Kamis, 16 Mei 2019

10 Jenis Buah Yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang palig ditunggu - tunggu oleh semua umat muslim disegala penjuru dunia. dibulan suci ini semua umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, yaitu dengan cara menahan lapar dan dahaga serta nafsu dari terbitnya fajar samapai tenggelamnya matahari. Setelah seharian menjalankan puasa tidak bisa dipungkiri tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan energi. Oleh sebab itu kita harus pandai memilih makanan setelah seharian berpuasa agar dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat dan ibadah kita tidak terganggu.

10 Jenis Buah Yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa

Untuk mengembalikan energi tubuh, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis seperti kolak dan bubur. Selain mengkonsumsi makanan tersebut, mengkonsumsi buah - buahan  juga baik untuk tubuh agar selalu fit dan fresh. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah adalah mempunyai efek mengenyangkan sehingga dapat mengurangi porsi makan dan berat badan akan tetap stabil.

Jenis buah yang baik untuk buka puasa adalah buah yang banyak mengandung nutrisi dan gampang untuk dicerna. Karenanya wajib bagi kita untuk meyiapkan selalu buah sebagai makanan pendamping. Nah, berikut beberapa buah yang baik untuk berbuka puasa.

10 Jenis Buah Yang Baik dan Sehat Untuk Buka Puasa


1. Kurma


Buah kurma sangat femiliar pada saat bulan puasa tiba. bagaimana tidak? Selain mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa, mengkonsumsi buah ini juga merupakan anjuran dari Rosulullah untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Rasa alami manis dari buah ini akan memberikan energi langsung terhadap tubuh. Selain itu, kurma juga baik untuk pencernaan.

Baca Juga : 8 Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Belum Banyak Diketahui

2. Semangka


Setelah seharian menahan dahaga, tentu kita akan banyak kehilangan cairan dalam tubuh. Untuk menghilangkan cairan tubuh yang hilang adalah dengan mengkonsumsi buah semangka. Buah semangkan adalah jenis buah yang mempuyai banyak kandungan air. Selain itu, semangka juga mengandung citrulline dan arginine yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Pisang


Pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B1, B2 dan C sehingga dapat mengurangi resiko asam lambung. Buah ini mempunyai tekstur yang sangat lembut, sehingga nyaman untuk dicerna.

4. Pepaya


Selanjutnya adalah pepaya. Buah yang baik untuk masker kulit wajah ini, juga cocok untuk mengawali buka puasa. Pepaya mengandung enzim papain yang sangat baik untuk proses pencernaan dan meneluarkan racun dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga.

5. Apel


Apel adalah jenis buah yang mengandung rendah kalori dan tinggi serat. Jika mengkonsumsi buah ini saat berbuka puasa otomatis dapat mengontrol porsi makan, karena buah ini mempunyai efek mengenyangkan. Anda dapat mengolah buah ini dengan berbagai cara seperti, menjadikannya salad buah, jus, memanggangnya atau langsung mengkonsumsinya langsung.

6. Blewah


Blewah adalah buah yang sangat cocok dijadikan sebagai takjil berbuka puasa dengan cara mencampurkannya pada es buah. Blewah mengandung vitamin A dan mengandung bayak air. Fungsi dari buah ini adalah sebagai penyerapan atau absorpsi pada usus yang disebabkan makan yang tergesa - gesa dan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

7. Alpukat


Alpukat adalah buah yang mengandung lemak nabati, yang mana kandungan tersebut dapat meningkatkan energi tubuh dengan cepat. Alpukat dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya pada es buah atau dengan mengolahnya sebagai jus.

8. Jeruk


Jeruk merupakanbuah yang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengkonsumsi jeruk pada bulan puasa dapat menjauhkan dari penyakit flu yang sewaktu - waktu dapat menyerang. Selain itu, buah ini juga dapat memberikan rasa segar sehingga membuat kita nyaman dalam melakukan serangkaian ibadah pada saat bulan Ramadhan.

9. Anggur


Anggur adalah buah yang mempunyai rasa manis, mengandung banyak air dan segar. Buah ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker resiko paru - paru, kanker prostast dan kanker usus besar. Manfaat lain dari buah ini adalah mengandung serat yang sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa

10. Mangga


Mangga mengandung vitamin A, E dan C yang berfungsi untuk membersihkan darah. Karena rasanya yang manis dan mengandung banyak air serta menyegarkan, buah ini sangat cocok dijadikan menu buka puasa. Dengan mengkonsumsi buah mangga saat berbuka puasa, maka akan cepat mengembalikan energi tubuh dan tubuh menjadi fit kembali.

Baca Juga : 15 Manfaat Air Lemon Hangat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui

Memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi saat menjalankan puasa sangat penting, agar energi dalam tubuh tetap stabil dan tetap semangat dalam melakukan aktivitas sehari - hari. Dengan mengkonsumsi beberapa buah yang telah kami sebutkan diatas, maka tubuh akan tetap fresh meskipun seharian menahan lapar dan dahaga.


EmoticonEmoticon