Skip to main content

5 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya

Selain digunakan sebagai bahan masakan, daun serai juga mempunyai manfat untuk kesehatan dan kecantikan. Daun serai memiliki banyak kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain kandungan tersebut serai juga memiliki berbagai sifat seperti, antibakteri, antiinflamasi, antijamur, antioksidan.

Daun serai (sereh) merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan penyedap dan pengharum aroma masakan. Daun serai banyak digunakan diberbagai negara seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Kamboja dan beberapa negara di Afrika dan Amerika.



Manfaat daun serai bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Bagian dari tanaman yang dapat kita manfaatkan adalah bagian batang dan sedikit bagian daunnya. Lantas apa saja manfaat daun serai bagi kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya?

Nah, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa manfaat daun serai legkap dan  cara mengolahnya. Berikut dibawah ini beberapa kumpulan manfaat daun serai yang wajib anda ketahui.

Baca Juga : Disunnahkan Saat Buka Dan Sahur Ternyata Ini 10 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh Dan Cara Mengolahnya


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Menigkatkan imun tubuh sangat baik untuk dilakukan agar tubuh tidak gampang terserang penyakit. Serai merupakan bahan alami yang berfungsi untuk membantu menyerap mekanisme pertahanan tubuh. Selain itu, serai juga mengandung sifat antioksidan, yang mana sifat tersebut dapat membantu melindungi sel darah putih dari radikal bebas,

Caranya:
pertama panaskan air 1- 2 cangkir ampai mendidih, kemudian siapkan daun serai yang sudah dibersihkan ke dalam teko, selanjutnya tuangkan air yang telah mendidih ke dalam teko tersebut, diamkan selama 5 menit, terkahir minum air rendaman daun serai tesebut.

2. Mengatasi gangguan perut


membuat minuman obat dari serai memang banyak mendatangkan manfaat. Selain dapat meningkatkan imun tubuh, juga baik untuk mengatasi gangguan perut seperti, lambung, gerd, lambung dll. Serai juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Cara mengolahnya hanya dengan membuat teh serai dan meminumnya satu kali dalam sehari secara teratur.

3. Mengobati gejala demam


Serai mengandung antipiretik dan efek mengeluarkan keringat, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengurangi demam dengan cepat, caranya: siapkan 2 gelas air lalu didihkan ke dalam panci, setelah mendidih tambahkan serai, jahe, gula merah dan diamkan selama 5 menit, kemudian saring dan ambil airnya saja, terakhir air campuran dari bahan tersebut selagi hangat.

4. Mengatasi kolestrol


Manfaat ramuan daun serai selanjutnya adalah mengatasi kolestrol. Serai mengandung hiperkolesterolimia dan anti-hiperlipimedia yang mendukung kadar kolestrol yang sehat dalam darah. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa daun serai dapat memberikan hasil yang positif dalam mengurangi kolestrol jahat (LDL),

Caranya:

Didihkan 1 liter air ke dalam panci, kemudian siapkan serai secukupnya lalu buang bagian hijaunya dan hanya mengambil bagian putihnya saja, selanjutnya hancurkan batang serai tersebut dengan cara diulek, dan tuangkan air mendidih diatas serai lalu rebus kembali dan campurkan sedikit jahe, diamkan rebusan tersebut sampai 5 menit, terakhit campurkan gula dan madu sesuai selera dan nikmatilah hangatnya ramuan daun serai.

5. Menurunkan berat badan


Selain dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit, daun serai juga berfugsi untuk menurunkan berat badan. Membuat teh serai dan runtin meminumnya terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, sehingga racun dan lemak dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Caranya :

Siapkan dan bersihkan serai lalu potong 1 inci, selanjutnya tuangkan potongan serai dan tambahkan air secukupnya pada panci, lalu panaskan sampai mendidih, setelah mendidih campurkan lagi batang serai yang sudah dicincang ke dalam panci, dan biarkan air berubah mengental kehijaun dengan api kecil, kemudian campurkan gula, madu secukupnya, terkahir saring air rebusan serai dan ambil airnya saja, dan minum jus ala daun serai.

Baca Juga : 10 Khasiat Minum Rendaman Air Pare Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Selain beberapa fungsi yang telah kami sebutkan, serai juga bermanfaat untuk beberapa masalah wanita seperti menghilangkan nyeri saat haidh, mengurangi keputihan dan menjaga kesehatan rahim. Selain mengenal manfaat serai kenali juga efek sampingnya, agar kita tidak salah dalam memilih obat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar