sejajar, itu penandakan penglihan anda dalam masalah. Untuk itu konsumsilah buah yang baik untuk mata seperti wortel an tomat.

Baca Juga : Mengenal Asam Urat, Penyebab, Dan Cara Pengobatannya

Cek kesehatan juga dapat dilakukan dengan bahan sederhana yaitu sendok makan. Cara melakukan kesehatan dengan menggunakan sendok yaitu dengan megerok bagian belakang lidah yang dekat dengan tenggorokan dengan sendok, lakukan pengerokan tersebut sampai terkumpul banyak air liur,

Selanjutnya bungkus sendok tersebut dengan plastik dan di bawah sinar matahari selama 6o detik lalu lihat hasilnya. Jika sendok tersebut tidak berbau dan bersih, berarti tubuh anda bebas dari penyakit. Dan jika pada sendok tersebut terdapat warna orange ada masalah pada ginjal anda, jika ungu ada masalah dengan kolestrol dan pernapasan, jika kuning tebal dan putih dapat menandakan adanya ketidak seimbangan asam pada mulut.

Dengan anda melakukan pengecekan seperti tips di atas, anda tidak perlu lagi mengecek kesehatan lewat online seperti yang banyak orang lakukan saat ini. Dan seandainya dalam pengecekan ternyata kemungkinan tubuh anda bermasalah dengan kesehatan, segera periksakan diri anda ke dokter.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar