Sabtu, 25 Mei 2019

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Bagi Pria dan Wanita

Rambut rontok bisa dialami siapa siapa baik pria maupun wanita dengan berbagai sebab. Namun masalah ini harus segera diatasi dengan segera jangan menunggu hingga rambut anda menipis. Banyak sekali perawatan untuk menghindarinya baik secara alami maupun dengan menggunakan berbagai macam mereka produk.


Namun kami menyarankan jika masalah rambut anda tidak terlalu menghawatirkan sebaiknya gunakan bahan alami atau tradisional untuk menyembuhkannya. Karena banyak sekali bahan bahan tradisional yang bekerja baik untuk mengembalikan kekuatan rambut anda. Pengobatan dengan cara ini lebih murah dibanding dengan perawatan di salon atau pengoobatan lainnya. Bahkan beberapa bahan bisa anda temukan di dapur anda.

Namun sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara mengatasinya sebaiknya anda mempelajari dulu hal apa saja saja yang menjadi sebab rambut anda rontok dengan begitu anda bisa menjaga rambut anda tatap kuat dan tidak rontok.

Penyebab Rambut Rontok


1. Produk Perawatan Rambut


Banyak yang meyakini bahwa penyebab rambut rontok disebabkan karena produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner atau produk perawatan rambut lainnya. Benarkah demikian ? Benar, beberapa produk memang ada yang mengandung bahan bahan kimia beracun bagi berlangungnya rambut anda seperti Sodium lauryl sulfate (SLS) yang memiliki efek toksik pada sistem kekebalan tubuh Anda dan telah terbukti merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

2. Kekurangan Nutrisi


Rambut rontok juga bisa disebabkan karena hilangnya kandungan nutrisi yang ada pada makanan anda. Mungkin anda terlalu banyak makanan cepat saji dan minuman yang mengandung banyak bahan pengawet. Kembalikan nutrisi pada makanan anda utamanya kandungan vitamin D yang menjadi unsur penguat rambut dan aturlah pola hidup yang sehat.

3. Ketidak Seimbangan Hormon


Setelah menginjak usia 30 tahun biasanya akan mengalami ketidak seimbangan hormon utamanya terjadi pada wanita. Ini biasanya disebabkan oleh konversi DHT yang berlebihan. Meskipun estrogen adalah hormon utama yang wanita hasilkan, testosteron dan androgen lainnya seperti DHEA juga terjadi pada tubuh wanita. Ketika wanita mencapai usia tertentu, mereka mungkin mulai mengubah androgen ini menjadi DHT.

Baca Juga : Penyebab Serta Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

4. Stress


Banyaknya masalah tekanan yang anda hadapi bisa saja anda akan melihat rambut berjatuhan dari kepala anda. Untuk mengembalikan kondisi ini segeralah minimalkan stress anda dengan mengajak berwisata keluarga anda. Atau mulailah untuk rutin melakukan olahraga, meditasi atau beberapa hal yang lain yang bisa sedikit mengobati kejenuhan hidup anda.

5. Kondisi Penyakit Yang Dialami


Bebeberapa penyakit juga bisa menjadi penyebab, seperti mengalami demam panas yang berlebih atau kondisi kondisi medis lain seperti terkena kanker dan telah melakukan kemoterapi. Mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena kondisi penyakit yang ada didalam tubuh sedikit sulit kecuali penyakit yang anda alami sembuh.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami 


Bagi pria mungkin masalah ini tidak begitu menganggu bahkan ada sebagian pria yang lebih senang dengan rambut plontos atau botak tapi tidak dengan wanita rambut bagi mereka benar benar menjadi mahkota, mereka akan berusaha untuk mencari cara dengan segera. Jika anda mengalami ini silahkan anda mencoba beberapa bahan yang kami lansir dari Femina :

1. Masker Telur


Selain dikonsumsi telur memang banyak digunakan untuk perawatan kecantikan salah satunya untuk menjaga kekuatan akar rambut. Kandungan sulfur, fosfor, selenium, protein dan kadungan lainnya sangat baik untuk mengambalikan kondisi rambut anda. Tidak hanya telur telur juga memiliki khasiat bisa mengusir ketombe jika dicampur denga minyak kelapa.

Caranya : ambil putih telur lalu tambahkan minyak zaitun dan madu lalu aduklah hingga menjadi pasta kemudian jadikan masker pada rambut anda dan biarkan hingga 15-20 menit lalu bilaslah dengan shampo.

2. Akar Manis (Licorice)


Di Indonesia Licorice dikenal dengan akar manis, dimanakan demikian karena akar ini memiliki rasa yang manis. Akar manis memang dikenal sebagai obat obatan herbal yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Eropa dan Asia. Kandungan yang terdapat didalamnya protein, karbohidrat, gula, vitamin A dan juga antioksidan seperti flavonoid dan glycyrrhizin. Tanaman ini juga sangat baik untuk menyembuhkan masalah rambut rontok dan mecegah kerusakan lebih lanjut.

Caranya : Buatlah adonan susu lalu tambahkan akar manis yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan seperempat kunyit lalu oleskan kepada kulit kepala anda dan biarkan 30 menit hingga 1 jam lalu cucilah rambut anda. Lakukan secara rutin agar rambut rontok anda sembuh secara permanen.

3. Santan Kelapa


Selain penyedap masakan santan kelapa juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah mahkota anda. Protein dan lemak esensial yang ada didalamnya sangat bermanfaat untuk mengambalikan kekuatan rambut anda. Selian itu santan kelapa juga bisa membantu pertumbuhan rambut anda.

Caranya : Sediakan santak kelapa, lalu tambahkan lada hitam kemudian oleskan pada rambut hingga kulit kepala anda. Biarkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan shampo

4. Lidah Buaya


Tanaman ini memang dikenal masyarakat sebagai tanaman yang bisa menyuburkan dan melembabkan rambut. Lidah buaya juga cocok anda gunakan yang mengalami masalah rambut kering. Cara menggunakannya sangat mudah tinggal anda ambil satu tangkai lidah buaya kemudan ambil gelnya lalu usapkan usapkan di kulit kepala lalu biarkan hingga 30 menit kemudian bilas. Lakukan ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Teh Hijau


Teh hijau dikenal dengan bahan aliami yang kaya akan manfaat sejak berabad abad lalu. Teh yang berasal dari tiongkok ini bisa juga anda gunakan untuk kesehatan rambut karena dalam penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mengandung kadar antioksidan yang tinggi yang mampu melawan berbagai radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Cara menggunakannya : Rendam 2 hingga 3 kantong teh hijau dalam mangkuk air pasas kemudian setelah dingin siramkan ke kepala anda sambil memijat kulit kepala anda kemudian bilas setelah dibiarkan 1 jam.

Baca Juga : 6 Cara Alami Tumbuhkan Rambut Si Kecil Dengan Aman

6. Kemiri


Bahan dapur ini juga dikenal memiliki khasiat menyehatkan dan memperhitam. Kandungan nutrisnya sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut serta menguatkan akar akarnya, jika anda mengalami masalah dengan rambut anda cobalah menggunakan kemiri. Caranya : Ambil extrak minyak kemiri dengan cara menyangrainya lalu tumbuk dan ambillah minyaknya lalu usapkan pada kulit kepala anda lalu bilaslah dengan menggunakan shampo.

Nah itulah beberapa paparan tentang cara alami yang bisa anda gunakan mengatasi masalah rambut ronitok anda. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi anda.


EmoticonEmoticon