Skip to main content

Contoh Surat Keterangan dan Permohonan Pindah Sekolah Atau Mutasi Siswa

Beritabawean.com - Surat keterangan dan permohonan pindah sekolah atau mutasi siswa seringkali dibutuhkan sekolah untuk melayani siswa yang akan melakukan mutasi atau pindah ke sekolah lain. Belum ada aturan baku mengenai teknis pembuatan surat ini, sehingga masing masing sekolah memiliki format tersendiri. Bahkan beberapa daerah dinas pendidikannnya memiliki format tersendiri yang harus digunakan oleh lembaga pendidikan setempat.

Contoh Surat Keterangan dan Permohonan Pindah Sekolah Atau Mutasi Siswa

Namun sebelum anda membuat surat mutasi ada beberapa prosedur atau aturan yang perlu anda pahami. Prosedur ini juga berkaitan dengan pendataan online baik Dapodik maupun Emis. Jadi lembaga anda tidak bisa serta merta mengeluarkan surat keterangan mutasi begitu saja. Nah berikut aturan mutasi siswa

Prosedur Mutasi Siswa


1. Orang tua/Wali siswa mendatangi sekolah asal siswa untuk mengajukan permohonan mutasi siswa, beberapa sekolah mengharuskan dilakukan dengan surat dan sudah menyediakannya yang disertai dengan materai.

2. Setelah suart permohonan mutasi siswa disetujui maka sekolah akan membuat surat keterangan pindah sekolah yang disesuaikan dengan surat permohonan tersebut.

3. Untuk sekolah di bawah naungan Kementrian Agama seperti, MI, MTs dan MA Jika mutasi dilakukan antar kabupaten atau provinsi, dibutuhkan surat rekomendasi pindah sekolah dari Kementrian Agama Kabupaten/kota asal, namun beberapa daerah tidak menggunakan syarat ini.

4. Setelah mendapatkan surat direkomendasi pindah sekolah dari Kementrian agama setempat, maka kedua surat tersebut diserahkan kepada sekolah yang dituju disertai dengan fotocopy surat permohonan pindah sekolah.

5. Kemudian sekolah penerima akan menerbitkan surat keterangan telah menerima pindahan siswa yang kemudian diberikan kepada orang tua/wali siswa yang bersangkutan untuk diserahkan kepada sekolah asal siswa.

Selain melakukan prosudural secara offline maka sekolah harus melakukan prosedural secara online, di dapodik atau di pendataan lainnya seperti Emis telah memiliki prosedural tersendiri terkait dengan perpindahan siswa dari lembaga satu kepada lembaga lainnya. Hal ini harus dilakukan disemua jenjang pendidikan demi tertibnya administrasi siswa secara nasional.

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Nasional (UNBK) Terbaru

Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah Atau Mutasi Siswa

Nah buat lembaga yang masih belum memiliki format yang baku surat keterangan mutasi siswa anda bisa mendownloadnya pada link di bawah ini. pada link download di bawah sudah kami sertakan dari mulai aturan, surat keterangan dan permohonan mutasi siswa. semoga postingan kali ini bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar