Minggu, 07 April 2019

5 Oleh Oleh Khas Bawean Yang Paling Diburu Wisatawan

Beritabawean.com - Saat berkunjung  atau berwisata ke suatu tempat rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh oleh khas tempat tersebut. Demikian juga saat anda berkunjung ke pulau Bawean yang berada di utara kabupaten Gresik. Di pulau ini banyak sekali pilihan oleh oleh yang bisa dijadikan kenang kenangan untuk di bawa pulang. Berikut ini adalah oleh oleh khas pulau Bawean yang paling banyak diburu para wisatawan, mau tau apa saja ? yuk simak ulasannya.

5 Oleh Oleh Khas Bawean Yang Paling Diburu Wisatawan


Oleh Oleh Khas Bawean Yang Paling Diburu Wisatawan


1. Kerupuk Ikan



Bawean memiliki makanan khas yang menjadi keunggulan oleh oleh dari pulau ini yaitu kerupuk ikan. Walaupun di luar sana banyak sekali jenis kerupuk ikan namun kerupuk ikan asal pulau Bawean hampir komposisi ikannya hampir 80 persen. Rasanya enak dan gurih. Para wisatawan yang akan kembali ke daerah asalnya tidak pernah lupa membeli oleh oleh ini. Kerupuk ikan khas Bawean memiliki banyak varian diantaranya sangrai, goreng, leko dan posot posot.

Baca Juga : Wisata Pulau Bawean, Ini 6 Tempat Wisatanya Yang Paling Terkenal

2. Anyaman Tikar Pandan Bawean




Oleh oleh kedua yang paling di buru adalah tikar pandan. oleh oleh ini memang menjadi icon pulau Bawean. Yang paling banyak memperoduksi oleh oleh ini adalah desa Gunung Teguh bahkan disana sudah dimanajemen sedemikian rupa untuk menyediakan berbagai ragam anyaman tikar yang diburuhkan wisatawan dari mulai tas, tikar, kopyah dan lain sebagainya. Menurut beberapa wisatawan anyaman tikar Bawean lebih baik dibanding dengan anyaman tikar dari daerah daerah lain dan motifnyapun lebih beragam.

3. Kaos



Kaos memang menjadi oleh oleh yang lazim paling di cari wisatawan saat berkunjung ke sebuah tempat wisata. Sama halnya di Bawean, walaupun masih jarang sekali yang menjual oleh oleh ini namun beberapa wisatawan dari manca negara utamanya Malaysia dan Singapore banyak sekali yang membeli oleh oleh ini untuk di bawa pulang sebagai kenang keangan.


4. Koncok Koncok




Makanan ini paling disukai para pengunjung yang datang ke Bawean, bahkan sering kali wisatawan memborong makanan khas ini. Rasanya enak, kumel apalagi kalau sudah diberi rempah kacang, maknyus !, Koncok koncok biasanya tersedia dalam dua varian yang dikukus saja atau di goreng. Nah kalau anda juga berkunjung ke pulau Bawean jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Makanan khas lain yang agar mirip dengan koncok koncok adalah empek empek, walaupun makanan ini bukan makanan khas asli pulau Bawean, namun empek empek buatan orang Bawean merupakan empek empek yang paling enak karena lebih banyak ikannya daripada kompisisi lainnya . Empek empek Bawean dalam penyajiannya tidak menggunakan kuah tapi menggunakan saos tomat atau saos kacang.

Baca Juga : 5 Buah Legendaris Pulau Bawean Yang Kini Susah Ditemui

5. Petis



Walau daerah lain juga banyak yang memproduksi petis tapi petis asal Bawean rasanya sangat enak, rasanya beda dengan petis petis lainnya karena bahannya dibuat dari ikan laut murni tanpa campuran bahan lain. Ikan yang digunakanpun tidak sembarangan rata rata ikan yang digunakan adalah ikan tongkol dan tengiri. Rasanya sangat enak sekali bahkan beberapa penjual petis mengaku telah menjadi pemasok ke beberapa daerah di luar pulau Bawean.

Nah itulah 5 oleh oleh dari pulau Bawean yang paling banyak dicari dan diburu para wisatawan, jadi buat anda yang akan berkunjung ke pulau Bawean jangan lupa untuk mencatat beberapa oleh oleh khas ini untuk di bawean pulang dan dibagikan kepada rekan atau keluarga anda.


EmoticonEmoticon