Skip to main content

9 Cara Menghilangkan Cegukan Secara Alami Dengan Cepat

Beritabawean.com, Walaupun cegukan bukan tergolong penyakit yang berbahaya dan bisa hilang dalam beberapa menit namun cegukan bisa menggangu aktitas anda, tentunya anda akan berusaha untuk menghilangkannya dengan berbagai cara dengan cepat. Rata rata jarang yang membawa cegukan ke dokter dan lebih memiih pengobatan secara alami mungkin karena kebanyakan orang tidak menganggap ini suatu hal yang serius.

10 Cara Menghilangkan Cegukan  Secara Alami Dengan Cepat


Cegukan bisa dialami siapa saja dari mulai bayi hingga orang dewasa dan terkadang terjadi secara tiba tiba bahkan tidak diketahui penyebabnya. Dan terkadang mereka melakukan hal hal aneh untuk mengobatinya diinternetpun banyak sekali pembahasan dan perdebatan cara mengatasinya. Sehingga banyak yang merasa kesulitan menemukan pengobatannya secara benar.

Penyebab Cegukan


Dalam dunia medis dikenal sebagai sinkron diafragma flutter (SDF) atau singultus. Dalam hal fisiologi, cegukan terjadi ketika diafragma tiba-tiba berkontraksi secara tidak sengaja, dan, pada saat yang sama, kotak suara berkontraksi dan pita suara tertutup, secara efektif menghalangi aliran udara. Dalam kebanyakan kasus memang cegukan bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat namun ada juga bandel susah hilang hingga berjam jam.

Beberapa hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya cegukan, makan terlalu banyak, makan terlalu cepat sehingga makanan tidak dikunyah dengan halus, makan yang mengandung karbonasi, sedang stres dan kurang bersemangat, makan atau minum terlalu dingin atau panas. Dan bisa juga karena terkena perubahan yang cepat dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : 7 Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Cegukan  Secara Alami Dengan Cepat


Beberapa cara dibawah ini hanya untuk menghilangkan cegukan singkat namun jika cegukan anda terjadi berkepanjangan lebih dari 46 jam atau 2 hari sebaiknya anda segera membawanya ke dokter, atau membeli obat pelemas otot di apotik karena bisa jadi itu menjadi pertanda adanya penyakit kronis yang terjadi pada tubuh anda seperti diabetes, penyakit saraf, stroke dan sebagainya. Tentunya jika kemungkinan ini yang terjadi cegukan bisa berakibat fatal.

Berikut ini 9 cara yang bisa anda coba untuk mengobati cegukan anda :

  1. Biarkan saja karena lama lama cegukan akan hilang dengan sendirinya
  2. Mengemut Gula, abillah satu sendok gula lalu kemudian emut kemudian telan.
  3. Jika tiba tiba anda mengalami ceguka segera tundukkan badan anda ke bagian depan, sehingga udara yang menggangu diagfragma kembali terbuka. 
  4. Meniupkan udara dalam kantong kertas dengan perlahan-lahan bernapas masuk dan keluar, kempis dan menggembungkannyas. Jangan pernah gunakan kantong plastik.
  5. Minum air secara perlahan dan banyak
  6. Mengatur pola pernafasan, lakukan pernafasan dengan lambat dan terukur. Tarik nafas selama 5 menit dan lepaskan juga selama 5 menit hingga pernafaasan anda kembali normal.
  7. Mengurangi makanan yang terlalu pedas, terlalu dingin maupun terlalu panas
  8. Menahan nafas, tariklah nafas anda dalam dalam kemudian tahan dalam waktu 10 hingga 20 detik lalu keluarkan dengan perlahan.
  9. Peluk lutut anda, pilih tempat duduk yang nyaman lalu tekak lulut anda ke dada anda kemudian tahan 2 menit, ulangi hingga keadaan lebih membaik
Nah itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasinya, semoga beberapa cara alternatif diatas menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan cegukan anda. Sedangkan cegukan yang terjadi pada bayi memang tidak menggangu pada tumbuh kembangnya namun cegukan bisa menggangu makan dan istirahatnya. Mereka tidak bisa mengatasinya sendiri harus dibantu oleh orang tuanya dengan cara mengubah posisinya, atau menenangkannya. 

Cara Mencegah Agar Tidak Cegukan


1. Mengatur Cara Makan

Cegukan memang biasa terjadi setelah kita mengkonsumsi makanan, nah jika anda ingin terhindar dari cegukan aturlah cara makan dengan baik, jangan terlalu cepat dan kunyahlah makanan hingga benar benar halus.

2. Hindari makanan Pedas

Jika anda suka makanan pedas sebaiknya anda hindari terlebih dahulu hingga cegukan yang anda alami sembuh, dan sebagai pencegahan agar cegukan hilang secara permanen sebaiknya anda hindari terlebih dahulu mengkonsumsi makanan pedas.

3. Hindari Minum Air Yang Terlalu Dingin atau Panas

Untuk mencegah cegukan menyerang berusahalah untuk menghindari memimun minuman yang terlalu panas atau dingin karena bisa menyebabkan pernafasan anda tidak teratur dan akhirnya cegukan menimpa anda. Minumlah air dingin saja itu lebih baik sebaik pencegahan.

4. Atur Pola Pernafasan Dengan Baik

Aturlah pernasafan dengan baik utamanya saat mengonsumsi sesuatu sehingga makanan bisa masuk dengan baik ketenggorokan anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Puasa Secara Alami

Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana mengatasi cegukan dan beberapa hal yang perlu anda pahami termasuk mencegahnya agar tidak kembali menjangkiti anda. Beberapa cara penyembuhan diatas sangatlah simpel tidak ribet bahkan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Jika cegukan anda belum reda juga setelah melakukan beberapa cara diatas segera memeriksanakan diri ke klinik atau rumah sakit didekat rumah anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar