Skip to main content

Mengapa Bayi Baru Lahir Harus Di Adzani dan Di Iqomahi ?

Beritabawean.com  - Adzan adalah seruan yang menandai masuknya waktu sholat lima waktu dan dilafadzkan dengan lafadz - lafadz yang sudah ditentukan. Sedangkan iqomah adalah pemberitahuan atau seruan bahwa sholat akan segera didirikan dengan menyebut lafadz - lafadz yang sudah ditentukan. Namun selain pertanda masuknya waktu sholat dan pertanda sholat akan didirikan, adzan dan iqomah juga sunnah dikumandangkan pada saat bayi baru lahir.


Anjuran agar mengadzani dan mengiqomati bayi baru lahir bukanlah tanpa alasan, hal tersebut sesuai dengan Hadits Nabi Muhmmad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, "Tidak ada seorang bayi pun dari anak adam yang terlahir kecuali ia pasti mendapat tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali maryam dan putranya (Nabi isa)".  (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Tips Dari Rasulullah Agar Segera Diberi Keturunan

Mengapa bayi baru lahir harus diadzani dan diiqomahi? Setan akan selalu mengganggu dan mencari pengikut pada setiap anak adam, bahkan ketika mereka baru dilahirkan ke dunia ini dengan cara menancapkan tusukan ujung jarinya dan kedua matanya, sehingga bayi tersebut akan menangis.

Lalu mengapa setan menusuk jari dan mata bayi yang baru lahir? hal itu  bertujuan agar kelak bayi tersebut menjadi pengikut setianya dan tidak dapat melihat dengan benar antara yang baik dan yang salah. Oleh sebab itu, bayi yang baru lahir dianjurkan untuk diadzani dan diiqomati agar terhindar dari gangguan setan.

Rosulullah SAW bersabda, Ajarkanlah kalimat Laa ilaaha illallaahu kepada anak - anakmu sebagai kalimat yang pertama yang mereka dengar. ( HR. Al - Hakim).

Nah, siapakah yang wajib mengadzani bayi yang baru lahir? yang paling berhak mengadzani dan mengiqomati bayi tersebut tentu orang tuanya, terutama sang ayah. Dan adakah perbedaan tentang tata cara mengadzani bayi laki - laki dan bayi perempuan? tidak ada perbedaan tentang cara mengadzani dan megiqomati baik bayi itu laki - laki maupun perempuan yaitu dengan mengdzani pada telinga kanan dan mengiqomati pada telinga kiri.

Hukum mengadzani atau mengiqomati bayi baru lahir adalah sunnah, selain adzan dan iqomah bayi yang baru lahir juga dianjurkan untuk dibacakan surat Al - ikhlas pada kedua telinganya. Dengan demikian setan akan lari terbirit - birit dan tidak akan mengganggu bayi tersebut.

Baca Juga : 8 Karakter Orang Tua Dalam Mendidikan Anak Agar Sukses Menurut Rasulullah

Anak merupakan titipan dan amanah dari Allah yang harus kita jaga dengan sebaik mungkin dari anak tersebut masih dalam kandungan sampai ia dilahirkan ke dunia sehingga anak tersebut tumbuh menjadi kepribadian yang sholeh dan membanggakan. Dalam hal ini tentu orang tua mempunyai tanggung jawab yang sangat besar. Karenanya kita diwajibkan untuk selalu bersandar hanya kepada Allah SWT.

Dan semoga artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan anda dan bermanfaat untuk semua
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar